ekor burung tidak tumbuh

Penyebab Bulu Ekor Burung tidak Tumbuh dan Cara Mengatasinya

Posted on

Penampilan bulu ekor memang menjadi suatu hal yang harus di perhatikan, karena salah satu daya tarik burung terletak pada ekornya, terutama jenis burung yang memiliki ekor panjang, seperti burung murai batu.

Bulu ekor yang tidak tumbuh memang terlihat kurang bagus dilihat, apalagi bulu ekornya tersebut sudah lama tidak tumbuh.

Untuk mengatasi bulu ekor burung yang tidak tumbuh memang butuh mengetahui penyebabnya, karena dalam mengatasinya nantinya perlu di sesuaikan dengan penyebabnya.

Penyebab Bulu Ekor Burung tidak Tumbuh

Lihat Juga : Cara Memilih Vitamin Burung

  1. Di pori-pori bulu burung terdapat gumpalan darah kering
  2. Adanya sumbatan di pori-pori bulu burung seperti jamur
  3. Bulu tua yang patah atau ada sisa patahan bulu yang menyebabkan bulu baru tidak bisa tumbuh
  4. Kurangnya asupan kalsium pada burung, sehingga pertumbuhan bulu tidak bisa tumbuh

Cara Mengatasi Bulu Ekor Burung tidak Tumbuh

Hal yang sering terjadi ketika bulu burung tidak tumbuh adalah bulu ekor burung di cabut dengan cara di paksa, sehingga pangkal ekor atau pori-pori burung terluka dan berdarah, dan darahnya mengering, sehingga pertumbuhn bulu ekor baru tidak bisa karena terhalang.

Lihat Juga : Jenis Vitamin yang Bagus untuk Burung

Penyebab bulu ekor burung tidak tumbuh juga bisa disebabkan adanya jamur di area kulit tempat bulu ekor burung tumbuh, yang di sebabkan perawatan yang kurang tepat.

  1. Siapkan wadah yang sudah berisi air hangat kuku
  2. Celupkan ekor murai batu ke dalam wadah yang sudah di isi air hangat kuku tersebut
  3. Masih dalam posisi ekor burung di celupkan ke dalam air hangat kuku, bersihkan area kulit dan bagian yang dekat dengan tumbuhnya pori-pori ekor burung yang dilakukan secara hati-hati agar tidak ada yang luka

Lihat Juga : Manfaat Biji Pepaya untuk Burung

Lakukan cara di atas secara rutin, hingga pori-pori kulit di arena tempat tumbuh bulu ekor burung tidak tersumbat, entah itu tersumbat karena adanya gumlan darah kering, maupun adanya jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *