lovebird ngeriwik

Penyebab dan Mengatasi  Lovebird Balibu Hanya Ngeriwik ketika Bunyi

Posted on

Pada dasarnya ketika lovebird yang masih balibu ngeriwik merupakan proses belajar  bunyi untuk mengesah kemampuannya dengan menirukan suara burung dewasa atau indukannya.

Namun permasalahannya, ketika kemampuan berkicaunya tidak berkembang menjadi rajin ngekek dengan suara yang keras bisa kemungkinan ada beberapa kesalahan dalam perawatannya.

Daftar Isi

Penyebab Lovebird Balibu Ngeriwik

Ada beberapa hal yang menjadikan penyebab burung yang menjadi hanya ngeriwik saja, seperti faktor makanan, settingan perawatan dan faktor pemasteran.

Lihat Juga : Manfaat Tulang Sotong untuk Lovebird

  1. Faktor Makanan

Untuk kebutuhan pakan lovebird balibu memang harus lebih banyak di bandingkan dengan yang sudah dewasa, karena lovebird balibu lebih banyak kebutuhan nutrisi untuk membantu pertumbuhannya.

Selain itu, ketika kebutuhan nutirisi tercukup oleh lovebird balibu, selain mambantu untuk pertumbuhannya, bermanfaat untuk membuat lovebird balibu rajin berkicau dan ketika di master, burung bisa menirukannya, sehingga lovebird balibu memiliki suara yang keras, jelas dan ngekek dengan durasi panjang.

Untuk pakan lovebird balibu bisa dengan mencampurkan pakan biji-bijian seperti biji canary seed, milet putih/merah, biji kwaci dan pakan biji-bijian lainnya, dan juga berikan juga pakan jagung setiap harinya.

Lihat Juga : Cara Merawat Lovebird Paruh Merah

  1. Salah Perawatan

Pola perawatan yang tidak tepat, akan bisa membuat lovebird memiliki suara yang pelan dan hanya ngeriwik saja.

Untuk perawatannya perlu di sesuaikan dengan karakter dan cara yang tepat, dan perawatan di antaranya dengan mengatur penjemuran, memandikan, menjaga kebersihan sangkar dan lain sebagainya.

  1. Faktor Pemasteran

Pemasteran salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu dalam meningkatkan kualitas suara lovebird balibu sehingga burung memiliki suara dengan ngekek panjang dan rajin untuk berkicau.

Untuk pemasteran itu sendiri, bisa dilakukan dengan menggunakan lovebird yang sudah gacor dan di simpan di dekat lovebird balibu yang akan di master, atau bisa menggunakan suara rekaman.

Akan tetapi, jika suara masterannya cocok dengan lovebird balibu yang akan di master, maka burung akan memiliki suara yang bagus.

Baca Juga : Cara Membuat Lovebird Bersuara Keras dan Buka Paruh

Untuk itu, ketika ingin melakukan pemasteran pada lovebird balibu, penting untuk melihat dari karakter lovebird tersebut, agar suara masterannya bisa di tirukan oleh lovebird tersebut.

Karena, jika pemasteran dilakukan dengan cara yang tidak tepat, lovebird hanya akan ngeriwik saja.

Demikian penjelasan kami ini Kicaumania.net sampaikan seputar penyebab lovebird balibu ngeriwik saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *