cara merawat bulu burung kenari

Tips Mempercantik dan Merawat Bulu Burung Kenari Agar Indah

Posted on

Kicaumania.net – Burung kenari memiliki suara yang indah dan merdu, namun bulu yang terdapat pada burung kenari begitu indah, seperti kelebutan bulunya dan juga warna bulu kenari itu sendiri.

Kenari memiliki banyak warna tergantung jenisnya, ada yang memiliki warna bulu merah, kuning, hijau, putih, orange, hitam, biru dan warna lainnya.

Pada dasarnya, ketika hidup di alam liar, burung bisa merawat bulunya sendiri tanpa bantuan manusia, dimana bulunya tersebut menjadi kuat, bersih, cerah dan warnana bagus.

Namun ketika di pelihara oleh manusia, tentunya burung tidak bisa melakukan sendiri karena keterbatasan, maka itu, bagi pemilik burung kenari butuh peengetahuan yang tepat untuk membuat bulu burung kenari menjadi indah.

Cara Merawat Bulu Burung Kenari

Selain bisa merawat bulu burungnya sendiri ketika di alam liar, burung kenari juga sering melakukan aktifitas lainnya untuk perawatan bulunya, seperti burung sering mengoleskan semut untuk mengusir kutu yang berada di bulu dan kulit burung.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

Bulu burung yang terawat, tentunya sangat berkaitan dengan kesehatan burung, karena ketika bulu burung sangat bagus, dapat bermanfaat untuk membuat menjaga suhu tubuhnya dan juga menjaga paparan dari sinar matahari dan udara dingin.

Untuk beberapa jenis burung, bulunya sendiri sering digunakan untuk penyamaran terhadap hewan predator.

  1. Berikan pakan yang tepat

Setiap pakan yang biasa dikonsumsi oleh burung kenari memiliki manfaat yang berbeda-beda, ada makanan yang bisa membuat burung menjadi rajin berkicau dan juga ada pakan yang baik untuk kesehatan bulu burung, sehingga bulu burung bisa mengkilap, kuat, dan warnanya terlihat cerah.

Untuk membuat bulu burung menjadi bagus warnanya, maka bisa memberikan pakan wortel, selada, paprika merah, tomat dan ubi jalar.

  1. Memandikan kenari dengan ramuan

Untuk proses perawatan bulu kenari agar lebih cantik dan menawan, maka ketika memandikannya jangan hanya berikan air putih saja, tapi berikan ramuan dari buah-buahan dan lainnya.

  • Mandikan dengan Dengan Campuran Cuka Apel

Mandikan burung menggunakan campuran air putih bersih dengan cuka apel.

Baca Juga : Perawatan Kenari Mabung

Siapkan cuka apel sebanyak 2 sendok makan, dan 1 liter air putih bersih. Lalu campurkan, dan campuran air putih bersih dan cuka apel tersebut digunakan untuk memandikan burung untuk membuat bulu bulu menjadi berkilau dan bersih.

Selain itu, air campuran cuka apel juga memiliki manfaat untuk menghilangkan tungau dan kutu yang berada di tubuh burung.

  1. Mandikan dengan campuran air jeruk

Air jeruk memiliki manfaat yang dapat menghikangkan lemak, dan ketika digunakan sebagai campuran air mandi burung, maka lemak yang berada di bulu dan kulit burung akan hilang, sehingga bulunya akan sehat dan bersinar.

Siapkan 1 putih bersih sebanyak 1 liter dan mencapurkan 5 tetes jeruk nipis, lalu air tersebut digunakan untuk memandikan burung kenari.

  1. Mandikan dengan capuran garam inggris

Campuran air mandi burung dengan garam inggris memiliki manfaat untuk menghilangkan bakteri dan membersihkan bulu burung.

Siapkan 1 liter air mandi burung dan campurkan 1 gram garam inggris, dan mandikan burung kenari dengan campuran air putih bersih dengan garam inggris tersebut.

Baca Juga : Cara Menjemur Burung Kenari

  1. Gunakan Produk Khusus

Ketika memandikan burung, alangkah baiknya gunakan produk khusus untuk memperindah bulu burung yang terlihat kusam menjadi indah dan cantik.

Banyak produk dari berbagai macam merk yang ada kios burung untuk mempercantik bulu burung dengan mencampurkannya ke dalam air mandi burung.

Lakukan cara di atas, secara rutin, hingga perubahannya terlihat jelas, yang awalnya bulu kenari kusam menjadi cerah dan bersinar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *