manfaat jahe untuk burung

Ragam Manfaat Jahe untuk Kesehatan Burung dan Cara Memberikannya

Posted on

Tanaman jahe memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan burung, sehingga ketika di konsumsi oleh burung maka akan membuat burung akan menjadi lebih sehat dan ketika kesehatannya menjadi baik, maka burung akan menjadi aktif dan rajin berkicau.

Bukan hanya di sukai oleh manusia, tanaman jahe juga sangat di gemari oleh burung paruh bengkok untuk di konsumsi, akan tetapi, jahe juga bisa di berikan pada burung kicau lainnya, dan manfaatnya pun dapat di rasakan nantinya ketika jahe di berikan pada burung peliharaan anda.

Daftar Isi

Kandungan Tanaman Jahe

Manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi jahe pada burung tentunya di sebabkan oleh kandungan yang terdapat dari jahe itu sendiri, dimana kandungan tersebut di butuhkan oleh burung untuk menunjang kesehatannya.

Lihat Juga : Tips Memilih Voer Burung

Kandungan Jahe :

  • Memiliki zat aktif gingerol yang bermanfaat untuk anti inflamasi dan anti oksidan
  • B kompleks
  • Vitamin A
  • Magnesium ( Mg )
  • Vitamin C
  • Mineral Calcium ( Ca )
  • Fosfor ( P )
  • Zat Besi ( Fe )
  • Kalium ( K )
  • Natrium ( Na )
  • Terdapat kandungan protein

Manfaat Jahe untuk Burung

  1. Mengatasi Permasalah Pencernaan dan Pernafasan

Jika burung mengalami gangguan pencernaan dan pernafasan, maka bisa memberikan jahe untuk menstabilkan atau mengatasinya, dan hal ini sering digunakan dari dulu untuk mengatasi permasalah pencernaan dan pernafasan burung agar cepat pulih.

Baca Juga : Manfaat Jemur Burung Pagi Hari

  1. Memberikan Rasa Hangat

Jahe dapat memberikan rasa hangat pada burung peliharaan ketika di konsumsi, dan hal ini sangat baik untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat ketika musim dingin.

  1. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Berikan jahe pada burung yang akan di bawa ke tempat lain agar burung tidak mabung perjalanan karenanya.

Ciri-ciri burung yang mengalami mabuk perjalanan bisa di lihat dari pandangannya menjadi kabur, kedua sayapnya bergetar, mual dan juga muntah.

Sebelum berangkat, burung di berikan jahe terlebih dahulu entah itu dengan mencampurkan perasan air jahe ke dalam air minum, memasukan jahe dengan ukuran kecil kedalam jangkrik sebelum di makan burung atau bisa melolohnya.

  1. Jahe untuk Serangga

Agar kualitas pakan dari serangga seperti jangkrikmenjadi berkualitas, maka sebaiknya jangkrik tersebut mengkonsumi jahe beberapa jam sebelum di berikan pada burung, dan setelah itu jangkrik di berikan pada burung peliharaan.

  1. Memulihkan Stamina Burung yang Drop

Stamina burung menjadi ngedrop bisa terjadi sewaktu-waktu, entah itu terjadi pasca lomba, di sebabkan oleh perawatan dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Kunci Penting dalam Perawatan Burung

Dan jika burung sudah terlihat turun staminanya, maka berikan jahe segera untuk memulihkan stamina yang turun atau drop.

Cara Memberikan Jahe untuk Burung

Untuk memberikan jahe pada burung peliharaan, bisa menggunakan berbagai macam cara, tergantung jenis burung dan kebiasaan. Seperti :

  • Memeras air jahe yang di parut lalu di campur dengan air minum atau di lolohkan langsung
  • Memasukan potongan kecil jahe ke pakan burung, seperti pakan jangkrik, atau pakan lainnya

Dalam memberikannya tentunya tergantung dari minat burung dan pemilik, yang penting burung di berikan jahe seperti yang telah di sampaikan di atas.

Lakukan pemberian jahe secara rutin dan cukup untuk menjaga kesehatannya, agar kebutuhan gizi yang di dapat burung tercukupi sehingga performa burung selalu prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *