cara menjinakan burung kacer

Cara Menjinakan Burung Kacer Bakalan Yang Masih Giras

Posted on

Setiap burung peliharaan memiliki keunikan masing-masing, terutama burung kacer itu sendiri yang susah untuk di jinakan terutama burung hasil tangkapan di alam liar dan juga anakan burung kacer yang belum jinak. 

Banyak para kacermania yang memilih memelihara anakan burung kacer untuk di pelihara, selain memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang sudah di dewasa yang memiliki harga yang rerlatif lebih mahal, dan terkandang ada beberapa para kacermania yang lebih menyukai memeliharanya dari kecil untuk di setting dan menjadikan kicauannya sesuai dari keinginan pemilik itu sendiri, dan tentunya menjadi kepuasaan tersendiri ketika burung berhasil berkicau dengan baik.

Akan , tetapi dalam melakukan perawatan burung kacer anakan memiliki beberapa kendala, dimana burung kacer anakan belum mengkonsumsi makanan dari Voer dan juga belum jinak.

Seperti yang telah kita ketahui, ketika burung peliharaan belum jinak, maka proses perawatan akan terhambat , karena burung tidak bisa bersahabat dengan pemiliknya, yang cenderung menabrak-nabrak kandang dan tidak nyaman berada dalam kandang.

Cara Menjinakan Burung Kacer

Dengan melihat burung kacer sulit untuk di jinakan, adalah dengan membuatnya menjadi jinak terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan lainnya, seperti pemasteran, karena akan sulit untuk di lakukan.

  1. Simpan Di Kandang kecil

Ketika anakan burung kacer yang belum jinak dan masih baru di dimpan di dalam sangkar,maka akan membuatnya tidak bisa diam dan cenderung akan menabrak-nabrak kandang dengan panic. Dengan menggunakan kandang yang kecil dimaksudkan agar burung kacer tidak terlalu banyak gerakan yang menumbruk-nubruk pada kandang yang dapat merusak dirinya sendiri. Dan menekannya agar selalu diam. Dan jika burung sudah mulai banyak diam dibandingkan dari awal di simpan dalam sangkar, maka bisa memindahkan kandangnya yang lebih luas.

  1. Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan pada burung kacer, maka ketika akan di berikan pakan dari jangkrik atau pakan kesukaan lainnya, maka bisa dengan memberikannya langsung menggunakan tangan ke tempat pakan itu sendiri.

Dengan memberikannya langsung menggunkan tangan kedalam wadah pakan, guna untuk memulai pendekatan antara pemilik burung dan burung itu sendiri, dimana ketika ada tangan pemilik burung memasukan makanan kesukaan burung kacer tersebut, maka burung sudah tau bahwa pemiliknya akan memberikan makanan kesukaannya dan perlahan demi perlahan akan mendekat ketika tangan pemilik burung mendekati tempat pakannya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Volume Suara Burung kacer Menjadi kencang

Selain itu untuk pemberian pakan dari Voer sebaiknya jangan terlalu banyak hingga membuatnya terlalu kenyang. Karena jika burung kacer bakalan sering terlalu kenyang akan sulit untuk di jinakan.

  1. Memindahkan Sangkar

Untuk membangun kedekatan buruung kacer dan pemiliknya, maka bisa dengan sering memindahkan sangkar dari satu tempat ke tempat lainnya, agar burung terrbiasa dengan kehadirran pemilik burung tersebut.

  1. Dekatkan dengan Kacer Jinak

Cara menjinakan burung kacer bakalan dengan sederhana tapi efektif adalah dengan cara mendekatkan burung kacer yang sudah jinak. Cara melakukannya adalah dengan memberikan pakan, memberikan siulan dan mengelus kacer dari luar kandang yang sudah jika tersebut, dan biarkan kacer bakalan yang masih belum jinak tesebut melihatnya.

  1. Memandikan

Untuk membuat kacer jinak bisa dengan memandikannya hingga basah kuyup lalu jemur,pada saat di jemur berikan pakan jangkrik langsung menggunakan tangan anda, untuk menjalin kedekatan agar burung menjadi nyaman ketika dekat dengan pemiliknya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *