kelebihan murai batu balak

Kelebihan Murai Batu Balak 2, 4, 6, 8 dan Asal Usulnya

Posted on

Murai batu terkenal memiliki ekor yang panjang, dan di antara dari jenis murai batu tertentu memiliki warna ekor putih ( white taile ), dan murai batu berekor hitam ( black taile ).

Selain itu, ada murai batu lainnya yang memiliki ekor yang bewarna hitam dan putih, yang biasa di sebut dengan murai batu balak.

Hal yang menjadi daya tarik dari murai batu ekor balak adalah suara kicauannya, di mana menurut informasi yang beredar, murai batu tersebut dapat mengeluarkan suara melengking tembus dan memiliki banyak variasi suara kicauan.

Asal Usul Murai Batu Balak

Murai batu balak asal mula hasil kawin dari jenis murai batu ekor hitam ( blacktaile ) dan murai batu ekor putih ( whitetile ), entah itu kawin silang yang dilakukan secara sengaja oleh penangkar murai batu atau hasil kawin silang yang dilakukan oleh burung itu sendiri secara alami di alam liar.

Misalkan murai batu ekor putih/whitetile secara alami bermigrasi ke habitat murai batu ekor hitam/blacktail ke pulau nias dan melakukan kawin, dan menghasilkan anakan murai batu balak.Atau bisa saja terjadi secara sebaliknya.

Baca Juga : Cara Agar Ekor Murai Batu Bertambah Panjang

Ekor Utama dan Ekor Penyangga Murai Batu

 Bicara tentang ekor murai batu, terdapat 2 jenis ekor murai batu, seperti ekor utama dan ekor penyangga.

  1. Ekor Utama : ekor utama merupakan ekor yang paling panjang dari ekor lainnya, yang terletak pada bagian tengah/atas bagian ekornya
  2. Ekor Penyangga : ekor penyangga murai batu terletak pada bagian bawah ekor dengan ukuran paling pendek dari ekor lainnya dan memiliki fungsi sebagai penahan atau penyangga ekor utama

Lihat Juga : Suara Murai Batu Full Isian

Jenis Ekor Murai Batu Balak

  1. Balak 2

Terdapat 2 warna bulu, hitam dan putih pada bagian ekor penyangga

  1. Balak 4

Memiliki 4 helai bulu penyangga yang bewarna hitam dan putih

  1. Balak 6

Paduan Warna bulu hitam dan putih pada ekor penyangganya terdapat 6 helai bulu

  1. Balak 8

Bulu penyangga ekornya terdapat paduan warna hitam dan putih sebanyak 8 helai

Lihat Juga : Jenis penyakit murai batu dan cara mengatasinya

Asal usul murai batu balak memang beragam, seperti yang dilakukan oleh campur tangan manusia dengan mengkawinkan murai batu ekor putih dan murai batu ekor hitam dan bisa juga terjadi secara alami oleh alam, seperti murai batu aceh yang sebagian besarnya memiliki ekor putih, kadang ditemukan ekor hitam dan juga murai batu aceh yang memiliki pola ekor balak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *