burung trucukan mabung

Cara Merawat Burung Trucukan Mabung yang Benar

Posted on

Mabung pada burung trucukan merupakan yang normal yang akan terjadi pada burung tersebut, karena hal tersebut merupakan hal yang ilimiah.

Namun, untuk membuat proses burung mabung lancar dan bulu barunya tumbuh dengan sempurna, maka untuk perawatannya perlu di sesuaikan dengan kondisi burung ketika mabung.

Pada kondisi mabung, hampir 40 % metabolisme tubuhnya meningkat, untuk itu yang menjadi point penting dalam perawatan burung trucukan mabung adalah membuat proses perontokan bulu lama segera selesai dan juga pertumbuhan bulu baru tumbuh dengan maksimal.

Cara Merawat Burung Trucukan Mabung

Ketika pada saat mabung, burung trucukan di jauhkan dari burung lainnya, dan biarkan hanya dia sendiri di lingkungan tersebut.

Selain itu, penting sekali menjaga asupan pakan yang lengkap, karena untuk membuat pertumbuhan bulu baru membutuhkan asupan pakan yang lengkap.

Baca Juga : Makanan Burung Trucukan & Cara Mengatasi Burung Trucukan Macet Bunyi

Dan untuk perawatan lainnya, di antaranya :

  • Putar suara masteran ketika burung sedang mabung, karena pada saat tersebut, burung cenderung akan banyak diam ketika mendengarkan suara masteran, sehingga suara masterannya mudah masuk
  • Berikan pakan buah-buahan pepaya, karena buah pepaya memiliki vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh burung dan memperlancar metabolisme tubuh
  • Mandikan cukup seminggu 1 kali
  • Jemur selama 30 menit paling lama, setelah burung di mandikan
  • Berikan multivitamin

Baca Juga : Cara Merawat Burung Trucukan Agar Cepat Gacor dan Jinak

  • Berikan jangkrik 10 ekor setiap harinya ( 5 ekor pagi hari dan sore 5 ekor ), 3 ekor ulat hongkong di berikan pada pagi hari, 1 sendok makan kroto di berikan pada pagi hari. Asupan pakan dari serangga sangat penting untuk pertumbuhan bulu baru burung, karena memiliki kandungan protein hewani

Lakukan perawatan di atas dengan rutin, agar proses mabungnya sesuai dengan semestinya, dimana proses ngurak ( perontokan burung lama ), dan pertumbuhan bulu baru cepat selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *