Lovebird Gacor di Rumah tapi diam di Gantangan

Cara Mengatasi Lovebird Gacor di Rumah tapi di Lapangan Gembos

Posted on

Ada banyak persoalan dalam merawat lovebird yang menjadikan perawatan lovebird cukup komplek, salah satu permasalah klasik adalah dimana lovebird gacor ketika di rumah tapi gembos/ diam terus ketika di gantangan.

Dalam persoalan ini memang bisa berkaitan tentang karakter dari lovebird itu sendiri, dimana burung lovebird merupakan jenis burung yang memiliki karakter sosial, berbeda halnya dengan jenis burung petarung seperti kacer, murai batu dan burung lain, dimana ketika bertemu dengan burung lain, maka sifat fighternya akan keluar dan burung akan menjadi gacor untuk mengintimidasi lawannya, karena tidak nyaman dan mempertahankan daerah teritorialnya.

Daftar Isi

Cara Mengatasi Lovebird Gacor dirumah tapi diam di Gantangan

Ya, sifat fighter dan teritorial merupakan hal penting di miliki lovebird lomba agar nantinya ketika di gantangan burung tetap gacor seperti di rumah.

Lihat Juga : Lovebird Ngekek sambil Ngeruji

Lovebird juga bisa muncul sifat teritorialnya, ketika burung dalam kondisi tertentu seperti kedaan musim kawin, berkmbangbiak dan ketika perasaannya tidak nyaman. Untuk itu penting sekali untuk mengetahui karakter lovebird itu sendiri.

Ciri-ciri Lovebird Belum Siap Lomba

Jika lovebird tidak terlatih dengan baik mental dan tidak di rawat dengan cara yang tepat, maka ketika lomba burung akan berperilaku ngerambat/ngeruji, banyak diam dan jarang ngekek.

Namun, ketika lovebird memiliki mental yang baik, maka ketika melihat lovebird lainnya gacor di gantangan, maka burung akan ikut gacor juga.

Lihat Juga : Cara Agar Lovebird Ngekek Jeda Rapat

  1. Melatih Mental Lovebird

Jika mental lovebird belum tangguh, dan di paksakan ikut lomba, maka meskipun di rumah gacor, maka ketika di gantangan akan gembos.

Selain tidak mau bunyi seperti di rumah, burung juga akan mengeluarkan perilaku buruk lain seperti yang di sampaikan di atas.

Untuk itu, jika mental burung belum terbentuk, maka lovebird bisa di latih terlebih dahulu dengan sering mengajak jalan-jalan ke gantangan, untuk membiasakan diri dengan lingkungan lomba.

  1. Lovebird Ngekek sambil Ngepakan Sayap

Salah satu persoalan lovebird ketika lomba adalah lovebird bunyi sambil mengepakan sayapnya, perlaku tersebut tentunya bisa membuat penampilan lovebird tidak maksimal, seperti  suara putus-putus dan pendek-pendek.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara mengatasi Lovebird didis di gantangan

Permasalahan tersebut bisa terjadi pada setiap lovebird dan bahkan lovebird penomenal pun pernah mengalami hal tersebut, dan untuk mengatasi persoalan tersebut, bisa memberikan manakan yang bergizi dan lengkap, rutin memberikan multivitamin dan juga seimbang dan melakukan pengumbaran secara ruin.

Selain itu ada juga perilaku ngekek sambil mengepakan sayap juga di sebabkan oleh kebiasaan lovebird itu sendiri, sebagian orang menyebutnya bawaan lahir, namun hal tersebut sebenarnya bukan faktor bawaan lahir, akan tetapi sebuah kebiasaan yang tidak di lakukan pencegahan.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Lovebird Kurang Gacor

Untuk mengatasi hal tersebut, lovebird harus di tambah durasi mandi dan durasi jemurnya.

  1. Lovebird ngleper Minta Kawin saat Lomba

Hal ini di sebabkan oleh burung mengalami birahi yang berlebihan sehingga berperilaku minta kawin, dan biasanya di sebabkan oleh pemberian pakan yang berlebihan, seperti memberikan kangkung dan kwaci dalam jumlah terlalu banyak, burung di jemur terlalu lama dan pemberian suplemen yang berlebihan.

Baca Juga : Cara Menurunkan Birahi Lovebird

  1. Lovebird ngerambat/ngeruji, loncat-loncat dan cenderung diam

Perilaku tersebut di sebabkan lovebird belum memiliki pengalam yang cukup sehingga mentalnya belum terbentuk dan burung pelu di latih dengan sering membanwanya ke tempat lomba untuk membiasakan suasana dan kondisi lomba.

Selain itu, perilaku itu juga bisa di sebabkan oleh birahi yang berlebih/ over birahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *