lovebird bersuara keras dan buka paruh

Cara Membuat Lovebird Bersuara Keras dan Buka Paruh

Posted on

Kicaumania.net  – Memiliki lovebird yang memiliki kemampuan berkicau yang optimal, terutama lovebird lomba merupakan hal yang di inginkan oleh pemiliknya.

Memiliki suara yang keras dan buka paruh ketika lomba menjadi perhatian tersendiri dari juri, dan melihat lovebird bersuara keras dan buka paruh merupakan kelebihan lovebird, maka banyak para kicau mania yang berlomba-lomba untuk merawat dengan cara tertentu untuk membuatnya memiliki kemampuan seperti itu.

Untuk membuat lovebird buka paruh dan bersuara keras, ada beberapa hal yang harus di persiapkan, seperti :

  • Memiliki mental yang bagus
  • Kualitas Kekuatan nafas
  • Kemampuan vokalnya

Lihat Juga : Cara Merubah Karakter Lovebird Fighter jadi Konslet

Cara Membuat Lovebird Bersuara Keras dan Buka Paruh

Karena ke tiga hal tersebut merupakan sarat yang harus dimiliki, maka ketiga hal tersebut sudah dimiliki oleh lovebird, maka burung akan memiliki suara yang keras dan buka paruh.

Namun, jika lovebird belum memiliki kualitas nafas, mental dan kemampuan vokalnya belum optimal, maka bisa melatihnya terlebih dahulu.

  1. Melatih Vokal Lovebird

Memiliki vokal yang baik biasanya lovebird akan mudah untuk terpancing bunyi dan mampu ngekek dengan durasi panjang dan keras. Lovebird dengan kemampuan tersebut biasanya di sebut dengan “ lovebird konslet “.

Lihat Juga : Efek Samping dan Manfaat Kecubung untuk Lovebird

Untuk melatih vokal lovebird agar mengeluarkan kemampuan tersebut, bisa melakukan perawatan yang rutin, seperti:

  • Lovebird di latih dengan cara memasternya dengan lovebird yang sudah ngekek dengan durasi panjang, atau bisa dengan suara hewan dan burung lain, seperti suara tengkek buto, belalang kecek, suara cililin, dan burung lainnya
  • Memberikan pakan yang berkualitas, dengan memberikan pakan biji-bijian seperti milet dan pakan campuran pakan biji-bijian, serta pakan lainnya, seperti jagung, kangkung dan pakan lainnya sebagai asupan pakan tambahan

Lihat Juga : Tips Mengatasi Lovebird Gacor di Rumah di Gantangan Diam

  1. Melatih Nafas Lovebird

Kualitas nafas yang baik pada lovebird memiliki peranan untuk bisa membuat lovebird mampu ngekek dengan durasi yang panjang.

Dan untuk melatihnya, seperti :

  • Mandikan pada malam hari sebagai terapi
  • Sering melatih di kandang umbaran
  • Mandikan lovebird hingga basah kuyup
  • Jemur burung dengan cukup, sesuai dengan kamampuan dan karakternya

Lihat Juga : Kelebihan dan Kekurangan Settingan Lovebird Untulan dan Single

  1. Melatih Mental Lovebird

Lovebird konslet, biasanya akan memiliki mental yang sangat baik, dan melakukan pelatihan untuk membuat lovebird konslet, dapat membuatnya buka paruh dan bersuara yang keras.

  • Lovebird sering di latih dengan burung yang seumuran, untuk melatih burung terbiasa dengan suasana lomba
  • Latih adaptasi burung dengan sering membawanya ke tempat lomba dengan sering untuk membiasakan burung di tempat lomba seperti apa
  • Berikan pasangan/ untulan

Selain dari tiga cara yang telah kami sampaikan tentang cara membuat lovebird bersuara kencang dan buka paruh menjaga kebersihan kandang dan pemberian makanan yang tepat memiliki peranan penting untuk mencapai kualitas lovebird seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *