manfaat menjemur burung di pagi hari

Manfaat Menjemur Burung di Pagi Hari yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Posted on

Kicaumania.net – Ketika dalam merawat burung kicauan, tentunya sudah tidak asing dengan memandikan dan menjemur burung, entah itu di lakukan karena saran dari teman sesama kicaumania atau informasi yang di dapat  dari media online.

Sebagian dari kicau mania biasanya ketika melakukan menjemur burung karena dengan menjemurnya burung akan membantu mengeringkan bulunya yang basah setelah di mandikan dan ada juga yang bertujuan dengan menjemurnya dapat membuat burung menjadi rajin untuk berkicau dan juga sehat.

Ya, pernyataan di atas memang benar, karena ketika burung di jemur dengan cara yang baik pada pagi hari dapat mempengaruhi burung menjadi rajin berkicau.

Karena, pada dasarnya, dengan menjemur burung akan mempengaruhi birahi burung, sehingga burung menjadi rajin berkicau.

Selain itu, untuk menjemur yang baik di pagi hari, sebaiknya di lakukan pada jam di bawah 10.00, dengan memperhatikan durasi penjemuran.

Memperhartikan durasi penjemuran sangat penting, karena setiap burung memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang di suka di jemur dalam waktu 1 – 2 jam, dan ada juga burung yang suka di jemur dalam waktu singkat sekitar 30 menit.

Akibat Burung Kurang Jemur

Penjemuran memang dapat membuat burung menjadi rajin berkicau, namun jika penjemuran kurang cukup atau terlalu singkat, maka tidak akan meningkatkan kegacoran burung, sehingga perlu di sesuaikan untuk penjemuran burung sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Mabung

Akibat Burung Terlalu Lama di Jemur

Penjemuran yang terlalu lama dapat membuat burung menjadi stres, dan untuk beberapa kasus, penjemuran terlalu lama dapat membuat burung menjadi mati karena kepasanasan.

Selain itu jika di jemur terlalu lama juga dapat membuat burung mengalami heat stroke dan heat stres yang bisa mengakibatkan burung menjadi macet bunyi dalam waktu yang lama.

Manfaat Menjemur Burung Pagi Hari

Selain bermanfaat untuk menjaga birahiburung menjadi naik sehingga burung menjadi rajin mengeluarkan suara kicauan, ternyata menjemur burung juga memiliki manfaat lainnya, seperti :

  1. Peningkatan Hormon

Dengan menjemur di di pagi hari dapat membuat hormon burung meningkat, seperti hormon testosteron pada burung jantan dan hormone progesteron, estrogen pada burung betina.

Baca Juga : Cara Menjemur Burung Kicau

Hormon yang di sebutkan di atas memiliki manfaat untuk meningkatkan birahi dan organ reproduksi burung, sehingga burung akan menjadi rajin untuk berkicau.

  1. Mengandung UltraViolet

Sinar matahari di pagi hari memiliki banyak kandungan untraviolet, dimana ultraviolet tersebut memiliki manfaat untuk mengekstrak pro-vitamin D menjadi Vitamin D dalam tubuh burung.

Baca Juga : Cara Menjinakan Burung

Vitamin D itu sendiri tentunya sangat baik untuk kesehatan burung, dimana sangat bagus untuk daya tahan tubuh, mempengaruhi struktur tulang dan bermanfaat untuk organ tubuh burung lainnya.

  1. Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh Burung

Metabolisme tubuh yang bagus untuk burung dapat mempengaruhi penyerapan sari makanan, sehingga pendistribusian sari makanan ke organ tubuh burung lebih cepat dan epektif.

Lihat Juga : Cara Pemasteran Burung

Dengan menjemur burung ketika pagi hari, memiliki manfaat untuk mengoptimalkan metabolisme burung.

  1. Membunuh virus

Sinar matahari di pagi hari memiliki manfaat yang dapat membunuh virus, termasuk membunuh virus yang ada di tubuh burung, sehingga burung terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus.

  1. Membunuh Jamur

Menjemur burung juga di pagi hari memiliki manfaat lain yang dapat membunuh jamur yang berada di pakan burung, sangkar burung, jeruji dan ornamen lain dari sangkar.

  1. Menghilangkan Kutu

Menjemur di pagi hari juga dapat membantu menghilangkan kutu yang menempel pada permukaan bulu dan kulit burung.

  1. Kebutuhan Psikologis dan biologis burung

Menjemur burung pada pagi hari dapat berdampak pada perubahan psikolis burung, karena hal tersebut juga memang sebuah kebutuhan biologis burung, dan burung akan merasa senang ketika di jemur pada pagi hari, terutama ketika matahari batu muncul.

Manfaat menjemur burung di pagi hari untuk semua jenis burung akan kesehatannya terjaga dan membuat burung rajin untuk berkicau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *