cara menjinakan burung kutilang

Tips Sederhana Untuk Menjinakan Burung Kutilang dengan Cepat

Posted on

Kicaumania.net – Burung kutilang dipelihara karena kicauannya, ketika seseorang memelihara burung kutilang, burung kutilang tersebut rajin bunyi, tentunya akan membuat pemiliknya senang.

Namun, untuk burung kutilang yang masih giras tentunya untuk membuatnya menjadi rajin berkicau akan sulit di lakukan, meskipun burung akan berkicau, hanya akan bunyi ketika di sekitar burung tidak ada orang dan ketika sepi.

Akan tetapi ketika di tempat burung kutilang yang belum jinak di dekati oleh manusia dan ramai, maka burung akan terlihat gelisah, cemas dan sering menabrak-nabrak sangkarnya.

Cara Menjinakan Burung Kutilang

Jika ingin memelihara burung kutilang yang belum jinak, anda bisa memilih kutilang yang sudah memakan voer, karena untuk melatih burung makan voer membutuhkan waktu yang lumayan.

Namun, tentunya jika burung kutilang yang akan dipelihara merupakan jenis kutilang yang di beli dari hasil tangkapan hutan, bukan dari penangkaran, tentunya burung belum terbiasa makan voer.

Proses penjinakan burung kutilang memang beragam, tergantung burung kutilang itu sendiri, namun jika ingin menjinakan kutilang yang masih anakan yang dan juga masih dibantu loloh, maka akan lebih mudah menjinakan burung kutilang yang sudah dewasa.

  1. Memilih Burug Kutilang

Selain memilih kutilang yang sudah makan voer, sebaiknya pilih burung kutilang yang memiliki paruh yang besar, tebal dan makannya lahap.

Selain itu, untuk memudahkan perawatan nantinya, pilih burung kutilang hasil ternak/penangkarang karena lebih mudah di rawat dibandingkan dengan kutilang yang hasil tangkapan hutan.

Lihat Juga : Pakan Burung Kutilang & Suara Kutilang Mp3

  1. Simpan Burung Kutilang ditempat yang rendah dan ramai

Jangan pernah menyimpan kutilang yang giras di tempat yang sepi, karena burung akan semakin sulit jinak, karena tidak beradaptasi dengan lingkungan dekat dengan manusia.

Simpan sangkar burung kutilang dengan  ketinggian sejajar dengan kepala pemiliknya, agar burung terbiasa dengan manusia yang berada di sekitar sangkarnya.Selain itu, pastikan tempatnya cukup ramai.

Untuk beberapa minggu burung akan sering menabrak-nabrak sangkarnya dan terlihat gelisah, namun nantinya akan burung terbiasa.

Sebagai pemiiki sebaiknya jangan khwatir, karena nantinya lambat laun burung akan tenang ketika di dekati oleh manusia.

Baca Juga : Cara Membedakan Kutilang Jantan dan Betina

  1. Mandikan burung Hingga basah kuyup

Setiap hari burung dimandikan setiap harinya, untuk membangun kedekatan antara pemilik dan burung itu sendiri.

Selain itu ketika burung dalam keadaan basah kuyup bulunya, di dekati oleh manusia, termasuk pemiliknya tidak akan menjauh, dan tentunya itu baik untuk burung kutilang, sehingga nantinya ketika di dekati oleh manusia burung tidak akan menjauh, karena sudah terbiasa di dekati manusia pada saat di mandikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *