lovebird ngekek sambil ngeruji

Lovebird Ngekek Sambil Ngeruji ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Ketika ngeruji atau merambat jeruji sangkar memang berbagai macam jenisnya, ada yang ngeruji nakal dan burung jarang ngekek dan ada juga lovebird ngekek panjang namun sambil ngeruji atau merambat sangkarnya.

Lovebird yang anteng ketika di tangkringan pada saat ngekek, entah itu di rumah dan di tempat lomba tentunya merupakan hal yang di inginkan oleh pemiliknya.

Nah, ketika lovebird justru rajin ngekek tapi sering merambat jeruji sangkarnya, tentunya ada faktor yang menyebabkan lovebird berperilaku seperti itu, seperti yang akan anda ketahui dengan melihat tipsnya di bawah ini.

Penyebab Lovebird Ngekek Sambil Ngeruji

  1. Di pengaruhi birahi

Lovebird yang kerap kali ngeruji atau merambat di jeruji sambil ngekek salah satunya di sebabkan oleh birahi yang tinggi.

Terutama ketika melihat lawannya di dekat sangkarnya, ketika burung ngekek sambil ngeruji tersebut merupakan cara lovebird untuk menarik perhatian lovebird lain.

Lihat Juga : Manfaat Air Garam untuk Lovebird

Untuk lovebird betina biasanya, selain ngeruji sambil ngekek, jika birahinya semakin memuncak, maka burung akan ngapal/mbebek, pertanda minta di kawini.

Sedangkan jantan, akan mengeluarkan ciri-ciri manggut-manggut ketika birahinya sudah memuncak, selain ngekek sambil ngeruji.

Untuk itu, agar birahi lovebird stabil, maka perlu di seting ulang . Baca :  Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi .

  1. Kenyamanan dan Faktor Usia

Kenyamanan ketika burung ngekek dapat berpengaruh burung ngekek sambil nagen, tidak ngeruji, jadi pastikan kenyamanan burung di dapatkan burung.

Usia lovebird yang masih muda atau usia lovebird belum mapan biasanya lovebird akan ngeruji ketika ngekek. Untuk itu, faktor usia memiliki peranan penting untuk membuat lovebird nagen ketika ngekek, terutama lovebird digunakan untuk lomba, maka menunggu lovebird menjadi mapan menjadikannya anteng di tangringan pada saat ngekek harus di perhatikan.

Cara Mengatasi Lovebird Ngekek Sambil Ngeruji

Untuk mengatasi lovebird yang ngeruji sambil ngekek untuk usia dewasa dan lovebird muda cara berbeda, karena pada umumnya lovebird dewasa di pengaruhi birahi tinggi, dan untuk lovebird muda perlu di buat mapan terlebih dahulu.

Baca Juga : Perawatan Lovebird Betina Single Fighter

  1. Lovebird Dewasa Ngekek Ngeruji

Untuk merawat lovebird ngeruji sambil ngekek pada lovebird dewasa, maka tinggal stabilkan saja birahinya, dengan perawatan seperti :

  • Lovebird dimandikan 2 – 3 kali dalam sehari, misalkan, mandi pagi, sore dan malam hari
  • Berikan hanya milet putih saja
  • Kurangi penjemuran
  • Gunakan sangkar dengan ukuran setengah sangkar kapsul
  • Pisahkan dengan lovebird lain, alangkah baik tidak mendengar dan melihat lovebird lain

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan

  1. Lovebird Muda Ngeruji Sambil Ngekek

 

  • Burung di mandikan setiap hari 2 -3 kali
  • Setiap hari, burung di simpan di tempat yang ramai
  • Pilih tangkringan yang cocok, seperti meletakan beberapa jenis tangkringan, ukuran dan lain sebagainya. Lihat perkembangannnya, lovebird lebih menyukai tangkringan mana, dan biasanya burung akan sering ngekek di tangkringan yang disukainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *