cara merontokan bulu burung

Cara Merontokan Bulu Burung Agar Cepat Ambrol dan Cepat Tumbuh Kembali

Posted on

Dalam perawatan burung mungkin sebagian dari kicau mania pernah mendengar dengan istilah merontokan bulu.

Banyak tujuan dalam melakukan perawatan ini, salah satunya adalah agar burung yang sedang mabung menjadi cepat rontok bulu lamanya dan berganti dengan bulu baru.

Ya, ketika pada saat mabung tentunya bulu lama burung harus benar-benar ambrol atau rontok, sehingga untuk pertumbuhan bulu baru dapat lancar seperti yang seharusnya.

Tujuan Merontokan Bulu Burung

Setiap pemilik burung memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam merontokan bulu burungnya, seperti :

  • Membatu proses mabung cepat selesai sesuai yang seharusnya
  • Mengatasi burung yang macet mabung atau mabung yang berkepanjangan
  • Mengganti bulu lama dengan bulu baru, karena bulu lama rusak
  • Melakukan setingan perawatan ulang
  • Untuk dimaster

Baca Juga : Cara Menjemur Burung yang Tepat

Cara Merontokan Bulu Burung

Ada beberapa cara untuk melakukan perontokan bulu burung dengan cepat, yang bisa kalian pilih sesuai dengan minat pemilik dan kondisi burung, karena ada beberapa cara yang dilakukan tergolong cukup keras, sehingga perlu menyesuaikan dengan kondisi burung dan pemiliknya.

  1. Susu Bubuk

Berikan burung dengan susu bubuk putih merk apa saja dengan pakan yang biasa di konsumsi burung, entah itu mencapurnya dengan kroto atau voer.

Biasanya dengan pemberian susu bubuk dapat membuat bulu burung mulai rontok di hari 1 -2 , dan untuk hari ke 5 -7, bulunya sudah ambrol.

Hentikan pemberian susu bubuk putih ketika bulunya sudah ambrol.

Baca Juga : Cara Melatih Burung Makan Voer

  1. Berikan Voer Ayam

Voer ayam tergolong voer yang akan menyebabkan efek panas pada burung, sehingga bulu burung mudah rontok.

Selain itu, voer ayam memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga dapat membuat efek panas ketika burung mengkonsumsinya.

  1. Kuning telur bebek dan voer

Ambil kuning telur bebek dan mencampurnya dengan pakan voer burung, setelah itu dinginkan hingga mengering dan setelah kering di berikan pada burung.

Setelah pemberian pakan voer yang sudah di campur dengan kuning telur dilakukan dan bulu burung sudah ambrol, maka hentikan pemberian pakan ini.

  1. Simpan Kulit jeruk di dalam Sangkar

Cara ini cukup banyak di terapkan di kalangan kicau mania Indonesia dan juga penghobi burung di Thailand. Dimana dengan menyebar daun jeruk di dalam sangkar burung dapat membantu merontokan bulu burung.

Lihat Juga : Cara Memilih Voer untuk Burung

  1. Full Krodong

Gunakan krodong secara full ketika proses perontoka bulun, dan biarkan burung beraktfitas di dalam sangkar dalam keadaan sangkarnya di krodong.

Dan tak sedikit juga beberapa kicau mania mengkrodong burung di dalam sangkarnya pada saat menjemurnya, dan biasanya menyemprot krodongnya terlebih dahulu agar basah dengan tujuan membuat bulu burung menjadi cepat rontok.

Namun, untuk cara ini sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi burung, dan pastikan kondisi burung dalam keadaan fit, karena dengan melakukan cara ini cukup keras.

Untuk cara ini memang tidak di anjurkan, karena di kahwatirkan burung mengalami beberapa pesoalan, seperti burung menjadi serak, burung terlalu kepasan karena suhunya terlalu panas dan juga sedikit oksigen yang berada di dalam sangkar, terutama untuk daerah yang panas, meskipun untuk di daerah yang bersuhu dingin tidak berpengaruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *