cara merawat murai batu untuk lomba

√ Cara Merawat Burung Murai Batu Untuk Lomba Agar Gacor Maksimal

Posted on

Mengikuti lomba kicauan bisa di bilang Final dari melakukan perawatan burung murai batu harian yang telah di lakukan setiap harinya, apakah suara kicuan dan perawatan yang sudah dilakukan bisa mendatangkan hasil yang terbaik yang bisa dikaluarkan oleh burung murai batu ketika di ikut lombakan. 

Hal yang mendebarkan bagi pemilik burung murai batu yang mengikuti lomba kicauan menjadi hal biasa terjadi para pemilik burung yang mengikuti lomba kicauan tersebut, dengan bertanya-tanya di dalam hatinya, apakah bisa burung berkicau dengan baik seperti biasanya atau berkicau lebih baik dari biasanya dan yang di khawatirkan tentunya burung malah berkicau dengan jelek dari biasanya.

Cara merawat murai batu untuk lomba, sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda, dibandingkan dengan perawatan harian yang biasanya dilakukan.

Akan tetapi yang paling penting dalam melakukan perawatan burung tersebut, murai batu memiliki kestabilan birahi dan juga stamina yang sangat baik. Karena kedua hal tersebut mejadi salah satu kunci yang dapat membuat burung murai batu rajin untuk gacor.

Ketika birahi murai batu tidak stabil atau berlebih, maka membuat kicauannya tidak stabil juga yang tidak sesuai dengan keinginan pemilik burung itu sendiri.

Meskipun perawatan harian sudah dilakukan bagi pemilik burung murai batu, akan tetapi terkandang memubat pemilik burung masih tetap ingin sekali memastikan, apakah burung tersebut sudah siap atau bisa berkicau dengan baik apa belum.

Untuk memastikan burung benar-benar siap untuk di ikut lombakan, maka bisa dengan mempersiapkannya terlebih dahulu dengan melakukan tips di bawah ini.

Cara Merawat Burung Murai Batu Untuk Lomba

Baca Juga : Cara Mengatasi Murai Batu Macet Bunyi

  1. 6 hari Sebelum Lomba

Sebelum lomba menjang 6 hari sebelum mengkuti lomba kicauan, maka sebaiknya Mengisolasi burung tersebut. Pada saat mengisolasi murai batu, maka bisa dengan memberikan kenyamanan agar mental Fighternya menjadi keluar pasca pengisolati selesai dilakukan dan ketika di ikut lombakan, burung menjadi terasa tentantang berkicau karena memiliki waktu 6 hari untuk beristirahat dan membuat mentalnya menjadi baik dan stabil.

  1. 3 menjelang Lomba

Menjelang 3 hari sebelum di ikut lombakan , maka berikan pakan jangkrik, sebanyak 5 ekor pada pagi hari dan sore hari berikan 4 ekor jangkrik.

  1. 2 hari Sebelum Lomba

Untuk durasi lama penjemuran murai batu 2 hari menjelang lomba, maka untuk menjemurnya jangan terlalu lama, sebaiknya jemur murai batu selama 30 menit saja setiap harinya.

  1. 1 jam Sebelum Lomba

1 jam mulai lomba berlangsung, maka mandikan terlebih dahulu murai batu tersebut dan berikan pakan ulat hongkong 4 sampai 7 ekor dan jangkrik sebanyak 3 sampai 5 ekor.

Ketika lomba sudah selesai dan burung akan di turukan dari gantang, berikan 2 ekor jangkrik setelahnya, dan melakukan perawatan lainnya.

Cara Merawat Burung Murai Setelah Ikut Lomba

Ketika burung saat ikut lomba, tentnya akan mengurasi energy dari burung itu sendiri dan untuk mengembalikan energy yang hilang atau karena burung terlalu lama aktif dan berkicau dari biasanya, maka untuk membuatnya menjadi tetap stabil kesehatannya, maka bisa dengan memberikan multivitamin yang di berikan pada air minum yang ada di kandang .

Selain itu, untuk durasi lama penjemuran itu sendiri, sebaiknya jangan terlalu lama, cukup 30 menit setiap harinya selama 3 hari dan setelahnya kembalikan penjemurannya seperti biasanya. Dan pemberian extrafooding bisa di berikan seperti biasa, sebelum setting pola maka berubah sebelum 6 hari sebelum ikut lomba.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *