cara memilih vitamin burung

Cara Memilih Vitamin untuk Burung Kicau yang Tepat

Posted on

Sebagian pembaca mungkin pernah melihat atau bahkan pernah memberikan multivitamin pada burung peliharaannya, dengan harapan dengan memberikan vitamin dapat membuat burung menjadi rajin untuk berkicau.

Ya, salah satu cara dalam memelihara burung kicau, memberikan vitamin merupakan hal penting untuk di lakukan untuk menjaga-jaga burung kekurangan vitamin, sebagai asupan tambahan dalam menjaga kesehatan burung agar menjadi aktif dan rajin berkicau.

Vitamin burung yang ada di jual di pasar ada beberapa jenis, seperti vitamin untuk membuat burung gacor, vitamin untuk beternak dan lain sebagainya.

Namun, perlu untuk di ketahui, sebelum memutuskan untuk memberikan burung multivitamin, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang jenis atau pengelompokan jenis vitamin.

Jenis Pengelompokan Vitamin

Manfaat yang dapat di dapatkan dalam memberikan multivitamin yang tepat tentunya dapat memberikan hasil yang optimal seperti yang di inginkan, namun jika salah dalam memberikannya, justru bisa membahayakan bagi burung itu sendiri.

Baca Juga : Manfaat Jahe buat Burung

  1. Vitamin yang Larut dalam Lemak

Vitamin yang larut dalam lemak adalah jenis vitamin K, E, D dan A, sehingga ketika di konsumsi oleh burung, jenis vitamin ini akan larut dalam lemak burung.

Jenis vitamin ini, jika di berikan dengan jumlah yang terlalu banyak bisa berbahaya bagi burung, untuk itu sebaiknya berikan dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasannya.

Pemberian vitamin yang larut dalam lemak, jika di berikan dalam jumlah yang terlalu banyak akan mengendap dalam lemak, dan endapan vitamin dalam lemak tersebut akan hilang yang terbakar ketika burung mengeluarkan energynya lewat beraktifitas.

  1. Vitamin yang Larut dalam Air

Vitamin yang larut dalam air diantaranya, jenis vitamin C, B2, B6, B5, B3, B2, B1, Folid Acid dan B Komplek.

Resiko dalam pemberian jenis vitamin yang larut pada air, resikonya cukup kecil jika di bandingkan dengan jenis vitamin yang larut dalam lemak burung.

Lihat Juga : Cara Memilih Voer untuk Burung

Namun, tetap pemberian vitamin sebaiknya sewajarnya saja, karena jika berlebihan nantinya vitamin tersebut akan larut bersama air urine burung.

Akan tetapi, untuk jenis vitamin B Komplek jika di berikan dengan cara berlebihan dapat membuat bulu burung menjadi rontok atau burung menjadi mabung.

Cara Memilih Vitamin Burung

Dengan melihat jenis pengelompokan vitamin seperti yang telah kami sampaikan di atas, tentunya memilih vitamin burung yang memiliki kandungan gizi yang seimbang tentunya menjadi perhatikan utama, agar burung bukan hanya menjadi rajin untuk berkicau, namun memiliki kesehatan yang baik.

Untuk memilih vitamin yang baik untuk burung kicau, maka sebaiknya ketahui kandungan vitamin yang terdapat dari merk vitamin yang beredar di pasaran, seperti kandungan royal jelly, Vitamin B12, B2, E dan A .

Baca Juga : Manfaat Jemur Burung Pagi Hari

Memilih Vitamin Herbal atau Bahan Alami

Memilih vitamin burung yang di jual di pasar burung memang menjadi pilihan tersendiri dari kalangan kicau mania, karena untuk mendapatkan bahan makanan yang memiliki kandungan yang seperti di anjurkan di atas, tidak semua orang mudah untuk mendapatkannya.

Namun, bagi anda yang ingin memberikan vitamin yang seimbang, maka bisa memberikan pakan, seperti :

  • Vitamin A : Terdapat dari makanan dari sayuran hijau, kacang hijau dan Biji-bijian
  • Vitamin B 1 : Terdapat dari jagung dan kacang-kacangan hijau
  • Vitamin E : Terdapat dari pakan biji-bijian

Nah, demikianlah penjelasan kali ini yang kami sampaikan untuk rekan-rekan kicau mania Indonesia dalam memilih vitamin untuk burung peliharaan agar burung menjadi sehat, aktif bergerak dan menjadi rajin berkicau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *