gambar lovebird josan
gambar lovebird josan

Lovebird Josan : Karakter, Ciri-ciri dan Cara Memilihnya

Posted on

Dari kalangan pecinta burung lovebird, lovebird yang memiliki warna hijau standar ini cukup di gemari dari kalangan lovebirdmania, karena selain memiliki harga yang murah, lovebird jenis ini sering di ditemukan memiliki suara ngekek yang baik, seperti lovebird kusumo.

Harga lovebird josan tergolong paling murah dari jenis lovebird lainnya, seperti jenis lovebird warna biola yang memiliki harga yang bisa mencapai jutaan rupiah. Sedangkan untuk lovebid josan hijau standar harganya cukup murah yang bisa di beli dengan harga ratusan ribu rupiah.

Salah satu hal yang membuat jenis lovebird hijau standar ini murah harganya, karena jenis lovebird ini tergolong mudah untuk di temukan di pasar burung.

Karakter Lovebird Josan

Sebenarnya, jenis lovebird apapun memiliki prosfek yang baik untuk mengeluarkan suara kicauan yang baik, namun yang sering kicaumania temukan, banyak lovebird josan yang memiliki suara kicauan yang baik dan menjuarai lomba kicauan.

Lovebird josan juga, banyak di percaya mudah untuk di ternakan, dimana karakter lovebird josan tidak sulit untuk memilih pasangan, berbeda halnya dengan lovebird lainnya yang cenderung pemilih untuk memilih pasangannya.

Selain itu, lovebird josan juga sangat pandai untuk merawat anakannya, dan mungkin inilah alasan yang membuat lovebird josan banyak di temukan di pasaran.

Baca Juga: Cara Ternak Lovebird

Ciri-ciri Lovebird Josan

Lovebird josan atau lovebird hijau standar, tentunya warna dominan dari jenis lovebird tersebut memiliki warna hijau.

Selain warna hijau yang terdapat pada bagian punggung dan sayapnya, lovebird ijo standar memiliki ciri fisik lainnya, antara lain :

  • bulu bagian dada dan perutnya memiliki warna kuning
  • bulu lehernya memiliki warna yang kemerahan
  • bagian kepala atasnya memiliki warna yang kehitaman dan ada juga yang tidak memiliki warna hitam, tapi bewarna orange yang kemerahan

Cara Memilih Lovebird Josan

Untuk memilih lovebird ijo standar, sebenarnya tergantung pada kualitas lovebird itu sendiri, dan untuk kemungkinan terbaik, maka sebaiknya membeli lovebird josan dari trah atau keturunan juara, karena anakannya bisa dibilang berkualitas juga.

Lihat Juga : Suara Lovebird Ngekek

Namun, jika ingin membeli dari sumber yang belum terlihat kualitas keturunannya, maka bisa melihat ciri-cirinya, antara lain :

  • burung berani berkicau ketika di ombyokan
  • bola mata burung besar dan bersinar
  • bentuk kepalanya besar
  • fostur tubuh yang besar, karena biasa suaranya terdengar keras
  • bentuk leher padat dan kuat
  • berdiri tegak, leher panjang dan bentuk dada yang lebar
  • burung lincah dan memiliki nafsu makan yang baik

Harga Lovebird Josan

lovebird josan, pada umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis lovebird lainnya, namun jika lovebird josan tersebut memiliki durasi ngekek yang panjang, maka harga jualnya tinggi.

jadi, untuk harga lovebird josan itu sendiri, tergantung pada kualitas, musim, dan lain sebagainya.

untuk saat ini, pada tahun 2020, harga lovebird pada umumnya, hanya sekitar 50.000 – 80.000, walaupun pada tahun sebelumnya, tahun 2018, harganya bisa mencapai 150.000.

jadi, jika ingin membuat lovebird memiliki harga yang tinggi, maka tingkatkan saja kualitas suara ngekeknya, nanti dengan sendirinya, harga jual lovebird josan tersebut dan keturunannya pun akan naik harganya di atas rata-rata harga lovebird josan pada umumnya.

Video Lovebird Josan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *