cara mengatasi burungkacer mencabuti bulunya sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Mencabuti Bulunya Sendiri

Posted on

Memilihara burung kicau, bukan hanya tentang membuatnya menjadi gacor dengan kualitas kicauan yang seperti di inginkan oleh pemiliknya. Akan tetapi perlu memperhatikan tentang karakter dan kebiasaan dari burung peliharaanya tersebut, seperti kebiasaan yang mungkin akan terjadi pada burung kacer seperti burung yang mencabuti bulunya sendiri. 

Dengan melihat burung mencabut bulunya sendiri tentunya sangat merugikan kesehatan fisik, mental dan juga kualitas suara kicaunnya.

Dari pada jerih payah merawat burung membuatnya memiliki kualitas kicuan menurun karena burung sering mencabuti bulunya sendiri, maka sebaiknya harus segera lakukan perawatan khusus untuk menghilangkan kebiasaannya tersebut.

Penyebab Burung Kacer Mencabuti Bulunya Sendiri

Bicara tentang burung kacer mencabutinya bulunya sendiri, tentunya tidak luput dari penyebabnya. Ya, dari pada menuggu burung memiliki kebiasaan burung tersebut, maka sebaiknya mencegahnya dengan menghindari kemungkinan-kemungkinan yang akan membuat burung mencabuti bulunya sendiri.

Adapaun , penyebab yang biasa terjadi pada burung kacer mencebuti bulunya sendiri tersebut bisa sebabkan oleh burung yang memiliki Over birahi, Stress atau ngedrop, memiiki emosi yang tinggi dan terdapat infeksi dan gangguan sauran pernafasan.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Cara Mengatasi Burung Kacer Mencabuti Bulunya Sendiri

Apapun penyebab burung kacer mencabuti bulunya sendiri, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengembalikan mental dan fisiknya menjadi petarung sejati, sebagaimana karakter dasar dari burung itu sendiri.

  1. Berikan kenyamanan

Ketika mental burung kacer terganggu seperti yang telah di sebabkan pada penjelasan di atas yang membuat burung mencabuti bulunya sendiri, maka dengan mengembalikan mentalnya dengan memberikan kenyamanan dengan mengkarantinya.

Tempatkan kandang burung tersebut di tempat nyaman,sejuk dan juga lakukan pencegahan dari kutu dan tungau , untuk membantu dalam mempercepat pemulihannya.

download suara burung

  1. Kurangi Extrafooding

Makanan Extrafooding memiliki kandungan protein yang tinggi yang sering diberikan pada burung kacer untuk membuatnya menjadi gacor. Akan tetapi terkadang dalam pemberiannya tidak terkontrol dan diberikan secara berlebihan akan membuat Over birahi.

Over birahi dan tidak tersalurkan oleh burung kacer tentunya dapat memberikan efek buruk pada burung kacer menjadi mencabuti bulunya sendiri.

  1. Pakan Voer

Ada beberapa kasus, dimana dalam pemberian pakan Voer dapat merubah perilaku burung kacer mencabuti bulunya sendiri. Maka dari itu, maka bisa memperhatikan perilakunya , jika dirasa burung mencabuti bulunya sendiri di sebabkan oleh pemberian pakan Voer, maka  bisa menghentikan pemberian pakan Voer tersebut atau mengganti pakan Voer yang cocok.

  1. Memandikan dengan Menyemprot Pembasmi Parasit

 Ketika burung kacer mencabuti bulunya sendiri yang di sebabkan oleh tungau atau kutu, maka bisa dengan mencegah dan mengobati dengan menyemprotkannya untuk mambasmi parasit yang membuat kulit burung kacer menjadi gatal, dan membuat burung kacer mencabut dan mematuk bulu dan kulitnya.

Selain itu, mandikan burung kacer secara rutin untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit yang di patuk oeh burung itu sendiri.

Jika mandi yang dilakukan pada pagi hari dan menyemprot anti parasit masih belum cukup untuk menghentikan kebiasaan buruk burung kacer, maka mandikan burung kacer tersebut pada maam hari dengan cara menyemprotkannya.

  1. Ganti sangkar

Agar perilaku dalam mencabuti bulunya sendiri, maka kandang burung kacer bisa diganti, berikut dengan tenggerannya. Namun , meskipun cara tersebut tidak membuatnya menghentikan kebiasaan mencabuti bulunya,akan tetapi cukup efektif dam mengurangi kebiasaanya tersebut.

  1. Berikan Betina

Jika terapi yang telah di lakukan , seperti yang telah disampaikan di atas masih belum membut burung berhenti mencabuti bulunya sendiri, maka bisa dengan memasukan betina ke dalam kandangnya hingga beberapa menit.

Akan tetapi perhatikan terebih dahulu, jangan sampai burung kacer yang mabung itu sendiri malah ribut di kandang karena mengejar betinanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *