makanan burung pleci

Makanan Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Jenis-jenisnya

Posted on

Burung Pleci yang memiliki nama latin Zosterops ini merupakan hewan yang biasa hidup di pohon-pohon rindang, Dan biasa hidup secara berkelompok, dengan berbagai macam ratusan burung pleci lainnya. Burung Pleci di kategorikan jenis burung berkemata karena memiliki bentuk mata seperti menggunakan kecamata. 

Awal mulanya Burung pleci biasa di temukan negara bagian asia, seperti Afrika, dan Australia. Namun , untuk di Indonesia itu sendiri memiliki jenis-jenisnya yang ada yang bisa temen-temen kicaumania pelihara.

Dalam melakukan perawatan yang rutin dari pemelihara burung pleci, tentunya  perawatan harian menjadi hal yang harus dilakukan agar burung tersebut mampu memiliki kicauan yang indah sesuai dengan pemilik burung itu sendiri inginkan.

Berbicara tentang makanan, tentunya pakan yang akan di berikan,merupakan pakan yang biasa di konsumsi burung pleci di alam liar. Namun, sebelum menjelaskan tentang makanan burung pleci biasa dikonsumsi, maka temen-temen bisa sekaligus mengetahui jenis-jenis burung pleci yang ada, sehingga jenis pleci yang sedang di pelihara atau yang ingin di belinya sudah tau jenisnya.

Jenis-jenis Burung Pleci

Dari berbagai macam burung pleci yang ada, tentunya ada banyak jenisnya yang di hasilkan oleh asal usul burung itu sendiri dan hal lainnya.

  1. Pleci Dakun Maput

gambar burung pleci dakun maput

Burung pleci maput merupakan jenis burung pleci yang berasal dari kudus, di pulau jawa tengah. Untuk melihat ciri-ciri burung ini , bisa dilihat dari lingkaran mata yang bewarna putih dengan terlihat tegas dan jelas. Dan untuk bulunya memiliki warna kuning ke hijau-hijauan. Dengan ciri kicauan yang terdengar bening dan merdu.

  1. Burung Pleci Sulawesi

gambar burung pleci sulawesi

Nama latin zosterops atrifrons dari burung Pleci Sulawesi ini, sesuai dengan namanya yang berasal dari pulau Sulawesi, dan berbagai macam pulau yang berada di sekitarnya , seperti kepulawan sula dan kepulawan seram.

  1. Burung Pleci black Capperd

gambar burung pleci black capperd

Ciri Fisik dari pleci black Capperd ini memiliki bentuk warna dan fisik yang tidak terlalu beda, akan tetapi Pleci black Capperd memiliki bentuk fisik yang lebih kecil dari Pleci Dakun maput. Namun , untuk ciri kasnya memiliki suara yang ngebas dan juga merdu.

  1. Burung Pleci dakun Macok

gambar burung pleci macok

Burung pleci dakun macok memiliki bentuk fisik yang hampir sama secara keseluruhan dengan pleci dakun makut, akan tetapi untuk mata pleci dakun macok memiliki warna coklat di sekitar kelopak matanya.

  1. Burung Pleci dakun bali

gambar burung pleci dakun bali

Secara fisik, bentuk tubuh dari pleci dakun bali memiliki warna yang benar-benar mirip, akan tetapi bentuk tubuhnya kebih minimalis dari burung pleci dakun maput. Namun , untuk membedakannya bisa di amati dari suara kicauanya yang sekitar terdengar suara ayam alas.

  1. Burung Pleci Auriventer

gambar burung pleci auriventer

Nah, untuk burung pleci yang satu ini merupakan burung pleci yang banyak para pecinta burung pleci. Karena pasalnya jenis burung pleci Auriventer, memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.  Untuk asal usulnya burung ini, berasal dari Kalimantan, riau dan daerah sekitarnya.

Karakteristik kicauan dari pleci Auriventer ini terdengar lebih agresif dan lantang dan inilah alasan yang menjadikan burung jenis ini menjadi incaran para pecinta burung pleci.

  1. Burung Pleci Buxtoni

gambar burung pleci buxtoni

Jenis pleci ini tidak terlalu popular di Indonesia itu sendiri, karena memang untuk yang satu ini sulit untuk ditemukan.

Untuk ciri-ciri dari burung pleci buxtoni ini adalah dengan memiliki warna putih dibagiain dadanya dan memiliki warna kuning ke hijau-hijauan dibagian bulu lainnya.

  1. Burung Pleci Montanus

gambar burung pleci montanus

Burung ini biasa hidup di pegunungan di sekitar pulau jawa , dan untuk ciri-ciri fisiknya antara lain memiliki warna abu-abu di bagian dada dan memiliki warna abu-abu kecoklatan di bagian sayap atas.

Makanan Burung Pleci Agar Cepat Gacor

gambar pakan burung pleci

Selain dari jenis-jenis pleci, akan tetapi untuk merawat burung pleci itu sendiri membutuhkan pakan yang berkualitas, agar nantinya burung tesebut mampu mengeluarkan kicauannya hingga membuatnya menjadi gacor.

  1. Buah-buahan

Tempat favorit dari burung pleci adalah dimana tempat tersebut memiliki pohon dan memiliki daun yang lebat dan juga di mana lokasi tersebut memiliki banyak makanan yang bisa di konsumsi dari buah-buahan. Jadi makanan burung pleci di alam liar yang biasa di konsumsi adalah pakan dari buah-buhan dan jeins makanan lainnya.

Bicara tentang manfaat yang di dapatkan dari buah-buahan tentunya memiliki kandaungan Vitamin yang baik untuk kesehatannya dan mebuatnya menjadi segar bugar. Adapun makanan yang bisa di berikan pada burung pleci antara lain, seperti jeruk, papaya, pisang,  kelengkeng dan juga pisang.

Namun, untuk mendapatkan kualitas terbaik, maka sebaiknya berikan pakan yang masih segar dan membuang sisa makanan bekas sebelumnya yang sudah layu dan tidak segar lagi.

  1. Sayur-sayuran

Tidak terlalu berbeda dari buah-buahan, pakan dari sayuran memiliki kaya akan Vitamin yang baik untuk kesehatan yang baik di berikan pada burung pleci.

Namun , bagaimanapun juga agar bisa mendapatkan kualitas gizi yang baik, maka di usahakan untuk memberikan pakan yang masih segar.

Adapun, makanan yang bisa diberikan pada sayuran, antara lain, seperti brokoli, wortel,tomat, oyong dan sayuran lainnya.

  1. Extra Fooding

 Pakan dari serangga kecil yang biasa di sebut dengan Extra Fooding menjadi salah satu daftar makanan yang dapat membuat burung kicauan menjadi gacor atau rajin untuk berkicau. Selain itu pakank extra Fooding memiliki kandungan protein yang besar dan juga nutrisi penting laininya untuk pertumbuan burung itu sendiri, seperti Ulat hongkong, Ulat Kandang, Belalang dan Kroto. Namun , untuk pemberian ulat hongkong cukup di berikan 1 sampai 2 ekor saja.

Dengan melihat pada penjelasan di atas tersebut, maka sekarang sudah taukan tentang makanan burung pleci dan jenis-jenis burung pleci tersebut dan membuat burung kesayangan anda menjadi rajin berkicau dan juga aktif.

Artikel Terkait