murai batu mandi di malam hari

Manfaat dan Cara Melakukan Mandi Malam untuk Murai Batu

Posted on

Penggemar murai batu di kalangan pecinta burung Indonesia banyak sekali, mulai dari menyukai penampilan fisik dan kualitas suaranya.

Ya, dari suara dan penampilan fisik murai batu menjadi daya tarik tersendiri untuk di pelihara.

Dari pecinta murai batu untuk untuk lomba tentunya, ingin mendapatkan kualitas suara murai batu yang bagus, ada banyak faktor untuk di terapkan dalam perawatannya, seperti mengatur makanan, mandi, jemur dan lain sebagainya, termasuk melakukan terapi murai batu dengan memandikannya pada saat malam hari.

Dalam memandikan murai batu pada malam hari memang sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah, karena dengan memandikan murai batu di malam hari dapat meningkatkan kemampuan berkicaunnya.

Manfaat Mandi Malam untuk Murai Batu

Ada beberapa manfaat yang di dapatkan ketika rutin memandikan murai batu pada malam hari,dan untuk anda yang tertarik untuk melakukannya, yuk ketahui terlebih dahulu manfaatnya.

Lihat Juga : Masteran Murai Batu Mp3 Full Isian

  1. Menurunkan Birahi

Birahi murai batu naik bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti memberikan Ekstrafooding, jemur dan lain sebagainya.

Dan jika penjemuran sudah di kurangi atau pemberian ekstrafooding sudah di kurangi, namun murai batu masih tinggi birahinya, maka bisa memandikannya di malam hari.

  1. Menstabilkan Birahi

Selain bisa untuk menurunkan birahinya murai batu, dengan memandikannya juga bisa menstabilkan birahinya, sehingga tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah.

  1. Menjadikan Murai Batu Agresif Menjadi Tenang

Murai batu yang terlalu agresif, ketika pada saat lomba akan selalu tidak tenang dan cenderung akan mengejar lawannya di lapangan karena tidak bisa mengontrol emosi, ngeruji dan susah membuatnya menjadi nagen.

Agar murai batu nagen, maka sifat agresifnya perlu untuk di turunkan terlebih dahulu menjadi tenang, dan caranya adalah dengan memandikannya pada malam hari.

  1. Murai Batu Lebih Gacor

Bukan hanya mengatur pakan, jemur , Pengubaran, dan mandi pagi saja, untuk membuat murai batu menjadi gacor, dan jika murai batu peliharaan teman-teman kicaumania.net kurang gacor, maka bisa memandikan terapi mandi malam ini.

Lihat Juga : Cara Memaster Murai Batu

  1. Mengatasi Ngelowo/Ngebatman

Kondisi ngelowo atau ngebatman pada murai batu merupakan suatu kondisi burung yang sangat tidak di inginkan oleh pemilik burung, karena bisa membuat burung menjadi malas bunyi dan banyak diam, dan terkadang ada juga yang menjual murai batu ngelowo dengan harga murah karena kesal dan malas merawatnya.

Untuk itu, terapi mandi malam perlu di lakukan untuk membantu memulihkan kondisi urai batu ke performa terbaiknya.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Murai Batu Ngelowo/Ngebatman

  1. Menjikan Murai Batu Liar

Murai batu lomba yang masih liar tentunya akan sulit tampil dengan maksimal ketika di arena lomba, karena ramai suara burung, suara manusia dan lainnya.

Dengan memandikan burung pada malam hari bisa dengan sering memandikan pada malam hari, selain membuatnya jinak, burung bisa gacor.

Cara Memandikan Murai Batu Malam Hari

Pada saat sore hari sekitar jam 04.00 – 05.00 burung di simpan di tempat pekarangan rumah dan biarkan burung beristirahat sambil memberikan pakan jangkrik.

Untuk setelan pakannya di sesuaikan saja dengan jumlah yang biasa di konsumsi murai batu.

Pada jam 19.00, masukan murai batu di kandang keramba untuk di mandikan, dan biarkan burung mandi sendiri, dan jika masih tidak mau mandi, murai batu di semprot saja hingga bulunya basah.

Setelah basah bulunya dan biarkan burung di istirahatkan selama 10 menit sambil memberikan beberapa ekor jangkrik.

Setelah beristirahat dan bulunya sudah kering, masukan kembali ke sangkar hariannya, dan simpan murai batu di dalam rumah sambil krodong sangkarnya dan biarkan murai batu beristirahat hingga pagi hari.

Untuk melakukan terapi mandi malam untuk murai batu cukup dilakukan 1 kali dalam seminggu untuk murai batu yang sudah mapan.

Demikianlah penjelasan kali ini yang kami sampaikan seputar Manfaat dan Cara Melakukan Mandi Malam untuk Murai Batu agar burung memiliki performa terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *