Cara Mengatasi Kenari Serak

Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Serak Agar Pulih Kembali

Posted on

Burung kenari memiliki kammpuan berkicau yang indah dan merdu, selain itu burung kenari untuk di pelihara cukup mudah, hingga dari dulu sampai sekarang banyak pecinta burung kenari memeliharanya karena kemudahan dalam perawatan dan keindahan suara yang dimiliki burung kenari tersebut.

Dalam setiap perawatan burung kenari memang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga membuatnya gacor, terlebih burung kenari yang dipelihara pada saat masih anakan.

Karena membutuhkan waktu yang cukup lama, maka dalam merawatnya harus selalu bagus, karena ketika burung kenari tiba-tiba serang dan tidak bisa mengeluarkan suara terbaiknya, maka sangat di sayangkan sekali.

Penyebab Kenari Serak

Sebelum mengatasi burung kenari yang serak, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang penyebabnya, karena selain bisa di atasi dengan pencegahan, dan nantinya untuk perawatannya bisa di sesuaikan.

Lihat Juga : Suara Kenari Betina Mp3

  1. Perubahan Cuaca

Hal yang menjadi penyabab kenari serak adalah perubahan cuaca, terutama perubahan cucak dari musim panas ke musim hujan, terlebih lagi perubahan cuaca tersebut di iringi angin kencang, banyak debu dan hal lainnya.

Dengan perubahan cuaca yang ekstream dan di tambah kondisi burung yang kurang fit tentunya dapat mempengaruhi kesehatannya.

Hal yang umum terjadi ketika terjadi perubahan cuaca ekstream tersebut dapat membuat burung kenari menjadi filek dan flu, sehingga suara kenari yang terserang flu dan filek tersebut memiliki suara serak.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kenari Bakalan

Ketika terserang penyakit flu dan filek, burung kenari masih akan tetap berkicau, meskpiun seenaknya ketika berkicau, dan suara yang di keluarkannya tersebut tidak keras, karena terhalang oleh lendir dari flu dan fileks.

  1. Mandi Semprot

Selain faktor cuaca, penyebab burung kenari serak juga bisa di sebabkan oleh mandi semprot, karena airnya masuk ke hidung burung kenari sehingga menyebabkan kenari menjadi flu dan filek.

Dan untuk mencegahnya, sediakan tempat mandi di cepuk yang disediakan di dalam sangkarnya, sehingga burung mandi sendiri dan tidak di semprot.

Baca Juga : Macam-mana Burung Kenari dari berbagai Jenisnya

Cara Mengobati Kenari Serak

Untuk cara mengatasi kenari serak bisa menghentikan terlebih dahulu pemberian oyong dan timun, karena pakan tersebut memiliki getak yang kurang bagus di berikan pada kenari yang sedang mengalami serak.

Selain itu untuk penjemuran di kurangi saja durasinya dari sebelumnya, dan pastikan sangkar burungnya selalu kedaan bersih, dan jika perlu berikan suplementasi untuk mengatasi kenari serak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *