cara melatih nafas lovebird panjang

Cara Meningkatkan kekuatan Nafas Lovebird Agar Mampu Ngekek Panjang

Posted on

Burung lovebird memiliki keunggulan tersendiri yang menjadikan para pecintanya ingin memilikinya dan mengoptimalkan kemampuan burung lovebird itu sendiri.

Burung lovebird memiliki warna dan jenis yang banyak sekali, seperti lovebird untuk kontes warna atau juga lovebird jenis durasi ngekek.

Kali ini admin Kicaumania.net akan membagikan tentang cara meningkatkan kekuatan nafas burung lovebird agar ketika berkicau dapat ngekek panjang.

Suara ngekek yang dapat di keluarkan oleh burung lakbet memang menjadi salah satu tujuan bagi sebagian besar pemilik lovebird, karena dengan memiliki suara ngekek yang panjang, maka akan membuat harga lovebird menjadi mahal.

Misalkan anda membeli lovebird anakan seharga 200.000 warna ijo standar, pastel kuning atau warna lainnya yang memiliki harga murah, namun ketika memiliki suara ngekek panjang dalam durasi yang lama maka harga burung menjadi mahal hingga berjuta-juta.

Mungkin sebagian dari kicauamania sudah mengetahui Lovebird yang cukup terkenal di kalangan lovebirdmania yang memiliki harga yang sangat mahal, seperti lovebird kusumo, lovebird roro dan juga lovebird merdeka yang memiliki suara ngekek yang panjang dan sering menjuarai lomba kicauan, apalagi lovebird kusumo yang memiliki harga sebesar 2 miliar , namun sayangnya lovebird tersebut sudah mati dan di awetkan oleh pemiliknya.

Nah, bagi para pecinta lovebirdmania tentunya menjadi peluang yang besar untuk setting burung memiliki suara ngekek yang panjang dengan melakukan beberapa latihan yang perlu di terapkan pada lovebird kesayangannya.

Cara Meningkatkan kekuatan Nafas Lovebird

Pada dasarnya untuk melatih nafas menjadi lebih panjang dan tahan lama, tidak jauh berbeda seperti manusia, untuk membuat nafas menjadi panjang, manusia perlu olahraga yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan pernafasannya, seperti berlari,latihan tenaga dalam dan olaraga lainnya. Begitu juga dengan burung, karena burung memiliki kemampuan terbatas untuk melakukan aktifitas yang dapat meningkatkan kemampuan bernafasnya menjadi panjang, karena mengingat burung tersebut di pelihara di dalam sangkar, bukan di alam liar yang dimana burung akan sering terbang kesana kemari.

  1. Terapi Mandi Basah Kuyup

Mandi merupakan aktifitas yang sering di lakukan oleh pemilik burung terhadap burung lovebird peliharaannya, namun dari setiap burung untuk memandikannya berbeda-beda, ada yang memandikan sehari 2 kali, sehari sekali, sekali seminggu, dan ada juga yang tidak memandikan oleh pemiliknya, hanya menyimpan tempat mandi dan membiarkan burung lakbet mandi sendiri semauanya, tanpa dibantu oleh pemiliknya.

Manfaat mandi basah kuyup pada lovebird dengan cara menyemprotkan atau cara lainnya, bisa meningkatkan nafas burung itu sendiri. Hal ini bisa dilakukan bagi yang biasa memandikan burung dengan menggunakan sprey. Semprot lovebird dengan menggunakan sprey, dan atur sedemikian rupa supaya semprotan halus seperti embun, agar tidak menyakitinya ketika semprotannya tidak halus.

  1. Terapi Renang Lovebird

 Salah satu tujuan renang pada lovebird ini juga adalah untuk membuat bulu dan tubuhnya menjadi basah kuyup, selain itu dengan terapi renang ini juga dapat melatih nafas, otot tubuhnya.

Sediakan bak kecil, bisa ember atau baskom yang cukup dengan ukuran tubuh lovebird, dan masukan air setinggi leher lovebird, agar ketika burung di masukan kedalam ember tersebut, tinggi airnya setinggi lehernya.

Lakukan cara ini selama 5 sampai 10 menit saja, sesuaikan dengan kondisi tubuh burung, jika tubuh burung sudah basah kuyup ketika renang selama 3 menit, maka angkat saja burung tersebut. Namun , sebelum melakukan terapi renang, sebaiknya semprot terlebih dahulu lovebird dengan menggunakan air yang akan dijadikannya tempat renang tersebut, agar suhu tubuhnya tidak terlalu cepat berubah, karena bisa membuat tubuhnya stress atau kaget jika langsung memasukan kedalam baskom yang di isi dengan air.

Lakukan cara tersebut pada pagi hari ketika matahari sudah mulai terbit, karena mengingat, setelah dimandikan tersebut, burung akan di jemur untuk mengembalikan bulu burung menjadi kering kembali setelah melakukan terapi renang, dan setelah itu simpan burung di tempat sejuk atau bisa mengkrodongnya agar bisa beristirahat dengan cukup.

Karena cara ini cukup menguras energy burung, maka cukup melakukannya sebanyak 2 kali dalam seminggu, sehingga burung tidak mengalami kelelahan.

  1. Terapi Umbaran Lovebird

Untuk melatih kemampuan nafas, maka dengan menggunakan terapi umbaran tersebut untuk melatih fisinya, dimana ketika burung di simpan di kandang umbaran, maka akan membuatnya menjadi terbang kesana kemari, aktifitas tersebut tentunya dapat membuat otot sayap, leher dan tubuh lainnya, terutama nafasnya menjadi terlatih, sehingga burung memiliki kemampuan bernafas yang lebih meningkat karenanya.

Terapi umbaran juga sangat cocok dilakukan untuk lovebird yang memiliki berat badan yang kegemukan, dimana jika burung terlalu gemuk akan sering terlihat banyak diam dan jarang berkicau. Dengan melakukan terapi umbaran, maka burung bisa banyak melakukan aktifitas, termasuk dapat menurunkan berat badannya dengan cara membakar lemak dari aktifitas yang dilakukan lovebird di kandang umbaran, sehingga nantinya burung akan terlihat bugar , aktif dan rajin berkicau.

  1. Terapi Sauna

Terapi sauna memiliki manfaat untuk memanjangkan nafas lovebird, dimana untuk melakukannya burung yang didalam sangkar,dalam keadaan di krodong di bawah sinar matahari. Namun ,krodong yang digunakan tersebut dalam keadaan basah, agar dapat menghasilkan uap hangat dan lembab kedalam sangkar burung yang sedang di jemur tersebut.

Selain krodong yang dibasahi terlebih dahulu agar menghasilkan uap pada sangkar, akan tetapi lovebird juga di semprot terlebih dahulu dengan sedikit air, untuk menghindari dehidrasi.

Lakukan cara ini cukup beberapa menit saja untuk pertama kali , dan jika sudah terbiasa, maka tingkatkan kembali durasinya lebih lama dari sebelumnya. Namun, pastikan terlebih dahulu, lovebird dalam keadaan sehat optimal ketika melakukannya, karena cara ini cukup menguras energynya dan itupun ,cukup dilakukan sebanyak 1 sampai 2 kali saja dalam perminggunya, agar lovebird tidak mengalami kelelahan.

Demikianlah cara memanjangkan nafas lovebird agar mampu berkicau ngekek panjang, sehingga burung memiliki kemampuan berkicau dengan durasi panjang.

Namun , sebaiknya dalam melakukannya jangan di campur adukan satu sama lainnya, misalkan dalam seminggu melakukan terapi sauna dengan terapi renang. Akan tetapi lakukan saja satu persatu, misalkan melakukan terapi renang dilakukan 4 kali dalam 2 minggu. Dan untuk minggu selanjutnya lakukan terapi lainnya, dan cari terlebih dahulu dengan melakukan cara lainnya secara bergantian, untuk mencari terapi mana yang cocok untuk lovebird anda, karena mengingat setiap burung memiliki fisik dan mental yang berbeda-beda yang perlu di sesuaikan.

Untuk memulai melakukan terapi, maka lihat dulu kondisi burung dan menyesuaikan dengan jenis terapi yang akan di pilih, jika salah satu di anggap belum mampu dilakukan oleh burung anda,maka bisa memulainnya dengan cara lainnya, misalkan cukup dengan memandikannya hingga basah kuyup terlebih dahulu, lalu setelah itu di tingkatkan dengan cara lainnya.