cara merawat burung kacer saat mabung

Cara Merawat Burung kacer Saat Mabung Agar Cepat Tuntas

Posted on

Fase mabung biasa di dapatkan pada burung kacer,dimana hal tersebut merupakan hal ilmiah yang terjadi pada burung tersebut. Akan tetapi bagi seorang pemula tentunya akan kebingungan ketika menemukan burung kesayangannya tersebut rontok bulunya dan menjadi pertanyaan tersendiri, “ apakah wajar burung kacer mabung atau rontok  ?” .

Cara merawat burung kacer mabung dan dalam kedaan normal tentunya harus berbeda, karena dari setiap perawatan burung apapun jenisnya, termasuk burung kacer ini.

Misalkan melakukan perawatan burung kacer untuk mendorongnya menjadi rajin berkicau dan melakukan perawatan yang rutin untuk membantu mengeluarkan kicauan terbaik dari burung kacer. dan tentunya bagi burung yang sedang mabung tentunya tujuan utama dalam perawatannya tersebut dilakukan untuk menumbuhkan bulunya kembali.

Ciri-ciri burung kacer Mabung

Bagi seorang pemula biasanya akan merasa panic ketika burung kacernya menjadi tersebut dan khawatir burungnya tersebut malah mati karenanya. Akan tetapi sebanarnya dalam perawatan burung kacer, pada Fase mabung merupakan hal yang memiliki nilai positif, dimana dengan proses mabung tersebut dapat meregenerasi bulunya dan mempercantik bulunya tersebut.

Hal-hal biasa terjadi pada saat mabung, burung kacer bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini :

  1. Jarang Aktif

Dalam keadaan normal, burung kacer biasanya akan menjadi aktif untuk bergerak kesana kemari di dalam kandang, namun pada saat mabung, burung kacer akan membuatnya malas-malas dan lebih banyak berdiam diri.

  1. Kicauan

Bukan hanya membuatnya menjadi malas untuk bergerak, burung kacer mabung cenderung malas untuk berkicau.

  1. Bulu Burung

Pada saat mabung, biasanya bulu burung akan berkurang sebanyak sepertiga dari burung itu sendiri.

  1. Warna Bulu

Warna bulu kacer saat mabung terlihat kusam dan tidak rapih dibandingkan burung kacer saat normal yang memiliki warna yang pekat dan mengkilau.

  1. Mata Burung Kacer

Mata burung kacer terlihat lebih sayup atau terlihat malas untuk menatap .

  1. Sensitif

Burung kacer pada saat mabung akan malas dan cenderung takut untuk ketemu dengan manusia dan merasa membuatnya tidak nyaman. Namun, janganlah kualtir, karena hal tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi dan akan normal kembali setelah masa mabung sudah selesai.

  1. Nafsu Makan Berkurang

Pada saat mabung, nafsu burung kacer akan berkurang dan malas untuk menyantap makanan dibandingkan pada saat normal yang cenderung mengkonsumsi makanan.

Selain dari tanda-tanda mabung pada penjelasan di atas, burung kacer juga akan merasa sakit pada tubuhnya , selama masa mabung tersebut. Selain itu proses mabung itu sendiri bisa terjadi selama 2 sampai 3 bulan lamanya, semakin lama tentunya hal tersebut tidak baik bagi kesehatan psikologis burung itu sendiri, maka dari itu penting sekali untuk membantu mempercepat proses mabung pada burung kacer itu sendiri.

Cara Merawat Burung Kacer Mabung yang Tepat

burung kacer mabung

Gambar Burung kacer mabung

Ada beberap hal yang penting yang diperatikan pada tanda-tanda yang telah di sampaikan di atas, agar nantinya pada saat mabung akan tetap membuat burung tersebut menjadi sehat dan membantu proses mabung tersebut menjadi lebih baik dan cepat untuk tumbuh kembali.

  1. Pakan Ekstra Fooding

Cara merawat burung kacer mabung, maka bisa memberikan pakan dari Ekstra Fooding untuk membantu dalam menutrisi tubuh dari burung tersebut, sehingga pertumbuhan bulunya bisa berkembang dengan baik.

Pakan tersebut , maka sebaiknya berikan satu minggu secara full, dengan pemberian pakan Kroto,ulat hongkong,jangkrik dan serangga kecil lainnya. Akan tetapi ketika selesai di berikan pakan dari ekstra Foodingnya tersebut selama 1 minggu, maka ganti dengan pakan lainnya.

Namun, dalam pemberian pakan dari Ektrafooding tersebut, sebaiknya kurangi dari porsi sebelumnya, untuk menghindari burung kacer menjadi birahi dan membuatnya sering berkicau. Dengan meningkatnya birahi burung kacer saat mabung, maka proses mabung akan terhambat dan akan memakan waktu yang lebih lama dari yang seharusnya.

  1. Krodong burung Kacer

Pada saat mabung, burung kacer akan lebih sensitive dan akan malas ketika di dekati oleh manusia dan hal lainnya. Maka dari itu, bisa memberikan privasi yang tertutup dengan mengkrodongkan burung kacer pada saat mabung, sehingga memberikan ruang untuk membuatnya bisa istirahat dengan tenang.

  1. Hindari Untuk memandikan Kacer

Pada saat mabung sebaiknya hindari burung tersebut dimandikan, karena akan membuat bulunya dapat tumbuh dengan baik. Akan tetapi , tunggu hingga bulunya sampai tumbuh, baru mandikan seperti biasanya.

Meskipun ingin memandikan burung kacer saat mabung, maka maksudkan untuk mengilangkan ketombe dan kotoran yang menempel pada tubuh dan bulunya, akan tetapi hal tersebut harus menggunakan shampoo.

  1. Menjemur Burung kacer Mabung

Untuk penjemuran burung kacer saat mabung bisa dilakukan pada jam 11 sampai jam 12 siang untuk membantu membuat bulunya menjadi kering dan juga membuat bulunya menjadi mengkilap.

Namun, jika masa mabung baru selesai maka bisa dengan menjemur burung selama 3 jam , guna untuk meningkatkan birahi dari burung itu sendiri dan membuatnya menjadi lebih bergairah.

Namun, ketika masa mabung sudah selesai, maka lakukan penjemuran seperti biasa selama 1 sampai 2 jam pada pagi hari yang dilakukan pada jam 9 sampai 10 pagi.

Nah, demikianlah cara merawat burung kacer saat mabung . Namun , bagaimanapun bagi seorang pemula sebaiknya jangan khawatir, karena hal tersebut merupakan hal yang ilmiah.

Meskipun mabung merupakan hal yang biasa terjadi pada burung kacer, akan tetapi ada beberapa para kicau mania yang memanipulasi masa mabung tersebut, guna untuk mempercantik bulu burung kacer itu sendiri. Namun , hal tersebut tidak di sarankan , karena biarkan saja tunggu proses mabung itu sendiri terjadi dengan sendirinya.

Artikel Terkait