Settingan Ekstrafooding Murai Batu

Settingan Ekstra Fooding Murai Batu ( Harian, Lomba dan Terapi )

Posted on

Pakan serangga merupakan yang paling di sukai oleh burung murai batu, karena burung yang ini pakan yang disukai oleh burung murai batu ketika di alam liar.

Selain jenis pakan yang disukai oleh murai batu, ekstrafooding dari serangga juga memiliki peranan yang membuat burung murai menjadi rajin berkicau.

Namun, meskipun pakan ekstrafooding dapat membuat burung murai menjadi rajin berkicau, akan tetapi perlu mengatur jumlah yang diberikan.

Settingan Ekstrafooding Burung Murai Batu

Selain mencari settingan yang tepat jumlah yang di berikan pada burung murai batu juga perlu di sesuaikan dengan kondisi burung murai, seperti memberikan Ef untuk harian, persiapan lomba dan juga untuk kebutuhan terapi, seperti murai batu macet bunyi, burung murai mabung, Terapi Murai batu dan lain sebagainya.

  1. Jangkrik untuk Murai Batu

Pada umumnya, banyak dari kicaumania yang memberikan jangkrik sebanyak 5 ekor pada pagi hari dan juga 5 ekor pada sore hari.

Maka itu, untuk mencari jumlah pakan jangkrik yang tepat, maka bisa mencari setingannya terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Meliarkan Murai Batu Jinak

Cara Mencari Settingan Jangkrik Murai Batu

 Untuk mengetahui jumlah jangkrik yang diberikan pada murai batu peliharaan anda, maka bisa mengeceknya terlebih dahulu.

  • Memberikan jangkrik 1 per satu

Pertama berikan 1 ekor jangkrik, jika burung terlihat lahap ketika di berikan hingga jangkrik ke 3 kalinya, maka tinggal di tambah menjadi 4 ekor, namun jika burung terlihat main-main atau tidak terlihat lahap ketika di berikan jangkrik 4 ekor, maka setingannya cukup di berikan 3 ekor saja setiap pemberiannya.

Akan tetapi, cara ini bisa membuat burung menjadi terlalu jinak, manja dan membuat burung kurang fighter.

Note : jika setiap pemberian pakan jangkrik, murai batu mengkonsumsi hanya 4 ekor, maka berikan jangkrik sebanyak 4 ekor pada pagi hari dan 4 ekor ketika sore hari.

Lihat Juga : Cara Mengurasi Birahi Murai Batu

  • Memberikan jangkrik ke cepuknya

 Masukan jangkrik kedalam cepuk pakan yang di sediakan, misalkan memasukan jangkrik sebanyak 5 ekor, lalu lihat, berapa jangkrik yang di makan burung, jika yang di makan burung murai ke 5 ekornya, maka setingan yang cocok untuk burung murai tersebut hanya 5 ekor.

Dan untuk setiap harinya, burung di berikan 5 ekor jangkrik saat pagi hari dan 5 ekor ketika sore hari.

  1. Kroto untuk Murai Batu

Pakan kroto, biasanya di berikan pada pagi hari ketika burung akan di embunkan. Untuk mencari setingan kroto untuk murai batu, maka bisa melihatnya terlebih dahulu seberapa banyak yang harus di berikan.

Pertama-tama, masukan 1 sedok teh kroto ke cepuk pakan khusus untuk kroto, lalu amati, apakah kroto tersebut habis ketika atau malah menyisa.

Baca Juga : Cara Memandikan Murai Batu

Jika, habis krotonya, maka bisa menambahkan hingga 1,5 sendok teh, dan jiga menyisa krotonya, maka tinggal kurangi saja jumlah pemberian kroto tersebut.

  1. EF Persiapan Lomba

H-3 sebelum lomba, murai batu di berikan 10 ekor jangkrik dan 1 jam sebelum lomba murai berlangsung, burung di berikan jangkrik sebanyak 3 – 5 ekor jangkrik dan 4 – 7 ekor ulat, berikan kembali 2 ekor jangkrik ketika burung akan digantang.

Namun, untuk membuat burung murai tampil dengan optimal ketika lomba, maka burung perawatan pendukung lainnya yang bsia anda baca penjelasannya pada artikel lainnya.

Baca Juga : Persiapan Lomba Murai Batu

  1. EF saat Moulting

Untuk kondisi burung murai Ngurak ( perontokan bulu tua ) , maka berikan memberikan voer yang di campur dengan susu bubuk untuk membantu perontokan bulu burung.

Dan ketika burung murai memasuki mabung ( pertumbuhan bulu baru )  sudah terlihat, maka berikan kembali jangkrik, kroto dan pakan sejenis lainnya karena memiliki kandungan protein yang tinggi yang bagus untuk pertumbuhan bulu baru burung.

  1. Porsi EF untuk Menurukan Birahi Murai Batu

Ekstrafooding tetap diberikan, namun untuk porsinya di kurangi setengah atau beberapa ekor sehingga birahinya tidak terlalu tinggi.

Misalkan, burung murai biasa di berikan 10 ekor setiap harinya, maka cukup di berikan 6 ekor saja ketika proses penurunan birahinya stabil kembali.

Baca Juga : Menurunkan Birahi Burung Murai Batu

  1. Porsi Ekstrafooding Burung Murai Macet Bunyi

Berikan jangkrik sebanyak 3 – 5 ekor dan 1 cepuk kroto dan sore hari diberikan kembali kroto sebanyak sendok teh.

Bukan hanya mengatur pakan ekstrafooding saja, untuk memaksimalkan proses mengatasi menjadi lancar parlu terapi lainnya, Lihat Juga : Terapi Murai Batu Malas Bunyi .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *