lovebird berdada nyilet

Lovebird Berdada Nyilet ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Lovebird berdada nyilet merupakan suatu persoalan yang mungkin saja terjadi pada lovebird kesayangan rekan-rekan lovebirdmania.

Bagaimana tidak, lovebird yang memiliki dada yang nyilet akan menurunkan kualitas burung itu sendiri yang di tandai dada lovebird yang terlihat lancip dan menonjol, sehingg terasa seperti kulit dan tulang saja.

Selain penampilan fisik yang tidak bagus, lovebird yang berdada nyilet juga bisa membuat kesehatan burung terganggu, karena biasanya lovebird yang berdada nyilet tersebut kurang asupan gizi sehingga kurus.

Selain kurus dari sisi fisiknya, lovebird berdada nyilet juga akan kondisi fisik burung menurun, sehingga burung terlihat kurang bergairah dan kurang aktif karenanya.

Penyabab Lovebird Berdada Nyilet

Setiap lovebird yang memiliki badan yang kurus dan berdada nyilet biasanya di sebabkan oleh sesuatu hal, dan biasanya setiap penyebab lovebird akan berbeda-beda, tergantung perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya.

Lihat Juga : Cara Ternak Lovebird yang Baik dan Benar

Dapatkan Ribuan File Suara Burung Masteran, Pada Kolom Pencarian di bawah ini...!!!! ⬇️⬇️⬇️

Untuk penyebab lovebird berdada nyilet diantaranya :

  • Kebersihan kandang yang kurang terjaga
  • Adanya gangguan kutu
  • Stock Kurang memperhatikan pakan dan air minum ( kurang asupan Gizi )
  • Lovebird kena cacing dan parasit lainnya

Cara Mengatasi Lovebird Berdada Nyilet

lovebird kurus

Gambar Via https://burunglovebird.com/

Untuk mengatasi lovebird yang memiliki dada nyilet atau berbadan kurus tentunya harus mengatahui terlebih dahulu tentang penyebabnya, karena nantinya untuk perawatannya perlu di sesuaikan dengan penyebanya tersebut.

Untuk merawat lovebird berdada nyilet, antaralain:

  1. Obat Khusus

Jika penyebab lovebird disebabkan oleh adanya cacing yang bersarang pada tubuh lovebird, maka solusinya adalah dengan memberikan obat khusus untuk menghilangkan cacing pada tubuh lovebird, atau bisa memberikan kombantrin.

Jika di tubuh lovebird ada cacing, setelah mengkonsumsi obat cacingan tersebut, maka cacing pada tubuh lovebird akan keluar bersama kotorannya.

  1. Bersihkan Sangkar

Jika selama ini, sangkar lovebird kotor yang menyebabkan lovebird berdada nyilet, maka untuk itu pindahkan lovebird ke sangkar yang bersih, atau bersihkan sangar yang biasa di pakai oleh lovebird tersebut.

Dan sebaiknya, biarkan lovebird tersebut sendirian di sangkarnya tersebut, agar burung tidak terganggu sama lovebird lainnya ketika makan dan ketika diam di sangkarnya.

  1. Pengaturan pakan

Untuk mengatur pemberian pakan lovebird berdada nyilet, cukup di berikan pakan dari milet putih dan biji haver, dan untuk pakan lainnya jangan di berikan terlebih dahulu, seperti tidak memberikan jangung muda, kangkung dan pakan lainnya.

  1. Jangan di jemur dan dimandikan

Selama lovebird berdada nyilet, sebaiknya jangan di mandikan terlebih dahulu, karena kondisinya sedang lemah, jika di mandikan dan dijemur dalam kondisi seperti itu, akan memperburuk kondisinya.

  1. Multivitamin

Agar tetap terjaga stamina dan membuat lovebird menjadi segar bugar, berikan multivimin yang bisa di beli di kios burung, cukup banyak berbagai macam merk vitamin burung yang bagus yang bisa kalian pilih untuk lovebird kesayangan anda.

Selain itu, ketika merawat lovebird berdada nyilet, sabaiknya burung jangan sering di pegan, karena bisa membuat kondisinya semakain turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *