cara menjemur burung

Cara Menjemur Burung Kicauan yang Benar dan Efektif

Posted on

Kicaumania.net  – Dalam penjemuran burung kicauan memang harus dilakukan, bisa dibilang dengan menjemur burung merupakan hal yang utama dalam perawatannya.

Penjemuran itu sendiri dapat mempengaruhi soal kesehatan burung, seperti :

  • Dapat merubah Pro Vitamin D pada tubuh burung menjadi Vitamin D ( jika di jemur pada pagi hari )
  • Menbunuh Virus ( jika di jemur pada pagi hari )
  • Menghilangkan microba atau jamur pada burung dan sangkar dan ornamen sangkar
  • Menghangatkan tubuh burung
  • Meningkatkan birahi
  • Menjemur merupakan kebutuhan biologis dan psikologis burung

Untuk menjemur burung tentunya tidak asal menjemurnya, ada beberapa hal yang harus di perhatikan, agar manfaat yang di dapat dari menjemur burung bisa di rasakan manfaatnya oleh burung itu sendiri.

Benarkah dengan Menjemur Burung, dapat Mengurangi Kegemukan ?

Mungkin sebagian dari kicau mania pernah mendengar, “dengan menjemur burung dapat menurnkan berat badan burung yang kegemukan “ .

Penjemuran itu sendiri tidak memiliki pengaruh untuk pembakaran lemak pada tubuh burung, namun dengan menjemur burung, maka burung akan lebih banyak minum di bandingkan makan, sehingga dapat mengurangi burung mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Selain itu, dengan seringnya minum air dan jarang mengkonsumsi makanan, terutama makanan yang mengandung karbohidrat.

Baca Juga : Pantangan dan Perawatan Burung Mabung Yang Benar

Pembakaran lemak dalam tubuh burung bukan di sebabkan oleh penjemuran, akan tetapi di sebabkan oleh cairan yang keluar dari tubuh burung yang di jemur.

Catatan:

Perlu untuk di tekankan kembali, burung akan mengeluarkan banyak energy ( dengan asumsi burung adanya pengurangan pakan ) sehingga dapat memicu pembakaran lemak ketika burung dimandikan.

Ketika di mandikan, maka burung di waktu tersebut dapat mengeluarkan energy dalam tubuhnya karena adanya gerakan seperti merapihkan bulunya atau didis, selain itu tubuh burung akan menghangatkan tubuhnya sendiiri.

Dan hal tersebut tentunya membutuhkan energy, maka burung akan mengeluarkan energy. dan karena energy dari pakan karbohidrat tidak tercukupi untuk mendapatkan energy, maka burung akan melepas lemak dalam tubuhnya untuk mendapatkan energy dari sana.

Jadi, menjemur burung dapat membakar lemak adalah mitos, yang membuat burung membakar lemak adalah seperti yang telah di sampaikan di atas.

Cara Menjemur Burung Kicauan

Untuk menjemur, bisa dilakukan pada pagi  dan juga sore hari tergantung kebutuhan burung dan situasi dan kondisi lainnya.

Baca Juga : Cara Menjinakan Burung Liar Hasil Tangkapan Hutan

  1. Jangan di Krodong ketika di jemur

Ketika menjemur burung sebaiknya jangan di jemur dalam keadaan sangkarnya di krodong, karena jika di kerodong, terutama di daerah panas, maka burung akan kehabisan oksigen dan burung akan mati kepanasan karenanya. Namun, untuk daerah dingin, menjemur dengan sangkar di krodong tidak menimbulkan masalah yang terlalu serius, seperti di daerah panas.

  1. Jemur Pagi Sekali

Untuk menjemur burung sebaiknya di lakukan pada saat pagi hari sekali, dimana matahari pertama muncul.

Sambil menunggu matahari muncul, burung bisa sekalian di embunkan untuk mendapatkan udara pagi yang segar. Terutama untuk mendapatkan udara yang bebas dari polusi udara kendaraan dan polusi udara lainnya.

  1. Jemur di Bawah Jam 09.30

Menjemur pagi hari tentunya memiliki kandungan Sinat Ultraviolet, namun jika menjemurnya terlalu siang, melebihi jam 09.30 – 10.00, karena ultraviolet di jam tersebut dapat merusak bulu burung.

  1. Burung Merapihkan Bulu atau didis

Ketika selesai dimandikan, burung akan merapihkan bulunya atau isitlah orang jawa didis, sehingga ketika bulunya kering, bulunya sudah rapih kembali.

Akan tetapi ketika bulunya sudah kering, namun burung belum sempat merapihkan bulunya, maka bulunya tidak akan rapih atau menjadi kusut.

Untuk itu, memberikan kesempatan burung merapihkan bulunya merupakan hal penting untuk di perhatikan sebelum bulunya kering, dengan melihat jam berapa burung tersebut dimandikan.

  • Memandikan jam 06.00 – 07.00 burung bisa langsung di jemur, karena bulunya akan lama kering dan burung bisa memiliki waktu lama untuk merapihkan bulunya
  • Memandikan jam 08.00 sebaiknya beberapa menit burung merapihkan bulunya terlebih dahulu dengan menyimpannya di tempat yang teduh, lalu burung jemur. Karena jika langsung di jemur, burung belum merapihkan bulunya maka bulunya akan kusut, karena burung belum sempat merapihkannya, karena sinar matahari di jam tersebut lebih panas dan membuat bulu burung menjadi cepat kering

Baca Juga : Cara Memaster Burung

Lalu, bagaimana jika memandikan burung pada sore hari, jika panas mataharinya sama seperti saat memandikan burung pada jam 08.00, maka burung bisa dimandikan, di angin-anginkan lalu di jemur. Tinggal di sesuaikan saja dengan suhu panas dari sinar matahari sore hari.

Cara Menjemur Burung Bagi Pekerja

Untuk para kicau mania yang bekerja atau memiliki waktu yang sedikit untuk merawat burung, maka untuk penjemurannya bisa menyimpan burung yang bagian atapnya terhalang dedauanan dan memiliki atas namun mataharinya bisa masuk hingga jam 09.00.

Namun, jika hal yang di sampaikan di atas tidak memungkinkan, maka bisa menjemurnya seminggu sekali ketika pagi hari.

Jenis Keperluan Jemur Burung

Untuk penjemuran burung memang tidak sama ratakan untuk durasi lamanya, karena setiap burung ada yang suka di jemur dalam waktu lama, dan juga ada yang di jemur cukup dalam waktu yang sedikit.

  1. Burung yang Biasa di Jemur Tidak Terlalu Lama

Untuk jenis burung ini, dalam penjemurannya cukup dilakukan dalam waktu yang lebih sedikit dengan burung pemakan biji-bijian, karena hidup di alam liar, burung ini biasa hidup di sekitar pepohonan yang rindang, dan tidak terbiasa di jemur terlalu lama.

Untuk jenis burung yang biasa di jemur dalam waktu yang sedikit, diantarnya :

  • Anis merah atau punglor merah
  • Murai Batu
  • Jenis Burung Cucak
  • Tledekan atau burung Sulingan
  • Kacer hitam
  • Kacer poci
  • Anis macam
  • Anis kembang
  1. Burung yang biasa di Jemur Lama

Burung yang biasa di jemur dalam durasi lama jenis burung pemakan biji-bijian. dan bahkan untuk jenis burung paruh bengkok, salah satu cara untuk mengatasi burung yang mengalami macet bunyi, dengan menambahkan durasi lama penjemuran, dapat membuatnya menjadi gacor kembali.

Untuk jenis burung pemakan biji-bijian yang biasa di jemur dalam waktu lama dia antaranya :

  • Lovebird
  • Burung kenari
  • Derkuku
  • Perkutut
  • Burung branjangan
  • Burung Gelatik

Catatan :

Untuk beberapa burung bukan pemakan biji-bijian seperti jalak suren, burung cendet/pentet dan kakak tua meskipun jenis burung pemakan biji-bijian, namun untuk penjemurannya sebaiknya dilakukan dengan durasi yang lama.

Karena, misalkan burung jalak suren, habitat aslinya merupakan biasa hidup di sekitar rawa-rawa, persawahan yang mendapatkan sinar matahari, sehingga ketika di rawat oleh manusia, jenis burung ini membutuhkan penjemuran dengan durasi yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *