cara melatih burung kacer makan voer

Cara Melatih Kacer Makan Voer dengan Tepat

Posted on

Banyak makanan yang biasa di konsumsi oleh burung kacer, selain pakan dari serangga, buah-buahan dan lain sebagainya.

Voer menjadi salah satu jenis pakan burung kacer yang dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi yang di butuhkan oleh burung.

Namun, tidak semua burung kacer sudah terbiasa mengkonsumsi makanan dari voer, untuk itu jika burung kacer rekan-rekan kicau mania belum terbiasa mengkonsumsi pakan voer, maka perlu dilatih terlebih dahulu secara perlahan dan rutin.

Cara Melatih Burung Kacer Makan Voer

Untuk memulai latihan dalam membiasakan burung kacer dengan voer, maka jangan di berikan secara langsung, voer ke burung, akan tetapi perlu mengenalkan telebih dahulu dengan pakan yang biasa di konsumsi dengan mecampurkannya terlebih dahulu, sehingga burng terbiasa dengan bau dan tekstrur voer.

Baca Juga :  Cara Memilih Voer Burung yang Berkualitas

Untuk melatih kacer mengkonsumi voer, maka bisa mencampur voer dengan pakan harian yang biasa di berikan, agar latihannya bisa dilakukan setiap hari, misalkan mencapurkan voer dengan ulat hongkong atau jangkrik.

Ketika proses melatih kacer terbiasa makan voer, maka setiap pemberian jangkrik dalam keadaan hidup dan tubuh jangkrik tersebut di taburi pakan voer, agar burung sedikit demi sedikit mengkonsumsi voer dan nanti lama kelamaan akan terbiasa.

Setelah burung sudah terbiasa diberikan campuran voer dan jangkrik, maka selanjutnya berikan voer dengan campuran kroto yang diaduk dan jangkrik tanpa kaki dan kepala.

Dan jika sudah terbiasa, maka porsi voer di tambah lebih banyak dari voer dan jangkrik agar pakan jangkrik lebih banyak di konsumsi burung kacer.

Baca Juga : Cara Memandikan dan Menjemur Kacer

Setelah burung kacer terlihat sudah terbiasa dan menikmati voer, maka kicau mania bisa pemberian pakan tersebut bisa di pisahkan tanpa harus di campur dengan jangkrik.

Merk Voer Burung Kacer

Untuk merk voer yang bagus itu rekatif tergantung kebutuhan kicau mania dan bahan-bahan yang terdapat pada voer tersebut.

Lihat Juga : Tips Menjemur Burung Kicau

Karena, untuk beberapa voer ada yang memiliki kandungan protein yang kecil dan juga ada voer yang memiliki kandungan protein yang besar.

Dan pakan tersebut nanti tentunya bisa di seusikan dengan pakan harian yang diberikan seperti jangkrik ulat hingkong, kroto yang di berikan.

Selain itu, perhatikan juga kandungan lemak, karena jika kandungan lemak pada voer terlalu tinggi, maka bisa membuat burung mudah gemuk dan mencret.

Dan yang tepenting lainnya adalah, pastikan voer yang akan di pilih untuk diberikan pada kacer tidak mengandung pewarna buatan, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan karena burung mengkonsumsi voer yang mengandung bahan kimia.

Demikianlah tips kali ini yang kami sampaikan untuk kicau mania Indonesia yang bisa coba untuk menjinakan kacer peliharaanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *