biji pepaya untuk kesehatan burung

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Burung dan Cara Pemberiannya

Posted on

Sebagian pembaca sekalian mungkin sudah tidak asing ketika memberikan pakan buah-buahan untuk burung jenis pemakan buah-buahan, termasuk memberikan burung dengan buah pepaya.

Ya, pepaya merupakan salah satu makanan yang sangat di sukai oleh burung pemakan buah-buahan.

Namun, tahukah kamu, bahwa biji dari buah pepaya juga bisa di berikan untuk burung peliharaan untuk menjaga kesehatan burung dengan beragam manfaat yang di dapatkan ketika burung mengkonsumsi biji pepaya.

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Burung

  1. Obat Anti Virus Burung

Biji pepaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati virus pada burung, seperti virus menular dari burung lainnya dan juga bisa di gunakan untuk mengobati infeksi ringan yang di sebabkan oleh luka karena terjepit jeruji sangkar.

Lihat Juga : Download Burung Masteran Mp3

  1. Obat Cacing Burung

 Biji pepaya memiliki kandungan alkaloid ( carpaine ), dimana kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mengatasi parasit seperti cacaing yang bersarang pada usus burung.

Biji pepaya bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada semua jenis burung dan jika burung peliharaan anda sudah terkena cacingan, maka bisa langsung memberikan obat cacing yang terbuat dari biji pepaya ini.

  1. Obat Melancarkan Pencernaan Burung

Enzim papain merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada biji pepaya, dimana kandungan tersebut dapat membantu memecah protein, sehingga pencernaan burung menjadi lancar.

Selain itu, Enzim papain tersebut juga mampu mengatasi kotoran burung yang encer dan burung yang jarang mengeluarkan kotoran.

Baca Juga ; Merawat Burung di Musim Hujan

  1. Menetralisir Racun pada Burung

Burung bisa saja terkena racun, entah itu dari sarang yang kotor, makanan dan bahkan dari minuman.

Jika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya burung di berikan biji pepaya, agar racun yang berada di tubuh burung secara berangsur-angsur akan di netralisir.

  1. Antioksidan untuk Burung

Burung yang dipelihara, bisa kemungkinan terkena radikal bebas, seperti polusi kendaraan, asap rokok, pembakaran sampah, debu dan lain sebagainya.

Baca Juga : Manfaat Jahe Bagi Burung

Untuk itu, berikan biji pepaya sebagai anti oksidan untuk mengetasi burung yang terkena radikal bebas.

Cara Memberikan Biji Pepaya Pada Burung

Untuk memberikan biji pepaya, bisa disesuaikan dengan jenis burung, karena nantinya untuk memberikan biji pepaya bisa di sesuaikan dengan makanan yang biasa di konsumsi burung.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Bakalan Agar Cepat Gacor

Agar mudah di konsumsi dan di cerna oleh burung, maka biji pepaya yang akan di berikan pada burung sebaiknya di haluskan terlebih dahulu, dan dalam keadaan kering, sehingga kadar airnya sedikit, karena agar ketika di campur dengan makanan lain, seperti voer, maka campuran voer dan biji pepaya tidak mudah basi.

Selain voer, anda juga bisa memberikan biji pepaya dengan mencapurnya dengan kroto, jangkrik, dan pakan lainnya. sesuaikan saja dengan jenis burung yang anda pelihara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *