Vitamin B Komplek untuk burung

Vitamin B untuk Burung: Manfaat, Dampak, Jenis dan Cara Mencukupinya

Posted on

Vitamin burung memang beragam dengan kandungan yang dimilikinya, seperti kandungan vitamin B yang mungkin sebagian pembaca sudah mengetahuinya.

Dari kandungan vitamin B saja, ada beberapa jenis, seperti Vitamin B12 (cyanocobalamin), B1 (thiamine), B5 (pantotenic acid),  B2 (riboflavin), B9 (folic acid), B3 (niacin), B7 (biotin) dan B6 (pyridoxine).

Dari beragam jenis vitamin B yang seperti kami sampaikan di atas, biasa orang sebut Vitamin B komplek dengan beragam jenis dan manfaatnya.

Setiap kandungan vitamin B yang ada memiliki manfaat yang berbeda-beda, meskipun untuk beberapa jenis memiliki manfaat untuk mendukung jenis vitamin B lainnya.

Selain itu, ketika burung kekurangan vitamin tertentu juga bisa berdampak pada kesehatan burung, seperti yang anda ketahui penjelasannya di bawah ini.

Jenis Vitamin B untuk Burung

Seperti yang telah di sebutkan di atas, jika burung kekurangan jenis Vitamin B tertentu, dapat berdampak pada kesehatan burung.

Baca Juga : Tips Melatih Burung Belajar Makan Voer

  1. Vitamin B1 (thiamine)

Jika burung kekurangan vitamin B 1, burung akan bisa mengalami polyneuritis, dimana efeknya burung akan mengalami kepala sering menghadap ke atas, tubuhnya menjadi lemas dan kejang-kejang.

  1. Vitamin B2 (riboflavin)

Jika burung kekurangan vitamin Vitamin B2 (riboflavin), bisa berdampak pada burung, terutama indukan betina burung, dimana akan akan membuat kualitas telur tidak bagus dan bisa membuat jari kaki burung menjadi bengkok.

Vitamin B2 (riboflavin), sangat di butuhkan ketika burung sedang berkembang biak, dan Vitamin B2 (riboflavin) juga sering digunakan untuk mencegah dan mengobati burung yang sedang mengalami katarak, khususnya burung murai batu yang sering mengalami gangguan katarak.

Karakter itu sendiri, selain kekurangan Vitamin B2 (riboflavin), juga bisa di sebabkan oleh penjemuran yang terlalu lama.

Baca Juga : Tips Memaksa Burung Agar Mabung

  1. Vitamin B3 (niacin)

 Kekurangan Vitamin B3 (niacin) pada burung bisa menyebabkan sendi-sendi burung membesar, pertumbuhan kakinya bengkok, pertumbuhan bulunya tidak sempurna.

Gejala lain ketika burung kekurangan Vitamin B3 (niacin), seperti terjadinya diare dan peradangan pada mulut burung.

  1. Vitamin B5 (pantothenic acid)

Ciri-ciri atau pertanda burung kekurangan Vitamin B5 (pantothenic acid) adalah dimana burung akan mengalami kulit di sekitar mata dan paruhnya mengelupas.

  1. Vitamin B6 (pyridoxine)

Vitamin B6 (pyridoxine) sangat di butuhkan oleh burung, dimana bermanfaat untuk membantu mencerna makanan yang mengandung asam amino yang tetrdapat pada makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Baca Juga : Cara Penjemuran Burung

Kekurangan asupan makanan yang mengandung protein pada burung bisa berdampak pada pertumbuhan piyik burung terhambat, mengakibatkan nafsu makan burung menurun dan untuk beberapa kasus bisa membuat burung mengalami kejang-kejang.

  1. Vitamin B7 (biotin)

Jika burung kekurangan Vitamin B7 (biotin) bisa berakibat kulit dan paruh burung bisa terkelupas dan juga bisa membuat pertumbuhan piyik burung tidak sempurna dan bisa berakibat kematian pada embrio telur burung.

  1. Vitamin B9 (folic acid )

Kurangan Vitamin B9 (folic acid ) bisa mengakibatkan lubang  tangkai pada bulu burung akan tersumbat, sehingga bulu burung mudah rontok dan rapuh.

Baca Juga : Tips Mengatasi Burung Snot

Selain itu, untuk indukan burung bisa mengakibatkan daya tetas telur meunurun, kematian embrio, cacat kaki dan anemia.

  1. Vitamin B12 (cyanocobalamin)

Defisiensi Vitamin B12 (cyanocobalamin) bisa berakibat pada burung sehingga burung mengalami radang selaput lendir, burung sering salto, daya tetas telur burung menurun, dan pertumbuhan piyik burung menjadi terhambat.

Kurangnya Vitamin B12 (cyanocobalamin), bisa di sebabkan oleh adanya cacing pita pada pencernaan burung, sehingga burung tidak mencerna Vitamin B12 (cyanocobalamin).

Cara Mencukupi Asupan Vitamin B Komplek untuk Burung

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B komplek pada burung, bisa membeli vitamin tersebut di kios burung, atau anda bisa memberikan asupan makanan seperti, ikan kecil ( seperti ikan Guppy ) , kacang-kacangan, gandum, minyak ikan, telur dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah ulasan tentang manfaat, dampak, dan cara mencukupi kebutuhan asupan vitamin B komplek untuk burung peliharaan agar sehat dan rajin berkicau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *