cara merawat burung kenari bakalan

Cara Merawat Burung kenari Bakalan Agar Rajin Berbunyi Gacor

Posted on

Peminat dari burung kenari memang seakan tiada matinya, entah itu di pelihara karena memiliki warna yang indah, tipe fostur hingga peminat kenarimania  kaena tertarik terhadap kualitas nyenyian dari kicuan yang dimiliki oleh burung kenari itu sendiri. 

Namun, apapaun jenis pilihan seseorang dalam memelihara burung kenari tentunya melakukan perawatan yang tepat merupakan cara mengurus burung tesebut, sehingga burung mampu mengeluarkan kualitas kicauan terbaiknya.

Dari beberapa kicau mania, lebih memilik untuk memelihara kenari yang sudah jadi di bandingkan dengan yang masih bakalan atau yang masih anakan, akan tetapi tentunya untuk mendapatkannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dibandingkan memelihara dari anakan dan bisa membelinya dengan harga yang relative murah.

Sudah menjadi kepuasaan tersendiri ketika memeliharra burung kenari yang masih anakan, karena bisa dengan puas melihat perkembang dari hasil perawatan yang telah di lakukan, dan tentunyya ketika hasilnya bisa mencapai ekspetasi yang sesuai dengan harapan pemiliknya.

Namun , memang yang namanya burung kicauan tentunya, entah itu burung kenari atau burung kicauan lainnya, untuk mendapatkan kualitas kicauan yang baik membutuhkan perawatan yang tidak sedikit, perlu waktu dan proses panjang untuk meraih kicuan terbaik dari burung kenari.

Cara Merawat Burung kenari Bakalan Agar Rajin Berbunyi

Dalam setiap perawatan yang di lakukan pada burung kenari memang harus di bedakan dengan kondisi burung itu sendiri, misalkan perawatan burung yang diakukan pada saat ia mabung, saat diternakan dan juga saat burung kenari masih anakan yang akan kita bahas kali ini.

Baca Juga : Cara Ternak Burung kenari

Secara umum memang tidak terlalu jauh untuk perawatannya, seperti memaster burung, pemberian pakan, dan perawatan harian. Namun , karena burung kenari yang akan di pelihara masih bakalan, maka kita bisa seting antara perawatan yang akan dilakukan, agar burung tersebut rajin untuk berkicau.

  1. Pengaturan pakan

Pakan yang berkualitas adalah pakan yang diberikan pada burung peliharaan yang memiliki nilai Gizi yang seimbang, sehingga burung kenari tersebut tidak memiliki berat badan yang berlebih dan juga terlalu kurus. Karena dengan pemberian pakan dengan Nilai gizi yang cukup akan membuat burung menjadi aktif dan rajin untuk berkicau tentunya.

Burung kenari merupakan jenis burung menyukai pakan dari jenis biji-bijian, dan sebaiknya berikan pakan dengan porsi yang cukup, sebanyak 1/3 cepuk.

  • Ekstra Fooding

Agar kebutuhan nutrisi tercukupi , maka bisa memberikan pakan dari Ektrafooding, pakan Ektrafooding tersebut bisa diberikan berupa sayur dan juga buah-buahan.

Kupas dan potong menjadi ukuran kecil, antara sayur dan buah-buhan yang telah di siapkan, lalu simpan menggunakan tempat pakan khusus Ektrafooding, di luar tempat pakan dari biji-bijian.

download suara burung

  • Putih Telur Rebus

Pakan dari putih telur yang di rebus memiiki kandungan protein yang tinggi, selain itu dapat meningkatkan stamina burung kenari.

Potong putih telur yang sudah di rebus tersebut hingga berukuran kecil, lalu simpan di tempat khusus atau bisa menyimpannya di tempat pakan dari biji-bijian dan berikan pakan tersebut seminggu hanya beberapa kali, sebagai pakan tambahan atau pakan sebagai pengganti dari pakan lainnya.

  • Berikan daun-daunan Hijau

Pakan dari dedaunan hijau sering banyak para kicauamania berikan pada kenari peliharaanya untuk membuat kualitas suaranya menjadi jernih, sehingga suara kicauannya terdengar lepas.

Adapun pakan dari dedaunan hijau yang bisa di berikan pada burung kenari, antara lain, seperti daun krokot, daun mengkudu dan juga daun dewa.

  1. Perawatan Rutin

Dalam perawatan rutin yang dilakukan guna untuk menjaga kesehatan burung dan kebersihan kandang untuk menghindari berbagai macam penyakit yang akan muncul, seperti banyak kutu,tungau, bakteri dan kuman yang menempel pada kandang dan bulu burung.

Mandikan burung secara rutin, dan selanjutnya jemur setelahnya, hingga bulunya menjadi kering kembali, dan sewaktu-waktu bersihkan kandang pada saat memandikan burung.

Karena dengan menjaga kebersihan, maka burung akan menjadi sehat, dan tentunya ketika burung dalam keadaan sakit, maka akan membuatnya malas untuk berkicau dan malas aktif.

  1. Suplementasi

Jika burung masih belum mengeluarkan kicauan terbaiknya, maka anda bisa dengan memberikan suplementasi yang bisa di beli di internet atau di kios burung. Karena bisa jadi, pakan yang biasa di berikan masih kurang untuk burung itu sendiri, sehingga membuatnya masih malas untuk berkicau.

  1. Memaster Burung kenari

Memaster burung kenari, tentunya harus dilakukan, karena dengan melakukannya, maka burung di harapkan dapat bisa menirukannya seperti suara masteran yang di perdengarkan.

Untuk melakukan masteran , bisa dilakukan dengan menggunakan burung langsung yang di perdengarkan, atau bisa juga menggunakanMp3 yang di putar melalui handphone.

Untuk, melakukan masterannya, maka bisa dengan mendownload suara burung kenari dan juga cara memaster burung kicauan pada link tersebut.

Namun , jika kalian memiliki uang lebih , maka bisa dengan membeli beberapa burung kenari , agar burung kenari rajin  berkicau agar saing bersautan atau bisa juga membeli burung kenari yang sudah gacor untuk membuat anakan yang sedang di rawat bisa menirukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *