kecubung untuk lovebird

Manfaat dan Efek Samping Kecubung untuk Lovebird

Posted on

Kecubung (Datura metel L ) memiliki bunga yang mirip dengan terompet dan terkadang untuk beberapa orang ingin sekali memetik bunga kecubung itu.

Namun, di balik indahnya penampilan bunga kecubung tersimpan manfaat dan efek samping, terutama di berikan untuk lovebird.

Kecubung (Datura metel L ) sering salah di artikan untuk menghilangkan kesadaran dan untuk relaksasi, padahal yang sebenarnya, kecubung memiliki efek yang dapat merelaksasi otot-otot rulik karena memiliki kandungan metil kristalin.

Lihat Juga : Manfaat dan Efek Samping Kecap untuk Lovebird

Karena memiliki efek yang dapat merelaksasi otot-otot rulik dan  efek lainnya, di Amerika sana kecubung sering di sebut juga dengan julukan nama devil trumpet ( terompet setan ) .

Manfaat Kecubung untuk Lovebird

Pemanfaatan kecubung di beberapa negara sering di gunakan untuk mengatasi beberapa persoalan kesehatan tubuh, seperti di China, kecubung sering di gunakan sebagai herbal untuk mengatasi flue atau filek, untuk di India , tanaman ini sering di gunakan untuk mengatasi persoalan pria dewasa dengan mencapurkan biji kecubung dengan lemak. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, kecubung sering digunakan untuk meredakan sakit gigi dan asma.

Lihat Juga : Tips Agar Lovebird Ngekek Jeda Rapat

Dari kalangan kicau mania Indonesia sempat ramai, dimana ketika lovebird di berikan kecubung yang sudah di oleh dengan cara tertentu dapat membuat burung lovebird semakin konslet dan fighter.

Dan tentunya dengan mendengar informasi tersebut banyak orang yang penasaran untuk mencobanya.

Namun, sebelum mencoba memberikan  kecubung pada lovebird, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang kandungan dan efek sampingnya.

Kandungan Bunga Kecubung

Menurut para ahli, dimana kandungan yang terdapat pada bunga kecubung mengandung senyawa kimia alkaloid, yang terdiri dari hiosiamin, skopolamin, dan atropin yang bersifat antikholinergik.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Lovebird Ngantukan

Selain itu, bunga kecubung juga memiliki kandungan nikotina, kuskohigrina, hiosin, norskopolamina, lemak, meteloidina dan kalsium oksalat.

Kandungan senyawa pada bunga kecubung memang memiliki manfaat jika di olah dengan takaran dan pengetahuan yang tepat, dan jika di oleh dengan cara yang tidak tepat, maka lovebird bisa mengalami hal-hal berikut, seperti :

  • Dapat memicu kematian mendadak pada lovebird
  • Bisa membuat efek ketagihan
  • Burung menjadi tidak bisa diam atau hiper aktif dan menjadikannya cepat lemas
  • Rentan mengalami terjadinya over birahi dan bisa mengalami gesek tangkringan ( gestang )
  • Lebih cepat mabung
  • Bisa menyebabkan suara lovebird menjadi serak dan malas bunyi

Lihat Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Settingan Lovebird Untulan dan Single

Untuk memberikan lovebird bunga kecubung memang perlu pertimbangan kembali, karena efek yang dapat di hasilkan bisa membahayakan bagi burung itu sendiri. Kecuali anda sudah mengetahui tentang cara mengolahnya yang benar.

Namun, alangkah baiknya gunakan saja herbal lain untuk lovebird anda seperti yang sudah banyak orang pakai dan aman yang bisa di beli di toko online maupun di kios burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *