Lovebird Paruh Merah

Settingan Lovebird Paruh Merah agar Ngekek Panjang

Posted on

Dalam dunia lovebirdmania, terdapat 2 jenis lovebird yang dibedakan berdasarkan warna paruhnya, seperti lovebird paruh merah dan lovebird paruh putih.

Banyak jenis lovebird paruh merah yang sering menjuarai lomba kicau, dan tentunya di balik itu jenis lovebird paruh merah memiliki kelebihan, dimana burung mudah untuk di pelihara.

Ya, dari kelebihan dalam perawatannya, lovebird paruh merah juga tentunya mudah untuk membuatnya menjadi rajin untuk bunyi.

Cara Merawat Lovebird Paruh Merah

Meskipun lovebird paruh memiliki karakter yang mudah di pelihara, namun jika di pelihara tidak dengan cara yang tepat, maka lovebird tidak akan mampu ngekek dengan durasi panjang.

Lihat Juga : Kelebihan dan kekurangan Lovebird Fighter dan Konslet

Untuk itu, untuk mendukung penampilan suaranya bisa tampil dengan optimal, maka burung perlu di setting rawatan hariannya, seperti :

  • Setiap pagi sekitar jam 05.00 – 06.00 lovebird di simpan di luar rumah untuk mendapatkan udara pagi hari, tapi sebelumnya lovebird di semprot terlebih dahulu bagian dadanya dengan air
  • Setelah terbit matahari, lovebird mulai di mandikan dengan cara di semprot hingga basah kuyup
  • Diamkan lovebird yang sudah di mandikan tersebut hingga basah bulunya kering kembali
  • Ketika bulu lovebird sudah keirng, lalu jemur 1 jam lamanya
  • Setelah itu, angin-anginkan selama 5 sampai 10 menit di tempat teduh setelah di jemur
  • Setelah perawatan tersebut, pada siang hingga sore hari, lovebird di simpan di tempat yang nyaman dan teduh sambil melatih suaranya dengan masterannya sambil mengkrodong sangkarnya

Baca Juga : Cara Membuat Lovebird Bersuara Keras dan Buka Paruh

  • Sekitar jam 15.00, sangkar lovebird di buka krodognya, lalu simpan di luar rumah, sambil di mandikan kembali
  • Angin-anginkan kembali hingga bulunya kering, lalu di jemur. Untuk lama durasi penjemuran sesuaikan saja dengan kondisi burung
  • Pada jam 17.00, sangkar lovebird di krodong, lalu masukan ke dalam rumah

Lihat Juga : Terapi Bambu Gila untuk Lovebird

Lakukan terapi mandi malam untuk lovebird paruh merah, sekitar jam 19.00 – 21.00, setelahnya biarkan burung di angin-anginkan, setelah kering bulunya, masukan ke dalam sangkar, lalu krodong kembali sangkarnya, dan biarkan lovebird istirahat hingga pagi hari.

Demikian penjelasan tentang Settingan Lovebird paruh merah agar ngekek panjang dengan melihat kelebihan dan perawatan yang telah kami sampaikan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *