manfaat kroto untuk murai batu

Manfaat Kroto untuk Murai Batu

Posted on

Kroto merupakan salah satu pakan yang sering diberikan oleh pemilik murai batu untuk burung peliharaannya tersebut.

Pemberian kroto pada murai batu tentunya memiliki alasan tersendiri, karena dari kandungan kroto itu sendiri rendah lemak dan tinggi akan protein, sehingga cocok diberikan pada murai batu sehingga bisa menghindari burung mengalami kegemukan.

Menurut penelitian, dalam 100 gram kroto memiliki kandungan lemak 2,6 gram, dan 8,2 gram kandungan protein.

Selain kandungan gizi pada kroto, ada juga kandungan lainnya yang bagus untuk murai batu seperti kandungan niacin, zat bei, vitamin B2, Vitamin B1 dan juga kalsium.

Lihat Juga : Murai Batu Lambat Panas ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Manfaat Kroto untuk Burung Murai

Dengan kandungan gizi pada kroto tentunya dapat berefek baik jika diberikan pada murai batu, seperti menjaga kesehatan burung dan membuat murai batu menjadi rajin bunyi. Dan untuk manfaat lainnya, diantaranya :

  • Jika kroto diberikan pada murai batu bisa membuat burung menjadi rajin bunyi, aktif dan tubuhnya menjadi fit
  • Jika diberikan pada murai batu anakan/torol/muda itu sangat bagus untuk perkembangan otaknya, sehingga ketika mendengarkan suara burung masterannya akan lebih cepat, dan membuatnya menjadi cerdas

Lihat Juga : Ciri-ciri Murai Batu Kurang Birahi dan Cara Mengatasinya

  • Murai batu dalam keadaan kurang fit, stres dan malas bunyi yang di tandai dengan bulunya yang selalu mengembang, dengan diberikan kroto, bisa mengatasi persoalan tersebut dan cepat pulih kembali
  • Kroto juga bagus diberikan pada murai batu yang sedang berlatih makan voer, dengan mencampurkan voer ke kroto, sehingga nantinya burung mau makan voer dengan relatif cepat

Murai batu merupakan burung yang atraktif, terutama ketika sedang berhadapan dengan lawannya, sehingga stamina burung akan cepat turun, untuk itu pemberian kroto sangat di anjurkan, sehingga aktifitas murai batu tersebut bisa selalu dalam keadaan prima.

Lihat Juga : Manfaat dan Cara Melakukan Mandi Malam untuk Murai Batu

Dalam pemberian ekstrafooding seperti kroto, tentunya perlu takaran yang cukup untuk menghindari burung menjadi over birahi, dan pemberian kroto ini cocok diberikan pada murai batu yang gampang emosian, karena kandungan air pada kroto sedikit, tidak sebanyak ulat hongkong yang cenderung memiliki efek panas yang dapat meningkatkan tensi murai batu.

Pastikan juga, kroto yang diberikan dalam keadaan bagus, karena jika krotonya berubah warnanya dan sudah berbau busuk, bisa berakibat pada kesehatan burung seperti adanya gangguan tenggorokan dan pencernaan.

Demikianlah penjelasan kali ini seputar manfaat kroto untuk murai batu sehingga murai batu memiliki kesehatan yang baik, akitf dan rajin berkicau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *