cara merawat burung kutilang biar cepat gacor

Cara Merawat Burung Kutilang Biar Cepat Gacor dan Rajin Berbunyi

Posted on

Sebagian Kicaumania mungkin pernah mendengar dengan jenis burung kicauan yang satu ini, meskipun kepopuleran burung ini tidak sebagus dengan jenis burung lainnya, seperti burung lovebird, murai batu dan berbagai macam jenis burung peiharaan lainnya.

Namun , meskipun begitu, ada beberapa orang yang memelihara jenis burung ini, karena memang suka dengan suaranya dan juga untuk sebagai hiasan atau untuk menambah koleksi burung kicauan.

Bagi yang ingin memelihara jenis burung ini tentunya diperlukan cara yang tepat, karena pada dasarnya setiap burung memiliki karakteristik burung yang satu ini.

Ciri-ciri dan Karakteristik Burung Kutilang

gambar burung kutilang

Karakterik merupakan hal yang penting untuk di ketahui ketika seseorang ingin menernakannya, terutama bagi seorang pemula.

Pada dasarnya burung kutilang bisa ditemukan di hutan dan juga memiliki karakteristik yang berkelompok meskipun bukan dengan jenisnya sendiri, seperti biasa hidung bersama dengan burung trucukan.

  1. Suara Burung Kutilang

Suara burung dari kutilang menjadi ketakutan tersendiri bagi para pecinta burung kicauan. Karena suara burung memiliki satu suara mati, artinya memiliki satu suara. Dengan begitu di khawatirkan suara dari burung kutilang tersebut di jadikan suara masteran bagi burung peliharaa lainnya.

  1. Gampang Beradaptasi

Meskipun burung kutilang tergolong jenis burung yang hidup di alam liar, namun mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Maka dari itu dapat dengan mudah untuk di pelihara dan tidak repon untuk dijinakan.

  1. Kelangkaan Burung Kutilang

Setiap tahun ke tahun, jenis burung kutilang semakin berkurang habitatnya, karena adanya ekploitasi dari beberapa orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan memilihara burung kutilang, maka menjadi solusi untuk mengembangbiakannya menjadi lebih banyak lagi. Dan menghindari punahnya spesies burung kicauan.

  1. Fisik Burung Kutilang

Burung kutilang memiliki warna dominan warna coklat dan di tambah dengan warna orange di sekitar bagian pantat bawahnya dan memiliki warna hitam dibagian kepalanya. Selain itu memiliki bentuk yang kecil sekitar 20 cm.

  1. Ciri-ciri pejantan dan betina Burung kutilang

Cara membedakan burung kutilang pejantan dan betina memiliki ciri-ciri yang bisa di bedakan dari beberapa fisiknya, seperti :

  • Ciri-ciri Pejantan Burung Kutilang memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan dengan betinanya
  • memiliki jambul yang lebih tinggi dibandingkan dengan betina
  • memiliki warna orange lebih terang di bawah ekornya dibandingkan dengan betinanya cenderung agak pudar
  • suara kutilang betina memiliki suara yang putus-putus dan pendek, sendangkan pejantan memiliki suara yang cenderung ngekek panjang
  • Postur pajantan lebih besar dibandingkan dengan betina

gambar burung kutilang jantan

Cara Merawat Burung Kutilang Agar Gacor dan Ngekek Panjang

Meskipun suara dari burung kutilang tidak sebagus dengan jenis burung lainnya, seperti murai batu, burung lovebird dan burung kicauan lainnya, akan tetapi bukan berarti suara Burung Kutliang tidak memiliki suara yang gacor dan ngekek panjang. Maka dari itu, temen temen kicau mania bisa dengan melakukan perawatan burung kutilang pada penjelasan di bawah ini .

  1. Menjaga kebersihan kandang

kebersihan kandang kadang bagi seseorang suka sepelekan soal kebersihannya, padahal kebersihan kandang tersebut memiliki peranan yang dapat menjaga kesehatan burung kutilang, dan membuatnya menjadi rajin berbunyi hingga gacor dan juga ngekek Panjang.

  1. Memandikan Burung Kutilang

Untuk mendapatkan kualitas terbaiknya dari dari burung kutilang bisa dengan cara memandikannya, sehingga bisa membuatnya menjadi lebih aktif dan juga sehat. Selain itu dengan memandikannya dapat membuat bulunya mennjadi bersih dan membantu dalam menghilangkan bakteri yang menempel pada bulunya , yang dapat mengundang penyakit.

  1. Pemberian pakan

Pakan merupakan hal yang penting untuk diberikan setiap harinya pada burung kutilang, oleh karena itu penting untuk memperhatikan dan mengetahui, makanan jenis apa yang disukai oleh burung kutilang,namun untuk menjaga kebugarannya, bisa dengan memberikan pakan voer dan juga multivitamin jika diperlukan.

  1. Pemasteran Burung Kutilang

Untuk mendapatkan kualitas suara dari burung kutilang, setiap burung membutuhkan latihan suara dari suara burung lainnya yang lebih bagus dari burung kutilang, bisa dengan menggunakan burung lainnya atau bisa dengan memperdengarkan suara burung masteran dan Mp3.

Untuk melakukan pemasteran dari suara burung, maka bisa dengan melatihnya di pagi hari atau pada sore hari.

Nah, demikianlah cara merawat burung kutilang yang bisa anda coba lakukan sekarang juga dirumah agar menjadi gacor dan ngekek panjang.

One thought on “Cara Merawat Burung Kutilang Biar Cepat Gacor dan Rajin Berbunyi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *