bisnis burung

Jenis Burung Peliharaan yang Bagus untuk Bisnis dan Harganya

Posted on

Dari kalangan penghobi burung kicauan di Indonesia tentunya sangat banyak sekali dari berbagai macam jenis burung yang diminati.

Ya, banyak sekali jenis burung yang terkenal di Indoensia, namun tidak semua burung yang ada di pasar Indonesia tidak semua memiliki prosfek yang bagus dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Jika anda yang tertarik dan ingin berbisnis burung kicauan, tentunya anda harus pintar memilih jenis burung mana yang memiliki prosfek yang cerah, sehingga ketika beternak atau memasarkan burung bisa mendapatkan keuntungan karena memiliki nilai jual yang bagus dan memiliki banyak keuntungan tentunya.

Jenis Burung Kicau yang Bagus untuk Bisnis

Setiap burung, memiliki peminat tersendiri, dan memiliki target pasar tersendiri, namun bagi anda yang ingin mendapatkan keuntungan yang besar, tentunya jangan asal pilih, karena ada beberapa jenis burung yang memiliki banyak peminat dan memiliki nilai jual tinggi.

Selain memiliki peminat yang beragam, untuk beberapa jenis burung memang memiliki nilai jual yang tidak selalu stabil, dimana harganya sering naik dan turun yang di pengaruhi oleh musim dan lain sebagainya.

Tentunya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis burung tertentu baik Untuk sebagai pertimbangan dalam berbisnis burung kicau, maka berikut adalah jenis burung yang bagus untuk bisnis.

  1. Burung Kenari

persiapan kenari lomba

Burung kenari memiliki minat yang banyak dari kalangan pecinta burung, karena suara yang dapat di keluar burung yang satu ini sangat indah yang menjadikan para penghobi burung ingin memelikinya.

Ada banyak jenis burung kenari yang di gemari, seperti kenari lokal, kenari yorkshire, kenari waterslanger, kenari crested, kenari rusia dan jenis kenari lainnya.

Alasan kenapa harus memilih kenari sebagai bisnis burung, karena burung ini mudah untuk di rawat, namun memiliki suara yang bagus, dan untuk haraganya sendiri memang beragam tergantung jenis dan tergolong lumayan stabil.

Lihat Juga : Jenis Burung Kenari dan Gambarnya & Suara Kenari Mp3

  1. Murai Batu

burung murai batu kurang ngotot

Bicara tentang harga dan peminat dari burung yang satu ini, jangan di tanya lagi, karena memang harganya tergolong stabil dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Selain itu, harga jual murai batu yang sering juara, seperti murai batu ohara calon pembeli ingin menawar burung murai batu yang memiliki namah ohara ini sebesar 3 miliar di tambah 1 mobil robicon.

Namun, pemilik burung murai ini tidak melepas begitu saja dan memilih di pelihara.

Disini kita bisa melihat, jika kita merawat murai batu dan sering menjuarai lomba, maka nilai jualnya sangat menggiurkan, dan meskipun pemilik burung ohara tidak menjual murai batu juara, dan memilih menernakannya, maka anakannya tersebut bisa mencapai  800.000 – 2 juta rupiah untuk 1 anakan murai batu.

Lihat Juga : Jenis Murai Batu & Suara Burung Murai Mp3

  1. Lovebird
gambar lovebird kusumo
gambar lovebird kusumo

Pasar lovebird ada 2 jenis seperti lovebird durasi dan juga lovebird warna.

Untuk jenis lovebird durasi ngekek itu sendiri, sudah banyak contoh lovebird yang sering menjuarai lomba kicau memiliki harga yang sangat mahal.

Sebagai contoh, lovebird kusumo yang sempat di tawar 2,2 miliar, lovebird Fretty seharga 1 miliar, lovebird awe awe 1 milar dan juga banyak sekali lovebird juara lainnya yang memiliki nilai jual yang mahal.

Untuk lovebird warna atau lovebird beauty contes, ada beberapa contoh seperti artis Lucky Hakim yang membeli lovebird Dun Fallow karena keindahan warnanya seharga 280 juta rupiah.

Untuk berbisnis lovebird memang harga pasarannya secara umum naik turun, namun untuk jenis lovebird juara ngekek harga jual belinya tidak terpengaruh, dan memiliki harga yang selalu stabil.

Baca Juga : Penyebab Harga Lovebird Turun & Suara Lovebird Mp3

  1. Burung Kacer

burung kacer ngeruji

Salah satu jenis burung kacer yang terkenal karena prestasinya yang sering menjuarai lomba kicauannya adalah burung kacer yang bernama Lancah Kuning.

Dengan kualitas suara yang bagus dan prestasi yang melimpah, burung kacer Lancah kuning sempat ada yang menawar seharga 60 Juta, namun pemiliknya hanya tertawa, karena sama pemiliknya burung ini akan di jual seharga 188.888.888 Rupiah.

Dengan kualitas suara yang berkualitas dan di tambah prestasi yang bahkan pada awal tahun 2016 bisa mengumpulkan piala sebanyak 50 tropi juara pertama, belum lagi jika di kumpulkan dari tahun 2020 jumlah tropinya sudah ribuan, tentunya harga sebesar itu sangat masuk akal.

Baca Juga : Cara Menjinakan Kacer

  1. Burung Ciblek

gambar ciblek gacor

Kepopuleran burung ciblek bukan untuk lomba, melainkan untuk burung masteran atau guru vocal untuk burung lainnya karena memiliki suara yang bervareatif, jeda rapat, keras dan gacor.

Harga burung ciblek pada umumnya memang tidak terlalu mahal, namun jika suara ciblek yang berkualitas seperti ciblek yang fenomenal seperti ciblek viral memiliki harga jual sebesar 28,5 juta, dan untuk ciblek yang bernama monster memiliki harga sebesar 25 juta.

Dari kedua ciblek ini mungkin jenis ciblek yang memiliki harga jual yang termahal di Indonesia.

Lihat Juga : Suara Burung Ciblek

  1. Burung Paruh Bengkok

harga burung nuri

Pada umumnya, burung paruh bengkok memiliki kepintaran yang lebih baik dibanding dengan burung lainnya, sehingga burung jenis paruh bengkok dapat di latih atraksi tertentu.

Untuk harga standar burung paruh bengkok tergolong mahal, apalagi burung paruh bengkok tersebut memiliki keterampilan atraksi tertentu, maka harga jualnya menjadi 2 kali lebih mahal.

Salah satu yang berhasil berbisnis burung paruh bengkok adalah Bagas Utomo Putro, dimana awalnya iseng memiliki burung paruh bengkok dan di latih atraksi lalu di upload di media social.

Karena respon dari pengguna social media baik, maka munculah ide untuk berbisnis burung paruh dengan menjual burung paruh bengkok yang pintar atraksi hingga mampu menjual burung paruh bengkok dengan omset 72 juta rupiah pertahun.

  1. Burung Merpati

burung merpati balap

Burung merpati memiliki banyak jenis dengan kelebihan dan keurangannya, dan jangan anggap remeh bisnis burung merpati ini, karena untuk jenis burung merpati balap di luar negeri, harganya bisa mencapai 6,7 Miliar dan bahkan bisa mencapai 20 miliar.

Untuk di Indonesia sendiri ada beberapa jenis burung merpati balap yang memiliki harga jual yang tinggi seperti burung merpati yang bernama jayabaya yang memiliki harga 1 Miliar dan burung merpati balap bernama garong yang bisa mencapai harga jual 1,7 Miliar.

Baca Juga : Cara Memilih Burung Merpati Balap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *