kenari emosi

Cara Menstabilkan Emosi dan Birahi Burung Kenari Lomba

Posted on

Kestabilan birahi dan emosi burung kenari menjadi hal untuk di miliki oleh kenari lomba, karena dengan stabilnya emosi dan birahi kenari bisa membuat burung menjadi tampil dengan prima.

Kenari memiliki karakter fighter, dimana ketika emosinya dalam keadaan yang berlebihan, maka burung akan cenderung menabrak sangkar karena ingin menyerang kenari lainnya yang ada di dekatnya.

Dan tentunya, ketika kenari berperilaku seperti itu pada saat lomba, burung tidak akan menjadi juara kicau, karena burung jarang untuk berkicau.

Begitu juga ketika birahi kenari tidak stabil, berlebihan atau kekurangan birahi, maka penampilannya tidak bagus.

Cara Stabilkan Emosi Kenari

Emosi yang meluap-luap dan tidak terkontrol pada kenari yang tidak stabil emosinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti memelihara kenari 1 – 3 ekor di rumah, sering mengajak latber atau sering membawa ke tempat lomba sekedar untuk melihat suasana lomba dan melihat kenari lainnya.

Lihat Juga : Kenari Yorkshire: Ciri-ciri, Asal-usul, Kelebihan, Harga, Suara, Pakan, dll

Dengan sering melihat kenari lain, sehingga burung sudah terbiasa ketika melihat kenari lainnya dan juga birahinya menjadi stabil.

Cara Stabilkan Birahi Kenari

Ada 2 jenis birahi yang  perlu di sesuaikan, kenari kurang birahi dan kenari berlebihan kenari, dan untuk perawatannya perlu untuk di sesuaikan, seperti mengatur pakan.

Lihat Juga : Manfaat Binahong untuk Kenari

  1. Kenari Kurang Birahi

Untuk setingan pakan untuk kenari yang mengalami kurang birahi, maka untuk pakannya bisa di berikan pakan biji-bijian canary seed, jewawut, milet putih dan biji-bijian lainnya, pakcoy, buah apel, jagung, telur puyuh dan multivitamin.

Kurang birahi, bisa membuat burung kurang bergairah dan terlihat lemas dan tidak mampu berkicau dengan optimal, terutama pemberian asupan protein sangat bagus untuk membuat birahinya cepat naik.

Lihat Juga : Suara Kenari Gacor Isian Mewah

  1. Kenari Birahi Tinggi

Untuk pakan kenari yang over birahi, cukup berikan milet putih, jewawut, canary seed dan untuk ekstrafoodingnya cukup kdi berikan mentimun dan sawi putih saja.

Dengan mengurangi pakan untuk kenari yang berlebihan birahinya agar birahinya turun hingga stabil, dan ketika sudah stabil birahinya, bisa di tambahkan kebali pakan biji-bijian dan ekstrafoodingnya.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Menstabilkan Emosi dan Birahi Burung Kenari yang kami sampaikan untuk membuat kenari peliharaan anda menjadi tampil dengan optimal ketika saat lomba berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *