cara melatih burung makan voer

Cara Melatih Burung Makan Voer Kering dan Basah dengan Cepat

Posted on

Memberikan pakan voer untuk burung peliharaan tentunya memiliki keunggulan tersendiri, dimana untuk pemberian pakannya tergolong mudah untuk di lakukan, karena lebih simple.

Namun, untuk beberapa burung ada yang belum terbiasa mengkonsumsi voer, misalkan burung yang masih anakan, burung hasil tangkapan hutan dan lain sebagainya.

Meskipun voer bisa menjadikan pakan untuk burung, maka alangkah baiknya burung juga di berikan pakan alami yang biasa di konsumsi, seperti pakan buah, biji-bijian dan juga burung pemakan serangga.

Cara Melatih Burung Makan Voer

 Pada penjelasan di bawah ini, bisa dilakukan untuk beberap burung, seperti untuk burung pemakan buah-buahan, biji-bijian dan juga burung pemakan serangga.

Namun, pada kesempatan kali ini, admin akan mencontohkan melatih burung kicau makan voer dengan menggunakan buah pisang kepok.

Baca Juga : Tips Memilih Voer yang Bagus

Akan tetapi jika burung pepliharaan anda yang akan dilatih makan voer tidak menyukai buah pisang, maka bisa menggunakan pakan lainnya, seperti jangkrik, kroto atau mencampurnya dengan biji-bijian.

  1. Siapkan Pisang kepok

Siapkan 1 buah pisang kepok yang bagian dagingnya di keluarkan, dan sisakan bagian kulitnya saja, kecuali bagian bawahnya 1/3 ( untuk di gunakan sebagai wadah daging pisang yang sudah di campur voer )

Dagingnya di simpan di wadah.

  1. Siapkan Voer Halus

Siapkan voer kasar, lalu tumbuh hingga halus, bisa memblendernya atau bisa dengan cara menumbuknya hingga halus.

  1. Siapkan Voer Kasar

Voer kasar di simpan di wadah atau tempat khusus yang di simpan di dalam sangkar burung.

  1. Mencampur Voer dan Daging Pisang

Campurkan voer dengan daging pisang dengan cara meremas-remas hingga voer dan daging pisang tersebut menyatu.

  1. Masukan Campuran daging pisang dan Voer kedalam kulit pisang

Dagin pisang dan voer yang sudah di remas-remas di masukan ke dalam kulit pisang yang sudah di pisahkan dagingnya.

Lihat Juga : Cara Menjemur Burung dari Segala Kondisi

Memasukan daging pisang yang sudah tercampur pada kulit pisang bertujuan untuk berkamuflase pisang, sehingga burung mau mengkonsumsi pisang yang sudah di campur dengan voer.

  1. Penyimpanan Pisang Burung

Gantungkan pisang tersebut di atas wadah pakan yang berisi voer kasar, agar ketika pisang ada yang jatuh, burung memakannya, karena biasanya ketika ada pisang yang di konsumsi jatuh, burung akan mengambilnya untuk dimakan.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Mabung

Catatan :

Untuk melakukan cara ini tentunya harus ada peningkatan, dimana ketika hari pertama memberikan campuran pisang dan voer sebanyak 1 sendok susu, maka untuk hari kedua takaran voer halusnya ebanyak 1/5 dan di hari ketika voer halus takarannya 2 sendok susu. Jadi intinya setiap harinya komposisi voer halus di tambah sebanyak 1/5 sendok susu.

Selain itu, karena komposisi pakan voer akan terus bertambah dan lebih banyak, maka voer halus yang di campur dengan pisang tersebut akan mudah jatuh ke wadah pakan voer kasar ketika burung makan, dan nantinya ketika banyak pisang yang jatuh ke tempat pakan voer kasar, maka burung akan memakan voer kasar juga karena burung sudah terbiasa mengkonsumsi voer yang tercampur pisang.

Demikianlah tips melatih burung agar mau makan voer kering, entah itu burung hasil tangkapan hutan maupun burung yang masih bakalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *