burung kenari macet bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi

Posted on

Perubahan dalam merawat burung kenari membutuhkan waktu yang tepat untuk dilakukan, dengan melihat berbagai macam kondisi dari burung kenari itu sendiri, seperti melakukan perawatan burung kenari ketika macet bunyi.

Macet bunyi merupakan salah satu kondisi ketika burung yang tadinya berkicau dengan rajin, dan bahkan memiliki kemampuan berkicau dengan sangat baik, namun secara tiba-tiba burung kenari gacor tersebut menjadi jarang untuk berkicau dan bahkan tidak berkicau dalam waktu yang lama.

Dari sekian waktu yang cukup lama untuk membuatnya menjadi rajin untuk berkicau, terlebih burung tersebut di pelihara ketika masih anakan, dimana waktu yang di butuhkan lebih lama dibandingkan membeli burung kenari yang sudah dewasa dan gacor. Namun sewaktu-waktu burung menjadi macet bunyi merupakan hal sangat di sayangkan.

Dalam melihat waktu yang di butuhkan untuk membuat burung menjadi gacor cukup lama, maka sangat di sayangkan sekali, ketika burung sudah tampil gacor maksimal, burung menjadi pendiam dan dalam hal ini tentunya jika di diamkan terlalu lama tanpa mengembalikan performa terbaiknya kembali maka kualitas burung akan menurun, dan membutuhkan perawatan khusus untuk mengembalikan kesehatan fisik dan mentalnya.

Penyebab Burung kenari Macet Bunyi

Banyak hal yang membuat burung gacor menjadi mendadak macet bunyi, namun pada padarnya ketika burung sedang mengalami mabung atau sedang sakit, maka otomatis akan membuatnya jarang untuk berkicau dan jarang untuk aktif. Jika, penyebabnya hal tersebut adalah sakit atau sedang mabung, maka yang harus dilakukan adalah dengan cara menunggu proses mabungnya selesai atau dengan menunggu burung menjadi sehat kembali, karena ketika proses mabung dan burung sudah sehat kembali, maka akan membuat burung kenari rajin berkicau kembali.

Namun , jika bukan hal tersebut penyebab burung kenari macet bunyi bukan di sebabkan dari hal di atas, maka kemungkinannya seperti pada penjelasan di bawah ini, yakni :

  • Kegemukan atau obesitas
  • Sangkar jatuh dan membuat burung menjadi kaget hingga stress
  • Di ganggu hewan predator sehingga menjadi terganggu atau trauma
  • Burung sedang stress
  • Sangkar baru yang masih bau cat bisa membuat kenari macet bunyi

Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi

Adapun untuk mengatasi burung yang sedang macet bunyi, maka hal yang penting harus dilakukan adalah jangan memaksakannya untuk berkicau, namun sebaiknya berikan waktu untuk burung kenari menenangkan dirinya, sehingga burung akan merasa nyaman dan lambat laun burung kenari siap dan mau untuk berkicau karena sudah pulih kembali.

Lihat Juga :

  1. Isolasi Burung kenari

Memberikan kenyamanan pada kenari yang sedang mengalami macet bunyi akan membantu dalam proses terapi dalam mengembalikan burung menjadi rajin untuk berkicau kembali. Jauhkan kenari tersebut dari suara burung yang memiliki Volume yang kencang karena burung bisa tidak nyaman karenanya.

Sebisa mungkin burung di simpan di tempat yang sunyi dan nyaman, dan jauh dari gangguan yang dapat membuat kenari menjadi tidak nyaman ketika di simpan di tempat yang sunyi tersebut.

  1. Berikan Pakan Yang Berkualitas

Untuk mengembalikan burung kenari yang macet bunyi, bisa dengan memberikan pakan yang bergizi, dan usakan pakan yang diberikan tersebut memiliki Gizi lebih baik dari sebelumnya, untuk mendorong burung kenari lebih cepat pulih kembali.

Pakan yang bisa di beirkan pada burung kenari antara lain, seperti dari sayur-sayuran , buah-buahan, biji-bijian atau juga bisa di berikan pakan dari serangga kecil.

Pakan tersebut diberikan setiap harinya secara bergantian atau di Mix, agar kebutuhan gizinya dapat tercukupi sehingga burung dapat gacor kembali.

Pakan yang bisa di berikan pada burung kenari yang sedang mabung antara lain ;

  • Sawi
  • Brokoli
  • Krokot
  • Daun gingseng
  • Mengkudu

Untuk memberikan energy yang cukup banyak pada burung kenari, maka kenari berikan pakan dari buah apel setiap harinya, dna untuk mendorong birahinya menjadi naik, berikan jagung muda segar. Karena ketika birahinya cukup stabil dan juga memiliki stamina yang cukup, maka burung memiliki energy dan terdorong untuk mau berkicau kembali.

Selain itu untuk memberikan pakan dari serangga, bisa di berikan pakan dari kroto, rayap , laron dan lain sebagainya. Karena pakan dari sarangga tersebut kaya akan protein yang baik untuk membuat burung menjadi naik birahinya dan juga dapat memberikan asupan energy pada burung.

  1. Perawatan harian kenari Macet Bunyi

Perawatan burung kenari macet bunyi dengan merubahnya perawatan harian lainnya, seperti melakukan pengembuanan, memandikan dan juga menjemurnya.

Lakukan pada pagi hari untuk pengembunan, lalu mandikan yang bisa dilakukan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari, pada pagi dan sore hari dan untuk menjemurnya bisa dilakukan pada pagi hari selama 2 jam saja.

Ada beberapa kicaumania yang menghindari untuk memandikan burung knari  yang sedang macet bunyi, karena beranggapan dapat menurunkan birahinya.

Jadi untuk memandikannya, bisa di sesuaikan dengan kondisi burung, jika tidak ingin memandikannya, maka sebaiknya tidak usah di mandikan, dan madikan ketika sudah mulai pulih kembali.

  1. Berikan Suplemen atau Multivitamin

Jika merasa dalam pemberian pakan hariannya masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi pada kenari yang macet bunyi, maka bisa memberikan asupan tambahan dari suplementasi atau Vitamin untuk membuat proses macet bunyinya cepat selesai.