Lovebird Untulan dan Single Fighter

Kelebihan dan Kekurangan Settingan Lovebird Untulan dan Single

Posted on

Perawatan lovebird banyak cara yang dilakukan dan settingan lovebird yang terkenal dari kicau mania Indonesia adalah, dimana burung tersebut di rawat dengan cara memberikan untulan dan rawatan lovebird single fighter.

Untuk melakukan perawatan lovebird single fighter atau untulan tentunya perlu menyesuaikan dengan karakter burung dan kemampuan dari pemiliknya, tapi yang penting bagaimana perawatan yang dilakukan tersebut, burung menjadi rajin ngekek ketika pada saat lomba dan juga pada saat di rumah.

Daftar Isi

Kelebihan dan Kekurangan Lovebird Untulan dan Single

Untuk menentukan mana yang lebih bagus soal merawat lovebird untulan dan single tentunya penting sekali untuk melihat karakternya terlebih dahulu, karena jika salah salam penerapan, maka kurang bagus hasilnya untuk lovebird itu sendiri.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lovebird Konslet dan Fighter

Apa itu Settingan Untulan Lovebird ?

Settingan lovebird untulan biasa di sebut juga dengan setingan koloni, dimana perawatan lovebird tersesebut dilakukan memberikan pasangan terhadap lovebird tersebut, entah itu di berikan pasangan berjenis kelamin sama, atau berbeda jenis kelamin.

Menggunakan untulan, bertujuan agar lovebird di pisahkan dari untulannya tersebut semakin rajin mengeluarkan suara, durasi ngekeknya panjang dan juga keras suaranya.

Metode untulan dalam perawatan lovebird, bisa dilakukan untuk lovebird yang masih paud dan lovebird dewasa dan metode untulan tersebut lebih mudah perawatannya untuk lovebird paud, di bandingkan lovebird dewasa.

Baca Juga : Membuat  Lovebird Jantan Jadi Konslet dengan Jebol BIrahi

  • Tidak Memiliki Sifat Fighter

Lovebird yang ngekek dengan durasi panjang ketika bunyi dan tidak memiliki sifat fighter, maka untuk perawatannya bisa di lakukan dengan sistem untulan atau sistem koloni.

Apa Itu Settingan Single Fighter Lovebird ?

Lovebird rawatan single merupakan rawatan lovebird dengan memanfaatkan sifat fighter lovebird itu sendiri, dengan mengatur birahi lovebird, agar burung akan menjadi rajin ngekek ketika di gantangan.

Baca Juga : Perawatan Lovebird Single Fighter

  • Sifat Fighter Tinggi

Lovebird dengan sifat fighter yang tinggi memiliki kebiasaan yang langsung menyilangkan kedua sayapnya ketika mendengar lawannya bunyi, dan lovebird tersebut akan mengeluarkan suara ngekeknya dengan durasi panjang. Dan untuk setingannya bisa melakukan rawatan single fighter.

Baca Juga : Tips Merubah Lovebird Fighter Jadi Konslet

Kelebihan Setingan Lovebird Untulan

Setingan lovebird untulan ini cocok dilakukan untuk lovebird bertipe konslet, dengan berbagai macam kelebihan, seperti :

  • Mudah untuk di rawat
  • Birahi lovebird selalu stabil
  • Stamina burung terjaga sehingga burung selalu siap lomba
  • Ketika ngekek cuek dan tidak terpengaruh lawannya

Baca Juga : Manfaat Jagung Muda untuk Lovebird

Kekurangan Rawatan Lovebird Untulan

  • Butuh proses yang panjang untuk menemukan pasangan yang cocok
  • Bisa memakan waktu yang lebih lama untuk menemukan titik gacornya ketika dipisahkan sama untulannya

Namun, hal tersebut itu tergantung oleh pemilik dan karakter burung itu sendiri, karena ada yang melewati proses di atas dengan cepat.

Baca Juga : Penyebab Lovebird Ngekek Sambil Ngeruji

Kelebihan dan Kekurangan Rawatan Lovebird Single

  • Mudah untuk di bawa ke lomba, dan tidak perlu repot-repot membawa untulan, karena memang setingannya single atau tanpa pasangan
  • Lebih cepat mudah latah dan mengeluarkan suara ngekek panjang
  • Harus terus mengontrol agar stabil birahinya, karena lovebird single fighter akan mudah naik birahinya ketika di gantangan

Apapun rawatan lovebird yang dilakukan, memilih setingan yang tepat dan rawatan yang tepat, maka harus dilakukan dengan cara konsisten agar kemampuan terbaiknya bisa di keluarkan pada saat di gantangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *