cara merawat burung kacer

Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat gacor dan Juga Saat Mabung

Posted on

Temen-temen kicaumnia.net tentunya ingin sekali memiliki burung kacer yang rajin gacor dan juga aktif dan juga sehat tentunya.

Untuk mendapatkan burung yang gacor merupakan cara hal yang banyak pemelihara burung kicauan inginkan, selain indah untuk didengarkan, selain itu ketika di ikut lombakan memiliki banyak peluang untuk menjadikannya juara yang dapat menguntungkan pemilik burung kacer.

Ya, cara merawat burung kacer merupakan langkah yang harus dilakukan oleh pemilik burung, karena dapat memperbesar peluang membuat burung kacer menjadi rajin berbunyi dan sehat.

Mungkin sebagain dari temen-temen kicaumania sudah melakukan tips perawatan burung kacer, namun tidak sedikit yang malah dapat membuat burungnya terlihat malas dan tidak rajin berbunyi, dan tentunya hal tersebut bisa disebabkan karena banyak factor yang akan kita bahas untuk melakukan cara yang benar.

Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor

Ada beberapa hal yang kita akan bahas kali ini untuk merawat burung kacer, seperti merawatnya agar cepat gacor dan juga merawat saat burung kacer mabung.

  1. Memandikan / Menjemur Burung kacer

Memandikan burung kacer, memiliki manfaat yang dapat membantu membutnya menjadi lebih fresh dan membuatnya menjadi aktif dan juga membuatnya lebih sehat.

Untuk melakukan dalam memandikan burung kacer, maka bisa dilakukan pada pagi hari sekitar jam 7 sampai jam 9 pagi. Dan ketika setelah memandikannya bisa dengan cara menjemurnya sampai jam 10 pagi.

  • Menggantangnya diluar rumah dari jam 6.30 sampai jam 7 pagi
  • Memandikannya pada jam 7
  • Menjemurnya hingga jam 10 pagi

Menjemurnya sebaiknya dilakukan pada jam 7 sampai jam 10, karena matahari pada jam tersebut, sangat baik untuk kesehatan burung tersebut.

  1. Membersihkan kandang

Kandang yang kotor dan juga bau dapat membuat burung lebih mudah menjadi sakit, ketika sakit tentunya boro-boro bisa membuat burung berkicau, maka dari itu kebersihan haru tetap terjaga.

Untuk membersihkan kandang atau sangkar burung , maka tinggal sesuaikan saja ketika kandang sudah terlihat kotor. Kotornya kandang burung kacer, bisa disebabkan oleh kotoran burung itu sendiri dan juga disebabkan sisa makanan yang jatuh hingga membuatnya membusuk.

  1. Memaster Suara Burung Kacer

Cara merawat burung kacer agar cepat gacor ini bisa dilakukan dengan cara memasteran burung kacer dengan master burung untuk di tiru oleh kacer peliharaan anda atau menambah materi suara dari burung anda tersebut.

Untuk melakukan pemasteran tersebut, maka sebaiknya lakukan dengan cara melatihnya dengan burung lainnya yang didekatkan dengan burung anda, dengan catatan burung yang dijadikan masteran tersebut, merupakan jenis kacer yang memiliki suara yang lebih baik dari burung anda. Atau anda juga bisa juga dengan melakukan dengan memperdengarkannya dari suara atau mp3 yang si perdengarkan .

  1. Perhatikan makanan

Makanan merupakan perawatan harian yang rutin yang wajib untuk dilakukan, pada artikel lainnya kicau mania bisa memberikan pakan terbaik untuk burung kacer anda, seperti untuk membuatnya menjadi gacor dan juga saat mabung di artikel lainnya terkait , makanan burung kacer agar cepat gacor dan juga saat mabung.

  1. Latihan tanding Suara

Nah, hal ini merupakan cara terbaik untuk dilakukan, agar membuat kacer memiliki mental  yang siap untuk di ikut dilombakan suatu saat.

Dalam melakukan latihan tanding ini memiliki manfaat untuk mental kacer menjadi lebih baik dan membiasakannya menjadi terbiasa di tempat ramai banyak orang dan banyaknya suara burung yang ada. Selain itu dapat melatih suara burung agar rajin berbunyi ketika sudah terbiasa karena burung merasa siap untuk bersaing.

Cara Memilih Burung kacer Untuk lomba

Bagi pemula akan merasa bingung untuk memilih jenis burung kacer untuk dipelihara sehingga cocok untuk di ikut lombanya, maka dari Kriteria di bawah ini bisa di coba untuk dilakukan dilakukan dengan cara yang mudah. Dan anda bisa memulainya dengan memiliki jenis kelamin burung kacer penjantan untuk dipelihara. Dan berikut adalah ciri-ciri burung kacer pejantan dan betina:

  1. Warna bulu Burung Kacer

Untuk membedakan burung kacer pejantan, maka bisa dengan cara melihat dari warna burung tersebut. Burung pejantang memiliki warna bulu yang hitam legam dan sedangkan warna bulu betina memiliki warna yang terlihat pudar.

  1. Paruh Burung Kacer

Pada umumnya, entah itu pejantan atau betina akan memiliki warna yang hitam, antara paruh atas dan bawah dan paruh burung kacer pejantan lebih pendek di bandingkan dengan paruh burung kacer betina.

  1. Lidah Burung Kacer

Untuk membedakan penjantan burung kacer betina dan pejantan, bisa dengan melihat dari lidahnya. Dibagian lidahnya kacer jantan akan memiliki tanda hitam atau blackspot 1 sampai 2 titik.

Nah, berikut adalah penjelasan tentang cara memilih burung kacer untuk lomba. Selanjutnya bisa dengan membaca panduan lainnya tentang cara merawat burung kacer saat mabug pada penjelasan di bawah ini.

Cara Merawat Burung kacer Saat Mabung

Dalam melakukan perawatan burung kacer saat mabung perlu perlakuan yang khusus, sehingga dapat melakukan perawatan tersebut dapat membuat burung saat mabung terjaga kesehatannya dan juga membantu mempercepat saat mabung tersebut.

burung kacer mabung

Bagi pemula tentunya akan merasa khawatir karena burung kacernya menjadi mabung dan membuat bulunya menjadi rontok. Namun hal tersebut merupakan hal yang ilmiah dan yang perlu anda lakukan adalah dengan cara merawatnya yang tepat, seperti pada tips dibawah ini.

Untuk melalukan perawatan, maka dieperlukan dalam memperhatikan, apakah burung tersebut mabung atau lagi akan mabung , berikut adalah cirri-ciri burung kacer mabung :

  • Burung akan terlihat malas dan jarang aktif
  • Jarang mengeluarkan kicauan
  • Bulu semakin hari semakin rontok
  • Dari matanya terlihat malas atau sayup
  • Memiliki nafsu makan yang kurang

 

  1. Perhatikan makanan

Dalam proses pemberian pakan dalam masa mabung bisa dibedakan pada masa tidak mabung. Pemberian pakan ektra fooding bisa diberikan lebih banyak dari sebelumnya, karena kandungan protein dari makanan tersebut memiliki manfaat yang dapat membuat masa mabung menjadi lebih cepat dan membuatnya menjadi lebih berenergy.

  • Jangkrik
  • Kroto
  • Ulat hongkong
  1. Isirahatkan Di krodong

Pada masa mabung, maka burung kacer akan merasa asing dengan apapun dan lebih memilih diam ditempat yang lebih tertutup dari hal yang dapat menganggunya. Dalam pengkrodongan tersebut memiliki manfaat yang dapat membuatnya merasa nyaman pada saat mabung.

  1. Hindari untuk memandikannya

Sebenarnya boleh saja untuk memandikan burung kacer saat mabung, akan tetapi cukup beresiko untuk dilakukan. Maka lebih baik hindarilah untuk memandikan burung kacer saat mabung dan mandikan ketika bulu burung sudah banyak dan mandikan seperti biasa.

  1. Penjemuran

Dalam melakukan penjemuran bisa dilakukan pada saat burung selesai masa mabung tersebut, selain itu dengan melakukan penjemuran memiliki manfaat yang dapat membuatnya bulunya menjadi kering dan lebih mengkilap pada pagi hari dan siang hari.

Nah, bagaimana mudahkan untuk merawat burung kacer Agar cepat gacor dan merawatnya saat mabung yang bisa dilakukan sekarang juga dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *