perawatan burung

Hal Yang Penting Dalam Perawatan Burung Kicauan Agar Rajin Gacor

Posted on

Memelihara burung kicauan menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan, dimana burung kicauan yang dipelihara tersebut menjadi rajin berkicau dengan kualitas kicauan yang bisa di capai oleh burung itu sendiri bisa dimilikinya.

Ada beberapa permasalahan yang menjadi hal yang penting untuk di perhatikan, sehingga burung mendapatkan kondisi terbaik, entah itu secara mental dan fisiknya.

Dalam merawatanya, burung yang dipelihara tersebut supaya bisa berkicau,memiliki kualitas kicauan jelek menjadi bagus kualitas kicauannya dan juga pemilik burung ingin mendapatkan kualitas kicauan yang bagus namun tetap konsisten.

Dalam hal ini, pembahasan kali ini di khususkan untuk burung kicauan, karena yang namanya burung kicauan dalam merawatnya untuk membuat burung memiliki kualitas kicauan yang baik, bukan burung gaya. Meskipun gaya menjadi salah satu khas yang bisa di keluarkan oleh jenis burung tertentu, namun hal tersebut hanya sebatas gaya gitu-gitu saja, tidak bisa di ubah-ubah untuk di tingkatkan gayanya.

Kualitas kicauan di pengaruhi oleh fisik dan mental yang baik bagi burung, misalkan , jika burung memiliki fisik yang bagus, namun memiliki mental yang jelek atau drop mentalnya, maka akan membuat burung menjadi jarang berkicau.

Jadi dalam hal menjaga kesehatan fisik dan mental burung kicauan itu sendiri tidak bisa di pisahkan satu sama lainnya, dan kesehatan fisik dan metal burung memiliki keterikatan yang sangat erat yang menjadi kesatuan yang harus dimiliki oleh burung.

  1. Perawatan Burung Kicauan

Pakan memiliki peranan yang baik untuk kesehatan burung memiliki performa yang baik setiap harinya, dengan terpenuhi kebutuhan gizinya, 4 sehat 5 sempurna. Jadi pastikan dalam pemberian pakan burung memiliki kandungan protein, serat, karbohidrat,lemak, multivitamin dan kebutuhan gizi lainnya.

  • Burung pemakan Serangga

Burung yang biasa mengkonsumi pakan dari serangga, seperti burung kacer , murai batu dan jenis burung lainnya, selain memberikan pakan dari Ekstrafooding, berikan juga asupan penting lainnya yang memiliki kandungan kaya akan multivitamin.

Biasanya pakan dari Voer juga bisa memberikan asupan gizi lainnya, seperti multivitamin. Ketika membeli pakan Voer, liat terlebih dahulu kandungan Gizi yang terdapat di dalamnya.jika kandungan multivitamin tidak tercukupi dari pakan yang di berikan, maka bisa memberikan asupan tambahan dari suplemen.

  • Burung pemakan Buah-buahan

 Burung pemakan buah-buahan seperti burung cucak, membutuhkan asupan dari pakan lainnya, seperti memberikan pakan dari voer dan juga pakan dari serangga seperti kroto dan serangga lainnya.

  • Burung pemakan Biji-bijian

Burung pemakan biji-bijian juga butuh asupan dari pakan lainnya untuk mencukupi kebutuhan gizi burung itu sendiri, karena kalau hanya mengandalkan pakan dari biji-bijian saja masih kurang cukup. Maka dari itu berikan pakan lainnya seperti pakan dari buah-buahan, sayur-sayuran dan juga pakan serangga seperti kroto, tidak burung menyukainya.

Baca Juga : Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian

  1. Konsistensi Perawatan

Dalam merawat burung, harus konsisten dalam melakukannya, misalkan burung di berikan pakan dari Voer sebanyak 3 sendok , maka berikan dengan jumlah yang sama setiap harinya, dan jangan merubah-rubah setiap harinya. Begitu juga memberikan pakan dengan Merk A, maka berikan pakan tersebut dengan merk tersebut dan jangan merubahnya.

download suara burung

Jikapun ingin merubah dalam pemberian pakan, jangan merubahnya secara drastis, misalkan berikan pakan voer dari merk lama dengan voer merk baru dengan mencanmpurkannya. Dan jika burung sudah terbiasa, maka bisa langsung berikan pakan voer merk baru tersebut setelahnya.

Selain konsistensi dalam pemberian pakan, dalam merawat memandikan atau menjemur burung juga harus dilakukank secara konsisten, misalkan memandikan dan menjemur burung 1 kali sehari, maka hindari untuk merubahnya sewaktu-waktu, misalkan sewaktu-waktu memandikan dan menjemur burung sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.

Begitu juga jika biasa memandikan burung 1 minggu sekali, maka lakukan hal tersebut secara konsisten dan jangan merubahnya secara drastis, misalkan awalnya 1 minggu sekali dalam menjemur burung dan merubahnya menjadi 1 kali sehari.

  1. Menjaga Kesehatan Fisik Burung

Dalam merawat seperti pada penjelasan di atas untuk perawatan harian yang dilakukan sudah cukup untuk menjada kesehatan burung itu sendiri, namun sebaiknya hindari hal-hal lainnya , seperti :

  • Jangan memberikan pakan di luar jadwal pemberian pakan yang biasa di berikan. Misalkan anda menemukan jangkrik, dan iseng memberikan pada burung di luar jam makan yang biasa di berikan.
  • Jangan mandikan burung di luar jadwal mandi burung
  • Jangan menjemur burung lebih lama dari biasanya
  • Jangan meniru perawatan orang lain, jika anda belum bisa konsinten dalam melakakukannya
  • Jangan merubah merk pakan tertentu secara langsung
  1. Menjaga Kesehatan Mental Burung

Selain fisik, kesehatan mental pada burung kicauan juga perlu untuk di asah dan melatih burung agar tidak mudah stress, sehingga burung merasa senang dengan perawatan yang di lakukan oleh pemiliknya dan tidak membuatnya menjadi tertekan.

  • Biasakan burung di simpan di tempat yang ramai oleh orang atau suara yang agak berisik
  • Jangan merubah-ubah posisi tempat pakan burung
  • Ukuran tangkringan burung jangan di ubah-ubah
  • Sering di dekatkan dengan burung lainnya atau burung sejenis. Namun , bagi yang masih ragu-ragu karena takut mentalnya turun, maka lakukan dengan waktu singkat saja sesekali
  • Biasakan burung di bawa kemana-mana, misalkan di bawa untuk latber atau menempatkan burung di tempat yang baru sewaktu-waktu, sambil ketemu dengan kicaumania lainnya
  • Berikan untulan atau parent pada burung kicauan peliharaan anda untuk meningkatkan mentalnya, seperti burung lovebird yang memberikan pasangan, karena mengingat burung tersebut akan mudah stress jika tidak dekat dengan pasangannya dalam waktu lama. Atau jika burung yang dimiliki jenis burung Fighter , maka bisa membangun mental petarungnya dengan melatih dengan ayam jago sayur hingga burung memukulnya, agar burung merasa memiliki mental pemenang dalam dirinya dan menjadikannya merasa percaya diri.

Catatan :

Dalam perawatan memang harus di kondisikan sesuai dengan kondisi burung itu sendiri, misalkan ketika burung sedang macet bunyi, mabung,over birahi,burung sakit dan lain sebagainya, maka dalam konsistensi perawatannya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan, seperti merubah pemberian pakan, menguragi atau menambahkan untuk kebutuhannya.

Jadi sewaktu-waktu perlu di rubah perawatannya, misalkan burung dalam keadaan macet bunyi, maka bisa menambahkan pakan Ekstrafooding lebih banyak dari biasanya, atau mengurangi pakan ekstrafooding ketika burung sedang over birahi.

Baca Juga :

Cara merawat burung mabung

Cara memaster burung kicauan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *