burung pleci papua

Burung Pleci Papua: Suara, Habitat, Ciri-ciri, Makanan dan Spesiesnya

Posted on

Di papua sana, banyak sekali jenis burung yang indah, seperti burung cendrawasih dan berbagai macam hewan lainnya yang memukau dunia.

Salah satu burung yang berada di papua sana, salah satunya jenis burung pleci atau burung kacamata yang memiliki irama kicauan yang mnegalun dan indah.

Alam literatur international perburungan, burung pleci papua di sebut juga dengan nama new guinea white-eye , sedangkan untuk nama Ilmiah pleci papua Zosterops novaeguineae .

Lihat Juga : Suara Terapi dan Cara Terapi Pleci

Habitat Pleci Papua

Sepeti namanya, burung pleci papua merupakan burung yang berasal dari papua yang tersebar di papua nugini, kepulauan aru dan meliputi papua, dengan beragam subspesies atau ras, seperti :

  1. Zosterops novaeguineae novaeguineae: tersebar di wilayah barat laut, papua barat , pegunungan kamawa dan pegunungan afrak.
  2. Zosterops novaeguineae aurensis : tersebar di pegunungan aru
  3. Zosterops novaeguineae wuroi: tersebar di bagian sungai Fly di pulau papua barat pada dataran rendah,kawasan timur di sungai Bensbach ( Wilayah Trans-Fly )
  4. Zosterops novaeguineae magnirostris:pulau papua timur laut wilayah Adelbert dan awar, disebrang pulau manam

Baca Juga : Cara Memaster Burung Pleci

  1. Zosterops novaeguineae wahgiensis: tersebar Wilayah timur pulau papua seperti Orata, Pesekitar gunungan Wilhelm, Okapa sampai lembah wahgi sampai wilayah timur lembah wahgi
  2. Zosterops novaeguineae crissalis: tersebar di sekitar pegunungan yang berada di pulau papua bagian tenggara
  3. Zosterops novaeguineae oreophilus: berada di pulau laut papua di sekitar Pegunungan Saruwaged

Lihat Juga : Suara Pleci Ngerol, Ngalas, Ngecir, Gacor, Dll

Karakter Pleci papua

 Ketika di alam liar, burung pleci papua kerap kali di temukan bersama kelompoknya sekitar 50 ekor dan terlihat berisik dan aktif ketika mencari makanan.

Pleci papua di sebut dengan burung pengembara atau burung nomaden, dimana burung ini sering berpindah-pindah tempat, dari satu lokasi ke lokasi lainnya, ketika menjelang musim kawin.

Makanan Pleci Papua

Untuk makanan pleci papua, sama sja dengan makanan jenis pleci lain, seperti serangga, buah, dan benih, selain itu, pleci papua juga sering menghisap sari bunga atau nektar dan dan memakan laba-laba ketika energynya terkuras setelah pengembaraannya.

Lihat Juga : Jenis Pleci yang Bagus

Ciri-ciri Pleci Papua

Suara kicauan burung pleci papua dengan jenis pleci lainnya terdengar berbeda, dimana pleci pada umumnya memiliki suara ngerol dan berkicau dengan irama cepat, sedangkan untuk kicauan pleci papua memiliki irama irama kicauan ngerol yang mengalun merdu, mengulang-ngulang dan monoton.

Dan untuk ciri fisiknya, seperti :

  • Panjang tubuh sekitar 11 cm
  • Memiliki warna bulu hitam pada bagian dahi dan memiliki warna kuning pada bagian tenggorokan, dan kedua warna tersebut memanjang hingga pasa bagian dadanya

Suara Pleci Papua

Suara Burung Pleci Papua | Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *