cara merawat burung poksay hongkong bakalan

Cara Merawat Burung Poksay Hongkong Bakalan Agar Cepat Berkicau

Posted on

Memilih burung poksay hongkong bakalan untuk dipelihara menjadi pilihan beberapa kalangan kicaumania, karena bakalan poksay hongkong memiliki harga yang lebih murah dari yang sudah dewasa.

Namun, yang namanya burung masih bakalan, kemampuan berkicaunya belum sebaik poksay hongkong dewasa.

Tentunya, bagi seorang pemula ketika melihat burung poksay peliharaannya tersebut belum bisa mengeluarkan kicauannya,  khawatir pertumbuhan kemampuan berkicaunnya tak kunjung meningkat, dan terkadang khawatir burung poksaynya tersebut berjenis kelamin betina.

Karena betina poksay hongkong kemampuan berkicaunnya tidak sebaik poksay jantan yang memiliki siulan dan kicauan yang bervareasi.

Cara Merawat Burung Poksay Hongkong Bakalan

Bagi rekan-rekan kicaumania yang ingin memelihara burung poksay karena tertarik kicauannya, maka agar burung poksay yang dipelihara tersebut rajin berkicau, maka pilihlah jantan, karena burung poksay hongkong betina hanya mengeluarkan suara panggilan dan suara erangan yang keras saja.

Hal penting dalam merawat burung poksay adalah, dimana burung tersebut terangsang untuk berkicau, dan ketika itu dilakukan setiap hari, maka nantinya burung tersebut akan mudah dan rajin untuk berkicau setiap harinya.

  1. Pengembunan

Seperti burung kebanyakan lainnya, pengembunan dapat merangsang burung agar mau berkicau. Jadi sebisa mungkin ketika pagi hari, sebelum matahari terbit, burung poksay disimpan di luar rumah agar burung merasakan udara segar pada pagi hari tersebut.

  1. Berikan Kandang Yang Tepat

Agar aktifitasnya terdukung, maka berikan sangkar yang luas, atau rekan-rekan bisa membeli kandang khusus untuk poksay.

download suara burung

Namun, jangan gunakan kandang poksay yang berbentuk bulat, karena bisa membuat burung itu sendiri mudah stres dan membuatnya menjadi malas bunyi.

  1. Latih Untuk Beradaptasi

Burung yang belum beradaptasi dengan baik, biasanya burung belum mau berkicau dengan baik. Agar burung poksay hongkong peliharaan anda mau berkicau dengan optimal, maka biasakan terlebih dahulu dengan lingkungan sekitarnya.

Untuk melatihnya, biasanya dalam sehari memindahkan sangkarnya di beberapa lokasi, atau setiap harinya burung di simpan di tempat yang berbeda-beda.

  1. Berikan Pakan Berkualitas

Pakan yang bisa di berikan pada burung poksay hongkong agar rajin berkicau, yakni buah pepaya matang dan jangkrik.

Buah pepaya, kaya akan vimtain , sedangkan jangkrik memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa menjaga stamina dan meningkatkan birahi burung, sehingga burung rajin berkicau.

  1. Mastering

Karena kemampuan berkicau poksay hongkong bakalan masih belajar, maka setiap hari putar suara masteran poksay hongkong yang sudah gacor, agar nantinya burung akan terpancing untuk mau berkicau.

Untuk mendapatkan suara masteran burung poksay , bisa melihatnya kehalaman ini, Lihat : Suara Burung Poksay .

Demikianlah ulasan kali ini tentang tips perawatan burung poksay hongkong, agar burung terpancing untuk berkicau, sehingga burung mau berkicau setiap harinya.