manfaat tulang sotong untuk lovebird

Manfaat Tulang Sotong untuk Lovebird dan Cara Memberikannya

Posted on

Sebagian dari pembaca munngkin pernah melihat atau mendengar burung lovebird di berikan tulang sotong sebagai asupan pakan tambahan.

Sebenarnya bukan hanya lovebird saja, burung lain juga seperti parkit, kenari, perkutut dan burung lainnya juga sering di berikan tulang sotong.

Tulang sotong sendiri di berikan pada burung bukan tanpa alasan dan  tentunya memiliki Zat kalsium, Mineral dan zat-zat lainnya, dimana yang paling terkenal dari tulang sotong bagus di berikan pada burung yang akan di ternakan, sehingga indukan burung yang di ternak, menghasilkan telur yang berkualitas.

Apa Itu Tulang Sotong ?

Tulang sotong merupakan istilah yang biasa banyak orang sebut, namun sebenarnya tulang sotong merupakan cangkang internal dari hewan sotong.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird tidak Mau Makan dan Lemas

Sotong merupakan hewan yang biasa hidup di air, seperti air payau, air laut dan juga air sungai.

sotong sering di temukan di sekitar pantai yang terdampar di sekitar pesisir pantai, dan cangkang dari sotong itu sendiri tersisa di sisi pantai.

Manfaat Tulang Sotong untuk Lovebird

Manfaat tulang sotong tentunya di dasari oleh kandungan zat yang ada di dalamnya, seperti kandungan Kalsium, iodium, mineral, kalsium fosfat, kalsium karbohidrat, garam magnesium dan sodium klorida.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Lovebird Gacor di Rumah tapi di Lapangan Gembos

  • Kalsium bagus untuk memperkuat lovebird, terutama untuk lovebird anakan, dimana pertumbuhan tulangnnya menjadi sempurna
  • Baik untuk paruh dan rahang lovebird
  • Dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya kerontokan bulu burung
  • Kandungan kalsium pada tulang sotong sangat baik untuk pembentukan kulit telur atau cangkang telur, sehingga telur terlindungi dengan baik, karena telur yang tidak terlindungi dengan baik seperti cangkang yang retak ( retak kecil yang hanya bisa di lihat dengan alat bantu ), bisa membuat telur gagal menetas
  • Baik untuk kesehatan pencernaan lovebird yang masih anakan dan dewasa, dan ini bagus untuk menghindari penyakit diare
  • Bisa meningkatkan gairah lovebird untuk rajin berkicau dan gacor
  • Sebagai asupan pakan tambahan untuk kesehatan burung
  • Membantu paruh lovebird jadi kuat
  • Bisa menghindari lovebird tidak nafsu makan dan lemas
  • Menjaga lovebird tidak cacingan
  • Dapat meningkatkan bakteri baik dalam tubuh lovebird
  • Mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh
  • Dapat membuat gairah kawin lovebird

Lihat Juga : Manfaat dan Efek Samping Kecubung untuk Lovebird

gantungan tulang sotong untuk burung

Cara Memberikan Lovebird Tulang Sotong

Untuk memberikan tulang sotong pada lovebird, bisa membuat halus lovebird dan mencapurkannya dengan pakan biji-bijian yang biasa di konsumsinya atau bisa memasukan 1 tulang sotong dengan ukuran utuh yang dimasukan ke dalam sangkarnya dengan menggunakan alat seperti gambar di atas, atau bisa menggunakan cara lain jika tidak memiliki tempat khusus untuk pakan tulang sotong.

Lihat : Download Suara Lovebird Konslet dan Fighter

Catatan :

Dalam memberikan tulang sotong untuk burung peliharaan memang terdapat pro kontra, karena di anggap tulang sotong memiliki kandungan garam yang tinggi, dimana kandungan garam jika di konsumsi lovebird dalam jumlah yang telalu banyak bisa menyebabkan terjadinya penyempitan peredaran darah dan kebutahan kandungan mineral tidak terpenuhi ketika lovebird reproduksi.

Demikianlah penjelasan tentang manfaat tulang sotong untuk lovebird dan cara memberikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *