cara meningkatkan volume suara burung kacer

Penyebab dan Cara Meningkatkan Volume Suara Burung kacer Menjadi kencang

Posted on

Suara kicauan yang kencang yang dikeluarkan oleh burung kacer tentunya akan membuat pemilik burung akan senang karenanya, dan membuat perawatan harian yang dilakukan terasa tidak sia-sia. 

Factor genetika memang menjadi salah satu hal yang membuat burung dapat berkicau dengan memiiki hsuara yang kencang, akan tetapi tanpa melakukan perawatan yang tepat tentunya tidak dapat menghasilkan banyak hal untuk burung kacer itu sendiri.

Jadi, salah satu kunci untuk membuat burung memiiki kuaitas kicauan yang indah adalah dengan memperlakukan burung kacer dengan baik lewat perawatan harian yang diakukan.

Selain faktor genetika, yang menyebabkan burung kacer memiiki suara yang kecil dan tidak kencang seperti burung kacer lainnya, tentunya di pengaruhi oleh berbagai macam hal yang mempengaruhi kualias kicauannya.

Penyebab Suara Burung kacer Tidak Kencang

Mungkin bagi pemiik burung sudah melakukan perawatan secara rutin setiap harinya, akan tetapi justru dari pola perawatan yang dilakukannya tersebut, maka membuat burung kacer memiliki suara yang tidak kencang, dan mungkin inilah salah satu penyebab burung kacer memiliki suara tidak kencang.

  • Menjemur Burung dapat Waktu Berlebihan
  • Burung kacer bersuara kecil bisa di sebabkan oleh hawa panas dari tempat burung di gantang, hawa panas yang di hasilkan tersebut disebabkan menggantang burung di atas genteng seng , dekat dengan outdor AC, Di atas teras yang panas dan di tempat lainnya yang memiiki suhu panas.
  • Vareasi pakan tidak di berikan. untuk menlengkapi kebutuhan gizi, maka burung kacer membutuhkan Mix pakan seperti pemberian Voer, Extrafooding dan pakan lainnya yang biasanya dikonsumsi oleh burung tersebut.
  • Adanya Infeksi atau gangguan penafasan
  • Burung tidak memiliki stamina yang cukup dan cenderung kurang bertenaga

Lihat Juga :  Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Ngobra dan Buka Ekor

Cara Meningkatkan Volume Suara Burung kacer

Dengan melihat beberapa penyebab burung kacer tidak kencang suaranya seperti pada penjeasan yang telah disampaikan di atas, maka untuk mengembaikan suara lantangnya, maka bisa dengan melakukan tips yang akan di sampaikan pada penjeasan di bawah ini, kecuali penyebab tersebut disebabkan dari genetic, dan itu bawaan.

  1. Pengembuanan

Untuk membuat kualitas burung menjadi kencang, maka bisa dengan melakukan pengembunan secara rutin setiap harinya. Selain dapat melatih suara kicauannya karena rajin berkicau pada proses pengembunan, maka akan membuat energy burung kacer menjadi llebih baik.

Pada saat pengembunan, maka bisa dengan memberikan pakan kroto, sebanyak 1 sendok teh.

  1. Melatih di Kandang Umbaran

Untuk membuat kualitas nafas dan fisik burung kacer, maka bisa dengan melepaskan burung kacer ke kandang umbaran, yang bisa dilakukan 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu setelah dimandikan atau pada saat di jemur. Dan lakukan penjemuran seama 1 sampai 2 jam lamanya.

  1. Simpan di Tempat Sejuk

Setelah di mandikan dan di jemur, maka siimpan burung kacer di tempat yang sejuk dan sedikit berangin, karena dengan menyimpannya di tempat seperti itu akan membuat burung menjadi lebih tenang dan rileks.

  1. Menjaga Kebersihan

Mungkin saja, penyebab burung bersuara kecil tersebut di sebabkan oleh ada gangguan pernaasan atau infeksi tenggorokan yang di sebabkan kuman, bakteri atau parasit.

Bakteri dan parasit tersebut bisa saja datang dari kandang yang kotor dan juga bulu burung kacer yang kotor, maka dari itu jagalah kebersihannya, karena pasti sewaktu-waktu, kandang dan burung dalam keadaan kotor yang dapat mengundang penyakit.

  1. Pemberian Pakan

Pemberian pakan bisa saja menjadi penyebab suara burung kacer menjadi kecil. Misalkan pada awalnya burung kacer diberikan pakan Voer A, dan ketika pemiliknya berganti, lalu memberikan pajan Voer B secara tiba-tiba. Maka sebaiknya jika burung tersebut dapat di bei dari orang lain, maka bisa dengan mengikuti pemberian pakan sebelumnya dan secara perahan bisa dengan merubahnya sedikit demi sedikit.

  1. Extra Fooding

Extrfooding merupakan pakan yang sering digunakan para kicau mania untuk membuat burung menjadi gacor. Maka dari itu berikan pakan tambahan tersebut setiap harinya secara bergantian antara satu pakan dengan pakan lainnya, seperti pakan dari jangkrik, kroto, bealang dan lain sebagainya.

  1. Air Minum Besih

Air minum yang kotor menjadi salah satu penyebab yang akan membuat burung terkena infeksi karena air yang di minum sudah tecemari dengan kuman atau bakteri.

Maka dari itu, berikan air minum yang benar-benar bersih, lebih baik air yang sudah masak.

  1. Gurah

Gurah terhadap burung menjadi saah satu cara untuk membuat lendir yang menghalangi tenggorokannya menjadi berkurang atau hilang. Namun , untuk melakukannya cukup beresiko. Akan tetapi sebagai alternative, maka bisa dengan memberikan Suplemen untuk melancarkan organ pernafasan pada burung yang bisa di beli di toko onl ine atau di kios burung dekat rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *