cara memilih burung merpati balap

12 Cara Memilih Burung Merpati Balap Yang Bagus bisa Terbang Cepat dan Sprint

Posted on

Burung merpati balap cukup di gemari dari kalangan kicaumania Indonesia, karena burung merpati ini di pelihara untuk ikut kontes terbang cepat, semakin cepat terbang yang bisa di lakukan oleh burung merpati tersebut dengan ketentuan lainnya, maka burung tersebut akan prosfek menjuarai setiap lomba yang dilakukan.

Untuk memelihara burung merpati balap, perlu hal untuk di perhatikan, terutama bagi anda yang ingin memelihara burung merpati tersebut untuk ikut lomba.

Karena sangat di sayangkan, jika sudah terlanjur membeli merpati balap namun tidak bisa juara karena tidak bisa terbang dengan cepat, terbang tidak tepat sasaran dan tanpa arah, maka akan membuat anda rugi pemiliknya.

Burung merpati balap yang bagus pada umumnya akan siap diadu dengan merpati balap lainnya di segala tempat, untuk itu yak simak tips cara memilih burung merpati balap yang bagus.

Cara Memilih Burung Merpati Balap Yang Bagus

Merpati balap yang bagus, bisa dilihat dari berbagai macam cara, dan tentunya jika ingin membeli merpati balap yang sudah juara akan tinggi harganya.

Namun, bagi anda yang memiliki buget yang rendah dan ingin mendapatkan kualitas terbaik pada merpati peliharaanya sesuai dengan harapan, maka bisa membeli dari ombyokan atau di pasar burung dengan melihat ciri-ciri burung merpati yang bagus dan selalu prosfek juara.

Lihat Juga : Harga Burung Merpati Balap

  1. Bentuk Kepala

Bentuk kepala yang besar dan posisinya batok kepalanya lebih tinggi dari kepala belakangnya di anggap memiliki kecerdasan yang lebih bagus di bandingkan dengan burung merpati yang memiliki bentuk kepala yang kecil.

  1. Hidung Merpati

Ciri merpati bagus memiliki hidung yang panjang, besar dan melekat hingga kebagian paruhnya, serta pangkal hidung bawahnya menjorok kebelakang.

gambar merpati balap
gambar merpati balap
  1. Paruh

Ciri merpati balap yang bagus memiliki tanda yang giring/keket dan memiliki semangat yang tinggi mengejar betina ketika keket.

Tanda burung merpati yang memiliki mental seperti itu bisa di lihat dari bentuk peruhnya yang kecil atau sedang dan tidak terlalu panjang, kuat, runcing dan sedikit melengkung.

  1. Mata Merpati

Merpati balap akan terbang ke betina yang di pegang dan di klepek sama jokinya untuk di hampiri. untuk itu, pilihlah burung merpati yang memiliki penglihatan yang tajam, dengan melihat ciri-ciri mata merpati yang berkualias, seperti :

  • Bentuk Bulat kecil
  • Matanya jernih/ bening
  • Pupil kecil

Dengan ciri mata merpati balap tersebut, burung memiliki prosfek yang dapat melihat dari kejauhan 700 sampai 1200 meter.

  1. Leher Merpati

Keseimbangan terbang burung merpati perlu untuk dimiliki oleh burung merpati balap, agar kecepatannya dan keseimbangannya jauh lebih baik.

Untuk itu, peranan leher sangat penting untuk di miliki oleh burung merpati, dan untuk memilihnya, sebaiknya pilihlah merpati dengan ukuran leher yang sedang, tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang.

Karena, jika leher burung merpati tersebut memiliki ukuran leher yang sedang, maka akan menjaga keseimbangannya ketika terbang.

  1. Sayap burung merpati

Sayap merupakan hal paling penting yang bisa menentukan, burung tersebut memiliki kesembangan yang baik atas tidak dan bisa terbang cepat atau tidak.

Untuk ciri-ciri burung merupati balap yang baik, memiliki bentuk sayap yang mengapit rapat dan dan lebar ketika di buka, serta memiliki jumlah sayap sebanyak 10-11 helai.

  1. Tulang Dada

Pilihlah bentuk dada yang tegap dan melengkung, karena dengan memiliki bentuk dada seperti itu dapat membuat merpati ketika terbang tidak memiliki hambatan udara, dan membuat terbangnya menjadi cepat, dan juga dapat membuat gerakan terbangnya lebih fleksibel.

  1. Tulang Supit

Merpati jantan yang sudah giring ketika di jauhkan akan berusaha mendekati dengan betinanya, namun perlu untuk diketahui, ketika tulang supit jantan kuat, maka akan membuat kepercayaan diri merpati balap jantan akan meningkat, ketika menabrakan tubuhnya ke merpati balap betina.

Baca Juga : Perbedaan Merpati Jantan dan betina

  1. Fostur tubuh

Secara umun, tubuh merpati balap yang bagus memiliki fostur yang kuat dan tegap ketika berdiri.

Selain itu pastikan merpati yang akan di pilih memiliki bentuk tubuh yang bagus seperti:

  • Tubuhnya bulat
  • Tubuhnya padat berisi
  • ketika di pegang terasa lentur seperti bola karet
  • bobot badan tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan
  1. kaki Burung Merpati

Merpati balap yang bagus memiliki ciri fisik yang memiliki prosfek terbang cepat dan kuat.

Dan ciri fisik merpati balap yang bagus memiliki bentuk kaki yang Mbesik, kering dan kuat, dan kaki merpati balap yang haus harus sejajar dengan ekornya.

  1. Ekor Merpati

Ekor yang bagus memiliki peranan untuk keseimbangan merpati ketika terbang dan hal lainnya, untuk itu ekor yang bagus bisa di lihat dari bentuknya yang kokoh tapi lentur, rapat, tebal, ukurannya profosoinal, dan ketika di pegang tubuhnya, maka ekornya akan turun ke bawah.

  1. Perut merpati

Bentuk perut yang berkualitas pada burung merpati bisa di raba, dengan ciri-ciri yang padat, berisi dan lentur, dan juga bisa menandakan merpati tersebut memiliki mental fighter .

Nah, demikianlah tips cara memilih burung merpati yang bagus untuk lomba yang prosfek terbang dengan cepat sehingga bisa menjuarai lomba.

Video burung merpati balap

Pencarian terkait :

  • Burung dara balap
  • Ciri ciri merpati balap spint cepat
  • Burung Merpati balap juara
  • Jenis merpati balap cepat
  • Sayap merpati balap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *