makanan burung trucukan

Makanan Burung Trucukan Agar Rajin Berkicau dan Ngeropel

Posted on

Kicaumania.net – Salah salah hal yang dapat membuat burung trucukan rajin untuk bunyi adalah mengatur pola makannya, dimana ketika kebutuhan gizi burung tercukupi maka burung akan menjadi rajin untuk berkicau, terutama burung mampu mengeluarkan suara khasnya, yaitu suara ropelnya.

Untuk beberapa kicau mania nusantara, memelihara burung trucukan sebagai burung masteran, dimana suara ropel dan gacor dari burung trucukan di gunakan untuk masteran burung lainnya, seperti murai batu, cucak hijau, cucak rowo dan burung lainnya.

Namun, memang untuk membuat cucak ropel mampu mengeluarkan kemampuan berkicaunnya dengan baik, maka membutuhkan asupan pakan yang tepat, seperti yang akan di bahas pada penjelasan di bawah ini.

Makanan Burung Trucukan

Pakan untuk burung trucukan memang perlu di sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan burung itu sendiri, seperti kebutuhan untuk lomba, perawatan harian, kebutuhan ketika macet bunyi dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Perawatan Harian Burung Truckan

  1. Voer

Pakan voer bisa dijadikan pakan harian yang bisa di berikan pada burung trucukan, untuk memudahkan kicau mania mengatur kebutuhan gizi burung, dan biasanya pakan voer memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap.

Namun, untuk membuat burung trucukan menjadi rajin berkicau, terutama mengeluarkan suara ngerolnya, maka trucukan membutuhkan asupan pakan lainnya, seperti pakan dari serangga, buah-buahan, sayuran dan lain sebagainya.

Untuk memilih voer untuk burung trucukan, bisa memilih voer yang memiliki kandungan protein yang tinggi, misalkan memberikan voer lele atau voe ayam, karena kandungan proteinnya tinggi.

Agar burung semakin rajin bunyi, maka jangan hanya memberikan voer mentahan atau voer normal saja, tapi campur dengan lainnya, seperti mencampurnya dengan tepung daging, tepung udang, tepung kacang kedelai dan kuning telur rebus.

  1. Sayuran dan Buah

Buah yang disukai untuk trucukan biasanya buah yang memiliki daging yang empuk, seperti buah pepaya, mangga, pisang dan buah lainnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Trucukan Macet Bunyi

Selain itu, agar burung semakin rajin bunyi dan mengeluarkan kicauan ngerolnya, maka berikan sayuran gambas atau oyong.

Karena, banyak kalangan kicau mania tanah air yang mempercayai, bahwa dengan memberikan oyong atau gambas dapat membuat trucukan menjadi ngerol dan gacor.

  1. Serangga

Pakan dari serangga dan pakan lainnya merupakan pakan harian trucukan yang tidak di pisahkan, karena jika trucukan tidak diberikan pakan serangga dapat membuat burung kurang rajin berkicau.

Untuk itu pakan serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong perlu di berikan setiap harinya.

Pakan jangkrik di berikan 2 ekor pada pagi hari dan 2 ekor pada sore hari, sedangkan untuk ulat hongkong di berikan setiap 2 kali dalam seminggu, tergantung kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *