gambar pleci auriventer
gambar pleci auriventer

Pleci Auriventer: Ciri-ciri, Habitat, Suara, Harga, Kelebihan dan Perawatannya

Posted on

Pleci Auriventer (Zosterops palpebrosus auriventer) merupakan salah satu jenis pleci yang popular di Indonesia, karena memiliki mental yang bagus dibandingkan dengan jenis pleci lainnya, bukan hanya banyak di pelihara di kalangan pecinta pleci Indonesia saja, pleci ini juga banyak di pelihara di Asia Tenggara.

Pada kesempatan kali ini, Kicaumania.net akan memberikan seputar informasi tentang pleci Auri seperti ciri-ciri, karakter, Habitat, suara, cara memilih dan perawatannya.

Daftar isi

Habitat Pleci Auriventer

Kebiasaan pleci auri hidup di alam liar biasa hidup berkelompok dalam jumlah yang kecil, 2 – 6 ekor yang sering di jumpai di sekitar hutan mangrove/ hutan bakau dan pesisir pantai.

Lihat Juga : Burung Pleci Papua: Suara, Habitat, Ciri-ciri, Makanan dan Spesiesnya

Pleci auri memiliki peminat yang banyak dan banyak di pelihara di Asia tenggara, karena burung ini tersebar di beberapa Negara seperti Singapura, Thailand Pantai barat, Malaysia semenanjung, Myanmar dan di Indonesia sendiri biasa di temukan di pulau Bangka, kepulauan riau, Kalimantan dan sumatera pesisir pantai timur.

Untuk Pleci Auriventer yang tersebar di Indonesia hanya ada di sumatera dan Kalimantan, dan meskipun ada yang menyebutkan pleci auri dari daerah lain, kemungkinan besar salah penyebutan identifikasi atau peliharaan yang lepas.

Suara Pleci Auri

Suara kicauan dan suara paggilan dari pleci auri terdengar lebih ngebass, untuk mendengar suara pleci auriventer untuk digunakan sebagai masteran dan juga untuk pancingan, kami sediakan di bawah ini.

Suara Pleci Auriventer Variasi 1 | Download

Suara Pleci Auriventer Variasi 2 | Download

Suara Pleci Auriventer Variasi 3 | Download

Suara Pleci Auriventer Variasi 4 | Download

Lihat Juga : Suara Terapi Pleci Agar Buka Paruh

Ciri-ciri Pleci Auriventer

Meskipun banyak jenis pleci, setiap plecinya memiliki ciri-firi fisik yang berbeda-beda, meskipun ciri-ciri fisiknya tidak jauh berbeda.

  • Warna bulu pada bagian tubuh bawahnya abu-abu pucat
  • Bagian bulu tubuh atasnya bewarna kekuningan
  • Ukuran tubuhnya besar
  • Lebih melebar dan tebal bentuk lingkaran matanya
  • Bewarna coklat iris matanya
  • Memiliki warna kekuningan pada bulu bagian pantatnya
  • Ketika berkicau, gayanya cukup atraktif

Baca Juga : Cara Memaster Pleci Agar Bersuara Tembakan, Ngerol, Ngalas, dll

Kelebihan Pleci Auriventer

Pleci auri memiliki karakter mental yang tangguh, karena hal tersebut di pengaruhi oleh kebiasaan hidupnya yang berpindah ketika di alam liar.

Cara Memilih Pleci Auriventer

Pleci auri memang memiliki kelebihan mental yang lebih bagus, karena memiliki karakter yang gemar bernpindah-pindah dari satu tempat dank e tempat lainnya.

Lihat Juga : Manfaat Cabai untuk Pleci

Namun, untuk mendapatkan pleci auri yang berkualitas, maka perlu memilihnya dengan ciri-ciri, seperti :

  • Pleci yang bermental yang bagus memiliki kebiasaan dan karakter yang khusus, seperti burung suka sendiri, mendominasi makanan dan terlihat selalu aktif
  • Warna bulunya sangat cerah
  • Sangat tebal lingkaran pada matanya
  • Memiliki ukuran tubuh yang panjang

Perawatan Pleci Auriventer

Cara merawat pleci auriventer sebenarnya sama saja dengan perawatan pleci jenis lainnya, hal yang paling penting dalam merawat pleci auri adalah pengembunan, karena memiliki manfaat untuk membuatnya rajin bunyi dan bisa mengeluarkan suara yang keras dan pemberian pakan yang tepat untuk membuat pleci auri cepat buka paruh.

  1. Pakan voer berikan sebagai pakan harian, dan sebaiknya pilih voer yang memiliki gizi yang seimbang dengan kualitas yang bagus. Lihat Juga : Cara Memilih Voer Burung
  2. Berikan variasi buah-buahan untuk membuat pleci rajin bunyi dan aktif, seperti buah jeruk, papaya, pear, apel dan buah lainnya
  3. Rutin setiap harinya pleci di embunkan
  4. Mandikan pleci dengan cara di semprot atau mandi keramba dan sebaiknya mandikan pleci bersama plec lainnya
  5. Setelah mandi, pleci di berikan pakan berupa herbal atau sayuran dan ulat hongkong ( pilih ulat hongkong yang masih bewarna putih )
  6. Jangan terlalu lama jemur, cukup 2 jam saja, karena bahaya menjemur pleci terlalu lama bisa membuat burung menjadi memiliki suara yang serak, dehidrasi dan bisa membuat pleci ahanya ngeriwik saja
  7. Ketika pleci di jemur siapkan beberapa makanan untuk di konsumsinya seperti nekstar/ air madu/ air gula,lalu simpan di tempat cepuk pakan khusus
  8. Dan selesai di jemur, pleci di berikan jangkrik ( daging jangkrik ) yang sudah di buang bagian kaki, kepalanya
  9. Ganti air minum dan voernya jika sudah kotor

Lihat Juga : Jenis Pleci yang Bagus untuk Lomba

Harga Pleci Auriventer

Untuk kisaran harga pleci auri bervariatif seperti yang di pengaruhi oleh umur, kualitas, trah, jenis kelamin dan lain sebagainya.

  • Pleci bahan kisaran harga 100.000 – 200.000
  • Pleci gacor kisaran harga 250.000
  • Pleci sudah jadi, kisaran harga 300.000 – 400.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *