cara merawat burung cucak cungkok

Cara Merawat Burung Cucak Cungkok Agar Berkicau Ngebeset Tajam

Posted on

Ciri khas kemampuan berkicau dari burung cucak cungkok adalah, dimana suara kicaunnya yang tajam atau ngebeset. Dengan kemampuan suara yang mampu di keluarkan oleh burung tersebut, maka banyak para pecinta burung kicauan memilihara burung ini, karena kicauan khasnya tersebut , bisa digunakan untuk “ guru Vocal “ untuk memaster burung lainnya, seperti burung kacer, murai batu, sirindit dan juga cucak jenggot. Selain itu burung cucak cungkok juga bisa dimaster dengan menggunakan burung lain, seperti sirindit,pancawarna dan burung gereja.

Selain memiliki kelebihan dengan khas suara kicauannya, untuk merawat burung cucak cungkok ini relative mudah, karena karakter burung ini mudah untuk di pelihara oleh manusia.

Cara Merawat Burung Cucak Cungkok

Ketika hidup di alam liar, untuk mendapatkan kualitas terbaik dari burung cucak cungkok, burung tersebut sering mengkonsumsi makanan tertentu yang di sukainya, karena mengingat, makanan yang cukup dengan nilai gizi 4 sehat 5 sempurna , dapat membuat burung memiliki stamina yang baik untuk bisa berkicau dengan optimal dan rajin untuk aktif bergerak.

Makanan yang biasa di konsumsi oleh burung cucak cungkok antara lain, seperti pakan dari buah-buahan, serangga dan nectar.

Dengan mengkonsumsi banyak sumber jenis makanan, tentunya kebutuhan gizi akan cukup untuk terpenuhi, maka dari itu ketika burung itu sendiri di pelihara di penangkaran, maka sebisa mungkin memberikan pakan yang memiliki nilai gizi yang lengkap.

Biasanya para pecinta burung kicauan, sering menggunakan pakan dari voer untuk burung peliharaanya, karena biasanya, pakan dari voer sudah di sesuaikan untuk gizi yang terdapat di dalamnya, sehingga burung dapat terpenuhi kebutuhan Gizinya, seperti kebutuhan protein, karbohidrat,serat, lemak dan lain sebagainya.

Bagi burung cucak cungkok yang belum terbiasa di berikan pakan dari voer, maka usahakan agar burung terbiasa mengkonsumsinya.

Nah, untuk pakan lainnya tetap bisa diberikan, seperti pakan dari buah-buahan,serangga dan juga nekstar. Jika tidak memungkinkan tidak bisa memberikan pakan dari nekstar, maka bisa memberikan larutan air gula cair dan simpan di tempat pakan khusus untuk di santap oleh cucak cungkok.

Adapun pakan yang diberikan untuk cucak cungkok adalah, seperti pisang kapok, buah jeruk, kroto , jangkrik,ulat hongkong dan pakan lainnya.

Adapun untuk perawatan lainnya yang bias dilakukan adalah :

  1. Memandikan Cucak Congkok

Ketika pagi hari sebelum di mandikan, burung di angin-anginkan terlebih dahulu di tempat yang akan di jadikan tempat mandinya pada jam 07.00 pagi, dan ketika jam 07.30, burung baru di mandikan hingga basah kuyup. Memandikan cucak cungkok bisa dengan menyemprotnya, di dalam keramba atau dengan cara lainnya, sesuai dengan kebiasaan burung tersebut.

  1. Kebersihan Kandang dan Pemberian Pakan

Setiap hari kandang di bersihkan saat burung akan mengganti pakan pada pagi hari, menganti air minum,pakan Voer, buah-buahan segar dan memberikan pakan 2 ekor jangkrik. Dan jika memiliki madu, maka pakan dari setiap pemberiannya di olesi sedikit madu ketika diberikan.

Untuk pakan dari kroto, cukup di berikan 2 kali dalam seminggu sebanyak 1 cepuk setiap pemberiannya dan pakan dari ulat hongkong diberikan cukup 2 kali dalam seminggu, dengan porsi 3 sampai 5 ekor setiap pemberiannya.

  1. Penjemuran

Setelah dimandikan pada pagi hari, burung di jemur hingga kering kembali burungnya selama 1 sampai 2 jam lamanya, dan sebaiknya jangan terlalu siang dalam menjemur cucak cungkok dan lakukan penjemurannya mulai dari jam 07.00 sampai jam 11 siang.

Ketika selesai dimandikan, burung di angin-anginkan di tempat yang sejuk selama 10 menit dan setelah itu burung  sangkarnya di krodong.

  1. Krodong dan masteran

Ketika aktifitas memandikan dan menjemur cucak cungkok selesai, maka sangkar burung di krodong , sambil memutar suara masteran burung sekitar jam 10 sampai jam 15.00.

Lihat Juga : Download Suara Burung Cucak Cungkok

  1. Perawatan Sore hari

Setelah pemasteran selesai di lakukan, maka aktiftas burung cucak cungkok adalah dengan cara mengangin-anginkan burung di tempat teduh, sambil memberikan makanan berupa jangkrik sebanyak 2 ekor. Dan ketika menjelang malam hari sekitar jam 18.00, burung di krodong kembali hinnga pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *