cara merawat burung kacer agar ngobra

√ Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Ngobra dan Buka Ekor

Posted on

Jika teman-teman kicaumania yang memelihara anakan dari burung kacer, tentunya menginginkan burung kacernya tersebut dapat gacor dengan maksimal, terlebih lagi burung tersebut mampu mengeluarkan kemampuan unik lainnya yang menjadi ciri khasnya, seperti ngobra atau juga buka ekor, dan tentunya dengan karakter dari burung tersebut itu, menjadi daya tarik tersendiri ketika orang ingin memeliharanya. 

Memiliki kicauan yang sering diakukan oleh burung kacer peliharaan menjadi hal yang membuat pemiliki burung itu menjadi senang karenanya, akan tetapi jika rajin berkicau tersebut apakah memiliki mental petarung yang baik, terlebih lagi burung kacer tersebut akan di ikut sertakan dalam lomba kicauan.

Ngobra atau buka ekor ketika burung berkicau merupakan saah stu tanda burung kacer memiiki mental yang bagus, terutama diakukan ketika lomba. Namun , terkadang bayak dijumpai ketika lomba , burung kacer hanya gacor saja dan kurang Ngobra atau tidak ngobra sama sekali, dan tentunya akan membuat pemiik burung menjadi merasa kecewa karenanya.

Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Ngobra dan Buka Ekor

Perawatan burung menjadi hal yang harus diakukan agar kacer kesayangan anda bisa berkicau hingga gacor, namun bukan hanya gacor saja, akan tetapi sebagai burung kacer rasanya tidak kumplit jika tidak mengobra ketika berkicau, maka dari itu berikut adah tips merawat burung kacer agar ngobra.

  1. Pengembunan

Pengembunan merupakan hal yang dapat mendatangkan kebaikan pada burung kacer, entah itu untuk membuatnya menjadi ngobra ataupun untuk membuatnya rajin gacor ketika lomba. Karena ketika rajin di embunkan pada pagi hari, maka akan membuat burung memiiki stamina yang baik.

  1. Mengurangi Mandi

Untuk mendorong burung kacer menjadi ngobra, maka bisa dengan mengurangi mandi, yang biasa di lakukan setiap hari maka bisa dengan menguranginya menjadi 1 minggu 4 kali atau 1 kali dalam 2 hari.

  1. Istirahat Yang Cukup

Mungkin saja, burung kacer tidak ngobra karena kurang stamina. Dengan membuatnya istirahat secara penuh pada maam hari maka akan mengembaikan energy.

Simpan burung di tempat biasa dengan mematikan lampu hingga ge;ap atau bisa dengan mengkrodongnya pada maam hari.

  1. Melatih Kicauan

Melatih kicuan yang dimaksudkan disini adaah dengan membuat burung menjadi rajin berkicau dengan mendekatkan burung kacer lainnya di dekat sangkar burung kacer anda, yang bisa diakukan 1 minggu 2 sampai 3 kali, dan ketika sudah mulai ngobra dan buka ekor, maka bisa dengan melakukannya cukup 1 kali dalam 1 sampai 2 minggu.

  1. Terapi Sauna

Untuk melakukan cara ini, tentunya pastikan terlebih dahulu burung dalam keadaan yang memiliki stamina yang Fit, karena akan menguras energynya.Akan tetapi dengan melakukan ini cukup efektif dalam membuat burung mau Ngobra.

Terapi sauna diakukan dengan cara menjemur burung kacer dalam kondisi kandang Full krodong              yang dilakukan pada siang hari dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam. Untuk durasi lamanya, disesuaikan saja dengan kondisi Fisik burung kacer itu sendiri.

  1. Umbaran

Memasukan burung kacer pada kandang umbaran dapat melatih mental dari burung kacer itu sendiri dan membuatnya mau ngobra, selain itu mamasukan burung kacer ke kandang umbaran merupakan saah satu terapi untuk mengembalikan mental kacer yang ngedrop.

  1. Suplementasi

Suplementasi untuk burung kacer memberikan Mutivitamain untuk membuatnya menjadi segar bugar dan sehat setiap harinya dan secara langsung membuat burung memiiki stamina yang baik. Dan juga cocok di berikan pada burung yang agi Ngedrop, ngeriwik dan lain sebagainya.

Banyak pilihan suplementasi untuk burung yang bisa dipilih, seperti multivitamin, penambah testosterone, mineral dan lain sebagainya.

  1. Pakan Tambahan

Dalam pemberian pakan Extrafooding  tentunya menjadi saah satu cara untuk membuat burung kacer mau ngobra dan juga buka ekor, karena memiiki kandungan protein yang banyak. Namun , sebaiknya dalam pemberiannya di sesuaikan saja dan jangan terlalu berebihan dan kurang.

Karena ketika pakan Extrafooding di berikan pada burung secara berebihan akan membuatnya menjadi Over birahi dan juga kurang stamina jika diberikan dalam jumlah yang kurang dan membuatnya menjadi tidak ngobra.

Maka dari itu sesuaikan saja untuk pemberian pakan Extrafooding tersebut, sesuai dengan kondisi burung dengan meperhatikannya, apakah burung tersebut dalam kondisi Over birahi atau kurang bergairah. Dan jika Over birahi makan kurangi pemberian pakan Extrafooding tersebut dan jika kekurangan bergairah, maka bisa dengan menambah pemberian Extrafooding tersebut dari jumah seselumnya.

  1. Krodong pada Siang Hari

Ketika aktifitas dalam perawatan harian sudah dilakukan, maka pada siang hari hingga sore hari, maka sangkar burung di krodong dan simpan di tempat yang sejuk dan juga sedikit berangin untuk membuatnya menjadi rileks dan nyaman untuk terapi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *