sarang burung walet untuk kesehatan

11 Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Sarang walet terbuat dari air liur dari burung walet itu sendiri, dimana ketika membuat sarang, burung walet menggunakan air liurnya sendiri untuk tempat bersarangnya.

Dalam membudidayakan sarang walet, biasanya Setelah sarang burung walet berkumpul banyak, biasanya sering di jual untuk di jadikan sup dan digunakan untuk dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Salah satu Negara yang sering mengkonsumsi sarang burung walet adalah Cina, dimana nenek moyang negeri china sering menggunakan sarang burung walet untuk ramuan tradional dan sebagai rahasia kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan dan Kecantikan

 Menurut dari pengobatan tradional di china, sarang walet memiliki manfaat untuk merangsang tumbuh jaringan sehat dan sel, menangkal penuaan dini, meningkatkan konsentrasi otak dan mengencangkan kulit.

Kandungan Sarang Burung Walet

Dengan beragam manfaat yang di dapatkan dari mengkonsumsi sarang burung walet, tentunya terdapat kandungan yang terdapat didalamnya, seperti asam amino dan mineral.

Lihat Juga : Harga Sarang Walet

  1. Asam Amino

Asam amino, tidak terdapat dalam tubuh manusia, sehingga untuk memenuhi kebutuhan asam amino, manusia membutuhkan asupan asam amino dari makanan.

Untuk itu, dengan mengkonsumsi sarang burung walet, maka hal ini merupakan cara untuk memenuhi kebutuhan asam amino itu sendiri dengan beragam manfaat yang akan di dapatkan, seperti :

  • Glukomin : memiliki manfaat untuk membantu proses pemulihan tulang rawan
  • Tirosin : bermanfaat untuk membantu proses pemulihan pasca sakit
  • Asam Asparat dan prolin : bermanfaat untuk regenerasi sel
  • Fanilalanin dan Sistein : bermanfaat untuk membantu penyerapan Vitamin D dari sinar matahari, meningkatkan kinerja Impuls saraf dan meningkatkan kinerja memori

  1. Kaya Mineral

Tubuh membutuhkan asupan meineral, dan kandungan yang terdapat dari sarang burung walet antara lain, Kromium, kalsium, seng/Zinc , mangan dan tembaga.

  • Krominun : memiliki manfaat untuk membantu penyerapan nutrisi pada usus, sehingga kemungkinan besar, nutrisi pada usus dapat di cerna dengan sepenuhnya
  • Tembaga : Meningkatkan Kolagen dalam tubuh, mengoptimalkan system kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung
  • Zinc atau Seng : mengurai karbohidrat, memperkuat system kekebalan tubuh, memperkuat indra penciuman dan perasa, membantu pertumbuhan sel, membantu pemilihan luka
  • Mangan : menyembuhkan luka, membantu pertumbuhan tulang, melancarikan metabolisme asam amino, kolesterol dan karbohidarat dalam tubuh. Selain itu, mangan juga bermanfaat untuk kelancaran enzim bekerja dengan baik di dalam tubuh
  • Kalsium : mengatur proses pembekuan darah dan menjaga kesehatan persendian dan tulang

Lihat Juga : Download Suara Burung walet Mp3 untuk Pancingan

Dengan beragam Kandungan yang terdapat pada sarang burung walet, tentunya ketika mengkonsumsi sarang walet memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti :

  1. Mencegah diabetes

Sarang walet memiliki manfaat untuk memecah lemak dalam tubuh dan dapat mencegah otak memproduksi Insulin pada tubuh lebih banyak sebagai respon asupan lemak yang berlebihan

  1. Mencegah Penyakit kronis

Seperti penelitian dari jurnal penelitian Letters In Health and Biological Sciences menyebutkan, penyakit kronis mayoritas disebabkan oleh radikal bebas.

Dan kandungan dari sarang burung walet memiliki senyawa yang bermanfaat efek radikan bebas dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit kronis.

  1. Mengatasi Masalah Pembekuan Darah

Seperti penelitian yang di lakukan jurnal Drug Design Development and Therapy pada tahun 2015 lalu, sarang walet memiliki manfaat untuk menurunkan resiko pengemtalan darah yang di sebabkan oleh kolesterol pada tubuh yang tinggi.

Sehingga dengan begitu, sarang walet memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kardiopaskular atau pembekuan darah.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat kemoterapi

Seperti yang di sebutkan dalam jurnal Drug Design Development and Therapy pada tahun 2016, dengan mengkonsumsi sarang walet dapat meningkatkan system imun dalam tubuh pada saat kemoterapi.

Sehingga jika mengkonsumsi sarang walet selama 30 hari, maka akan meningkatkan system kekebalan tubuh yang di sebabkan oleh melemahnya system kekebalan tubuh dalam usus yang di sebabkan oleh kemoterapi.

  1. Mengatasi Peradangan Sistemik

Seperti yang di sebutkan dalam jurnal International Food Research Journal pada tahun 2011, penelitian dari Malaysia, bahwa dengan mengkonsumsi sarang burung walet secara rutin dalam mengurasi protein khusus yang menyebabkan peradangan sistemik di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Gairah S3ksual

Sarang walet dapat meningkatkan hormone estradiol dan hormone testosterone, dimana hormon testosterone memiliki manfaat untuk meningkatkan gairah s3ksual, membantu pembakaran lemak, membantu pembentukan otot dan hormone estradiol memiliki manfaat untuk mencegah esteoporosis.

  1. Mengatasi Menopause

Terdapat kandungan hormone estradiol sejenis estrogen pada sarang elat yang dapat mengatasi terjadinya menopause. Dan juga dapat mengatasi adanya gangguan tidur, gelisah, gairah s3ksual menurun.

  1. Mengatasi Peradangan Tulang dan Sendi

Terdapat asam amino yang dapat meningkatkan pertumbuhan pada tulang rawan, sehingga dapat mencegah peradangan pada sendi dan tulang.

  1. Mengatasi Depresi dan Stres

Dapat meningkatkan kinerja otak dan saraf, serta memiliki kandungan protein dan mineral yang bisa memperbaiki suasana hati, sehingga terhindar dari depresi dan stress.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Memiliki manfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dan imun, serta memiliki manfaat untuk menjaga stamina tubuh, sehingga aktifitas sehari-hari menjadi lancar.

  1. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Sarang walet bermanfaat untuk proses perkembangan sel tubuh, sehingga dapat meregenerasi sel pada kulit.

Sarang walet juga di percaya sebagai anti-aging, dimana bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, sehingga kulit terlihat awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *